Pengaruh Keunggulan Lokasi Terhadap Perkembangan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi

Pengaruh Keunggulan Lokasi Terhadap Perkembangan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi

Masyarakat Indonesia disetiap daerah mempunyai keunggulan yang berbeda-beda. Kondisi tanah yang juga berbeda, mengakibatkan kegiatan ekonomi masyarakat ditiap daerah juga berbeda. Kondisi seperti ini mengakibatkan saling ketergantungan antar daerah. Hal ini ditandai dengan adanya perdagangan antar daerah yang terjadi sejak ribuan tahun yang lalu. Kondisi tersebut turut berpengaruh terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia.

Informasi dan komunikasi adalah hal yang penting dalam kegiatan interaksi sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia. Katakanlah dalam kegiatan jual beli, selalu diperlukan komunikasi antara penjual dan pembeli. Komunikasi antara penjual dan pembeli merupakan salah satu bentuk komunikasi langsung.

Bagaimana keuntungan dan kekurangan jual beli secara langsung? Keuntungan jual beli ialah diantara penjual dan pembeli bisa bertemu secara langsung, barang yang diinginkan bisa dilihat secara langsung, dan pembayaran bisa dilakukan di tempat.

Lalu bagaimana kelemahan komunikasi dalam kegiatan jual beli secara langsung? Dalam kegiatan jual beli secara langsung, penjual dan pembeli harus saling bertemu, barang yang akan dibeli harus tersedia ditempat, dan alat pembayaran juga harus ada ditangan.

Di masa sekarang, kegiatan jual beli secara langsung sudah berkembang dengan berbagai macam cara. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah mengakibatkan revolusi dalam cara berkomunikasi masyarakat di Indonesia.

Sebagai contoh Bandung sebagai salah satu daerah perajin sepatu terkenal di Indonesia. Sepatu produksi Bandung terkenal di berbagai wilayah Indonesia. Jika kita ingin membeli sepatu produksi Bandung tersebut maka tidak harus pergi ke Bandung. Melainkan kita bisa membuka internet dan mencari laman (website) perajin sepatu tersebut. Kita bisa langsung memesan dan membayar melalui internet banking. Dan dalam hitungan hari, sepatu tersebut sudah bisa sampai di rumah. Dengan cara seperti ini tentu akan jauh lebih efisien, dibandingkan dengan membeli langsung di Bandung.

Kegiatan jual beli melalui internet merupakan salah satu pengaruh dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi pada saat ini. Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi sudah memperpendek jarak dan mempercepat waktu dalam kegiatan masyarakat. Jual beli yang dimasa lalu dilakukan secara langsung, pada saat ini bisa dilakukan melalui berbagai media internet.

Teknologi informasi yang berkembang sekarang ini sudah memperlancar kegiatan komunikasi dan mobilitas barang dan jasa dengan cepat. Akses pengiriman dan penerimaan data melalui jaringan internet mampu mengubah gaya hidup masyarakat secara umum.

Berbagai kemudahan bisa didapatkan masyarakat untuk melakukan komunikasi dan transaksi melalui kemajuan teknologi informasi. Akan tetapi disisi lain kemajuan teknologi informasi dan komunikasi juga membawa perubahan negatif di dalam kehidupan bermasyarakat. Pengaruh positif dan negatif ini terjadi diberbagai bidang kehidupan masyarakat.

Katakanlah dampak positif perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap bidang agama contohnya proses dakwah menjadi semakin cepat, sementara pada bidang ekonomi berpengaruh kepada sistem jual beli. Sedangkan dampak negatifnya dalam bidang agama contohnya cepat masuknya pengaruh negatif.

Dampak positif perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan dalam hal ini semakin mudahnya pelajar mendapatkan berbagai informasi pembelajaran melalui internet. Sementara dampak negatifnya dalam bidang pendidikan misalnya banyak terjadi kasus penjiplakan berbagai karya tulis.

Lebih lanjut dampak positif dalam bidang sosial budaya contohnya misalnya proses pewarisan budaya yang lebih mudah dan cepat karena adanya teknologi rekaman. Sedangkan dampak negatifnya misalnya masuknya pengaruh budaya asing yang bisa merusak budaya bangsa.

{|CATATAN| Berikut 2 rekomendasi artikel terkait:
1) Pengaruh Keunggulan Lokasi Terhadap Kegiatan Transportasi Darat Air Udara 
2) Bagaimana Pengaruh Keunggulan Lokasi Terhadap Cara Berkomunikasi?}

Pengaruh Keunggulan Lokasi Terhadap Perkembangan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sudah berpengaruh sangat besar bagi bangsa Indonesia. Di sisi lain, berbagai ancaman harus selalu harus diwaspadai bagi bangsa Indonesia sendiri. Beberapa ancaman yang perlu diperhatikan diantaranya yaitu sebagai berikut:

1)    Lunturnya Nilai-Nilai Agama dan Budaya

Pada uraian diatas sudah dijelaskan berbagai dampak positif dari pengaruh perkembangan teknologi dan informasi terhadap nilai-nilai agama dan budaya. Akan tetapi perkembangan teknologi dan informasi juga dapat mengakibatkan lunturnya nilai-nilai agama dan budaya. Misalnya jaringan internet bisa mengakibatkan lunturnya nilai-nilai agama dan budaya.

Berbagai data berupa gambar serta film yang berbau pornografi menjadi salah satu penyebab lunturnya nilai-nilai agama dan budaya. Budaya Barat yang negatif seperti budaya suka bersenang-senang (hedonisme), kehidupan yang bebas, dan ateisme, ternyata sangat bisa mempengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia. Meskipun Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau, dengan lokasi yang saling berjauhan, akan tetapi berbagai informasi tersebut sangat mudah diakses berkat kemajuan teknologi informasi.

2)    Kriminalitas

Selain itu kejahatan yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi juga terjadi di Indonesia. Kriminalitas melalui jaringan telepon terjadi baik itu telepon kabel ataupun telepon seluler. Kriminalitas melalui jaringan telepon ini pada umumnya dilakukan dalam bentuk penipuan. Para penjahat semakin canggih dalam cara-cara mengelabuhi masyarakat melalui percakapan telepon.

Selain itu juga kejahatan melalui dunia maya atau sering disebut cybercrime, juga semakin marak ditemukan diberbagai belahan dunia, termasuk didalamnya Indonesia. Modus kriminalitas ini terutama dilakukan dalam bentuk penipuan dan pencurian. Cara pembayaran melalui kartu kredit memudahkan transaksi melalui dunia maya. Jika kita tidak berhati-hati, kita bisa tertipu dan menjadi korban penjahat internet.

Saat ini masyarakat mulai terbiasa berbelanja melalui internet. Mereka bisa memilih barang-barang belanjaan yang diinginkan, lalu membayar lewat internet, dan menunggu barang di rumah. Kegiatan jual beli seperti ini terkadang dimanfaatkan oleh para penjahat dengan melakukan kegiatan jual beli palsu seolah-olah menjual produk terkenal dengan harga yang sangat murah. Setelah dibayar oleh konsumen, ternyata barang tidak pernah datang.

Kriminalitas lainnya di dunia maya ialah terjadinya perjudian. Perjudian melalui dunia maya pelakunya sulit sekali ditangkap, karena mereka pada umumnya tidak menunjukkan identitas aslinya. Akan tetapi bukan berarti perjudian di internet tidak bisa diberantas. Dengan adanya kemajuan teknologi, siapapun yang masuk ke dalam jaringan internet bisa ditelusuri oleh kepolisian.

Jejaring sosial yang tersedia di laman internet juga sering digunakan untuk berkenalan dan berkomunikasi antar masyarakat. Akan tetapi laman tersebut juga berpotensi menjadi tempat penipuan.

3)    Keamanan dan Perpecahan

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi mempermudah interaksi antar masyarakat diberbagai daerah di Indonesia. Suatu peristiwa yang terjadi pada suatu tempat dengan cepat bisa menyebar beritanya ke berbagai daerah.

Seperti misalnya peristiwa perkelahian antar masyarakat, sangat mudah berkembang menjadi perkelahian antar kelompok, bahkan juga antar etnis. Perkelahian yang sebetulnya disebabkan oleh masalah yang sepele, bisa saja diberitakan dengan dibumbui cerita yang tidak benar. Dan akhirnya masyarakat emosinya terpancing dan pecahlah perkelahian antar kelompok.


Sumber Referensi:
http://bambang1970.blogspot.com/2014/09/ringkasan-materi-ips-kelas-8-semster-1.html
https://azanulahyan.blogspot.com/2016/11/pengaruh-keunggulan-lokasi-terhadap-kegiatan-komunikasi.html

0 komentar

Posting Komentar