Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Fungsinya

Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Fungsinya

Penggunaan komputer akhir-akhir ini meningkat pesat, dan hampir setiap bidang menggunakan komputer sebagai alat bantu untuk melakukan pekerjaan dan tugas. Komputer dibutuhkan karena orang dapat melakukan berbagai jenis pekerjaan. Jadi, Anda memerlukan komputer dan Anda harus bisa mengoperasikannya.

Komputer adalah perangkat elektronik yang terdiri dari komponen-komponen yang saling berinteraksi yang dirancang untuk memproses data menurut prosedur tertentu. Fungsi utama komputer adalah untuk membantu orang menyelesaikan pekerjaan dan tugas mereka. Komputer juga digunakan untuk media komunikasi seperti chatting.

Komputer merupakan salah satu teknologi yang berguna yang mendukung berbagai macam pekerjaan manusia. Dari tugas ringan seperti dokumen hingga tugas kompleks seperti entri data, simulasi, dan analisis data. Tidak heran jika teknologi komputer digunakan diberbagai industri.

Hingga saat ini, ada beberapa jenis komputer yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dari komputer desktop, laptop, netbook, dan tablet, komputer server, hingga super komputer. Berbagai jenis komputer memiliki karakteristik dan kemampuan yang berbeda. Ini hanya berlaku untuk tujuan dan kegunaan yang ingin dicapai.

 

Jika Anda tertarik dengan teknologi, Anda mungkin menemukan informasi berikut yang menarik untuk dibaca tentang berbagai jenis komputer. Saat ini, berbagai jenis komputer sedang dikembangkan dengan memanfaatkan sepenuhnya teknologi canggih. Ini juga merupakan bukti bahwa manusia terus mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menciptakan peradaban yang lebih maju.

Tentu saja, teknologi tersebut membuat pekerjaan dan aktivitas manusia menjadi lebih mudah. Semakin canggih teknologi yang kita gunakan, semakin banyak waktu dan energi yang dapat kita hemat dalam berbagai bidang aktivitas. Berikut ini adalah jenis-jenis komputer berdasarkan fungsinya.

Baca juga artikel terkait berikut:

1) Pengertian Sistem Komputer dan Fungsinya 

2) Komponen Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya 

3) Perangkat Lunak Komputer dan Fungsinya


Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Fungsinya


1)   Personal Computer (PC) / Komputer Pribadi

Jenis komputer yang pertama adalah komputer pribadi, sering disebut personal computer (PC). Personal computer (PC) mendefinisikan komputer yang dirancang untuk penggunaan umum oleh satu orang. Komputer pribadi pada awalnya disebut mikrokomputer karena merupakan kumpulan komputer yang lengkap tetapi dibuat dalam skala yang lebih kecil.

Pada tahun 1981, pembuat teknologi legendaris IBM meluncurkan komputer pribadi pertama berdasarkan sistem operasi MS-DOS (Microsoft Disk Operating System) Microsoft. Kemudian Apple menciptakan Lisa, salah satu komputer pribadi pertama dengan GUI atau tampilan di layar yang lebih canggih.

Seiring berkembangnya teknologi, komponen penting seperti CPU (central processing unit) dan RAM (random access memory) berkembang pesat, membuat komputer lebih cepat dan lebih efisien. Pada tahun 1986 Compaq merilis CPU 32-bit pada mesin 386. Tetapi Intel membuat sejarah komputasi yang lebih maju pada tahun 1993 dengan prosesor Pentium.

Komputer pribadi (PC), atau lebih dikenal sebagai komputer pribadi, adalah sekelompok komputer yang digunakan oleh hanya satu orang. Jenis komputer ini adalah komputer pribadi yang biasanya terletak di sebuah ruangan, toko, atau lokasi lain. Komputer pribadi (PC) berfungsi seperti komputer biasa, dan biasanya untuk penggunaan pribadi. Komputer pribadi biasanya digunakan oleh seseorang untuk melakukan pekerjaan atau tugas, atau untuk hiburan seperti permainan.


2)   Desktop PC / Komputer Desktop

Desktop PC (Personal Computer) adalah komputer yang digunakan di suatu lokasi dan terdiri dari tiga bagian utama: monitor, desktop (motherboard, CPU, RAM, VGA, dll.) dan perangkat input (perangkat input seperti mouse dan keyboard).

Pada awal sejarah PC desktop ini, posisi desktop adalah vertikal, namun dengan perkembangan desktop ini menjadi horizontal (menara). Tentunya kita sudah mengenal PC desktop yang satu ini karena sudah sangat dikenal dikalangan masyarakat khususnya para gamers.

Hal lain dari pc desktop ini adalah teknisi komputer atau penggemar komputer dapat dengan bebas mengkonfigurasi desktop pc. Tidak seperti PC all-in-one, PC ini dapat dirakit dengan cara proses upgrade, penggantian motherboard, dll. Komputer desktop harganya lebih murah daripada komputer portabel dan menawarkan lebih banyak daya, ruang penyimpanan, dan fungsionalitas. Komputer jenis ini populer pada tahun 1990-an ketika laptop dijual dengan harga yang sangat tinggi.

Komputer desktop, disisi lain, jauh lebih murah daripada 20 tahun yang lalu. Hal ini dikarenakan laptop dan smartphone telah berevolusi dan mulai mendominasi dunia teknologi. Sampai saat ini, komputer desktop sudah mulai ditinggalkan.


3)   Laptop

Laptop adalah komputer portabel yang mengintegrasikan layar, keyboard, perangkat penunjuk atau trackball, prosesor, memori, dan hard drive ke dalam paket bertenaga baterai. Sebelum itu, laptop komersial pertama sama sekali tidak ramping. Produsen kemudian dengan cepat meningkatkan tampilan dan nuansa laptop. Hingga saat ini sudah banyak merek laptop dengan desain yang lebih tipis, modern dan berteknologi canggih.

Laptop juga disebut notebook, adalah komputer portabel yang dapat Anda bawa ke mana saja. Perangkat ini memiliki fitur yang sama dengan PC: laptop kantor, game, rendering. Arsitektur fisik alat ini minimal, sehingga layar, keyboard, touchpad, dan CPU semuanya dalam satu paket dan ditenagai oleh daya baterai.

Laptop atau notebook, juga dikenal sebagai komputer portabel, cukup kecil untuk muat di tas Anda. Laptop atau Nootebok ditenagai oleh baterai yang dapat diisi ulang saat sumber daya baterai hampir habis. Anda dapat menghubungkan laptop atau notebook Anda ke modem untuk akses LAN atau Internet.


4)   Netbook

Netbook adalah komputer kecil yang secara fisik mirip dengan laptop hanya dalam ukuran netbook lebih kecil dan lebih ringan dari laptop dan memiliki spesifikasi lebih rendah dari notebook/laptop. Netbook berukuran 10 hingga 11 inci. Netbook ini biasanya hanya digunakan untuk kantor, sekolah, atau menonton film yang tidak membutuhkan spesifikasi tinggi.

Netbook adalah komputer ultraportabel yang lebih kecil dari laptop tradisional. Karena ukurannya yang lebih kecil, netbook dijual dengan harga lebih murah. Namun, komponen internal netbook biasanya tidak sekuat laptop.

Netbook pertama kali memasuki pasar pada tahun 2007 dan terutama digunakan sebagai cara untuk mengakses Internet dan aplikasi berbasis web seperti email, streaming musik dan film, dan menjelajahi web. Netbook memiliki layar kecil, sekitar 16-18 cm, dan kapasitas penyimpanan hingga 64 GB. Karena bentuknya yang minimalis, perangkat teknologi ini seringkali kekurangan slot USB atau HDMI seperti yang terdapat pada laptop.


5)   Komputer Server

Komputer server merupakan komputer yang biasa digunakan untuk peralatan jaringan. Dimana komputer ini digunakan untuk menjalankan program client server. Komputer jenis ini memberikan layanan kepada klien berupa layanan seperti web server, database server, DHCP server, dan layanan lainnya sehingga semua komputer yang terhubung ke jaringan dapat menjalankan produk layanan yang disediakan oleh server.

Komputer server datang dalam berbagai jenis fisik, beberapa berukuran kecil seperti komputer PC dan lainnya yang relatif besar. Karena sebagian besar sistem operasi server hanya datang dalam bentuk antarmuka baris perintah (CLI), komputer jenis ini biasanya tidak memerlukan grafik yang bagus. Teknologi di komputer ini dioptimalkan untuk memberikan layanan ke komputer lain melalui jaringan. Komputer server biasanya memiliki prosesor yang kuat, banyak memori, dan hard drive yang besar.

Tidak seperti PC desktop dan laptop, komputer server tidak digunakan untuk tugas-tugas ringan seperti mengetik. Sebaliknya, harus memberikan kinerja komputer melalui jaringan lokal atau Internet. Bisnis besar dan kecil bergantung pada server komputer untuk memberikan informasi, memproses pesanan, melacak tanggal pengiriman, memproses formula ilmiah, dan banyak lagi.

Seperti PC biasa, server memiliki komponen komputer umum yang dibutuhkan seperti mainboard, RAM, kartu grafis, catu daya, dan konektivitas jaringan. Profesional TI biasanya menggunakan satu monitor untuk mengonfigurasi dan mengontrol beberapa server untuk menggabungkan kekuatan dan kecepatan pemrosesan.


6)   Komputer Workstation

Komputer workstatioan merupakan PC desktop yang biasa digunakan untuk terhubung ke jaringan komputer dan berkomunikasi dengan server atau klien lain yang terhubung ke jaringan. Komputer workstatioan biasanya memiliki kartu antarmuka jaringan (NIC) sebagai jalur di mana mereka terhubung ke semua komputer di jaringan.

Biasanya, komputer ini digunakan dalam bisnis atau pendidikan, memungkinkan semua elemen bidang untuk berkomunikasi satu sama lain. Selain itu, komputer workstation biasanya dapat berbagi data dan berbagi printer.

Workstation adalah komputer desktop dengan prosesor yang lebih kuat, memori tambahan, adaptor grafis kelas atas, dan fitur-fitur canggih untuk melakukan serangkaian tugas tertentu, seperti grafis 3D atau pengembangan game. Dilihat dari bentuknya, workstation ini menyerupai komputer desktop biasa, tetapi dengan kemampuan desktop yang lebih cepat. Jenis komputer ini banyak digunakan dibidang bisnis seperti perusahaan teknik dan multimedia. Dengan begitu banyak manfaat, tidak heran jika komputer ini harganya mahal.


7)   Komputer Mainframe

Komputer mainframe adalah komputer besar yang dapat mengisi seluruh ruangan atau lantai. Komputer ini biasanya digunakan oleh perusahaan besar dan mewakili mesin besar yang memproses jutaan transaksi setiap hari.

Mainframe pertama kali muncul setelah Perang Dunia II saat Departemen Pertahanan AS fokus memerangi Perang Dingin. Bahkan dengan prevalensi komputer server, mainframe masih banyak digunakan untuk menangani beberapa database terbesar dan paling kompleks di dunia. Komputer ini membantu melindungi transaksi sensitif yang tak terhitung jumlahnya, mulai dari pembayaran seluler hingga informasi perusahaan yang sensitif.

Komputer mainframe adalah komputer dengan ukuran yang cukup besar karena kemampuannya untuk memproses data dan aplikasi dalam jumlah besar. Komputer mainframe terdiri dari komputer-komputer kecil yang saling berhubungan sehingga dapat diintegrasikan ke dalam suatu sistem dan bekerja sama pada data.

Umumnya komputer ini digunakan oleh perusahaan besar untuk mengolah data survei, digunakan untuk keperluan militer, dan sebagai komputer untuk memproses transaksi keuangan untuk bank dan perusahaan keuangan lainnya.

Komputer ini dilengkapi dengan perangkat yang handal dengan sistem keamanan yang cukup canggih. Biasanya dipantau 24 jam sehari tanpa henti, sehingga bug dan kegagalan virus tidak memengaruhi proses pemrosesan data.


8)   Super Komputer

Super Komputer adalah komputer berukuran besar yang mirip dengan komputer mainframe. Satu-satunya perbedaan adalah fungsi komputer ini. Super komputer biasanya digunakan untuk melakukan tugas yang cukup intensif seperti prakiraan cuaca, penelitian iklim, pemodelan molekul, simulasi mesin kendaraan, simulasi fusi nuklir, dan penelitian kecerdasan buatan.

Super Komputer ini tidak hanya didukung oleh perangkat keras yang kuat, tetapi juga harus menjalankan program yang sangat berat, sehingga perlu didukung oleh lebih dari sekedar prosesor yang baik. Superkomputer adalah sistem komputer tunggal, biasanya terdiri dari beberapa komputer berkinerja tinggi yang bekerja secara paralel sebagai sistem keseluruhan.

Superkomputer berbeda dari mainframe. Kedua jenis komputer ini menggunakan sejumlah besar daya pemrosesan untuk komputasi industri dan ilmiah paling intensif di planet ini. Tetapi super komputer memiliki kecepatan pemrosesan yang sangat cepat sehingga perusahaan dapat dengan cepat melakukan perhitungan yang akan memakan waktu berhari-hari, berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan pada sistem lain.


9)   Komputer PDA

PDA adalah singkatan dari Personal Digital Assistant dan merupakan komputer kecil yang dapat dibawa kemana-mana. Awalnya, PDA banyak digunakan untuk organisasi pribadi, tetapi seiring berkembangnya teknologi PDA, PDA menambahkan fitur seperti kalkulator, jam dan waktu, permainan komputer, dan akses Internet.

Komputer PDA (Personal Digital Assistant) adalah komputer dengan faktor bentuk kecil yang fleksibel. Biasanya, komputer ini banyak digunakan untuk membantu individu dengan pekerjaan mereka, seperti menghitung, pelacakan waktu digital, dan melihat dokumen. Dengan berkembangnya teknologi, komputer PDA ini diadopsi oleh smartphone dan ponsel pintar, perangkat ini dapat menjalankan berbagai program komputer dalam satu perangkat.


10)Wearable Komputer

Wearable komputer adalah jenis komputer yang menempel pada tubuh pengguna atau aksesori tubuh seperti pakaian. Konsep komputer wearable ini ada pada tahun 1960-an dan diterapkan pada film-film seperti Star Wars, Star Trek, dan film konsep teknologi tahun 90-an. Dan sekarang sudah ada komputer wearable yang digunakan orang dalam aktivitas sehari-hari seperti Ipod, Smartwatch, Kacamata pintar, Smart control, dan lainnya.

Komputer wearable adalah komputer pribadi yang lebih fleksibel daripada komputer PDA. Jenis komputer ini sangat kecil dan dapat ditempelkan secara khusus pada tubuh. Komputer jenis ini mempelopori perkembangan jam tangan pintar, dan jam tangan pintar ini tidak hanya dapat menampilkan waktu dan tanggal, tetapi juga menjalankan berbagai aplikasi komputer, seperti menjalankan browser, berkomunikasi, mengobrol, bahkan menjalankan aplikasi lain, seperti komputer PDA.

Selain jam tangan pintar, komputer wearable ini juga mempelopori pengembangan kacamata pintar yang dimulai oleh Google Inc., menciptakan kaca pintar yang disebut Google Glass. Kacamata pintar ini memungkinkan Anda untuk melihat tampilan layar komputer Anda melalui kacamata.


11)Komputer Palmtop

Komputer palmtop adalah komputer genggam yang sangat kecil, secara kasar berbentuk seperti laptop tetapi lebih kecil dari netbook. Komputer ini memiliki keyboard QWERTY khusus dan sistem operasi yang sama dengan PC desktop/laptop. Komputer ini sangat minim dalam hal fitur dan fungsionalitas.

Jenis komputer ini biasanya digunakan untuk spreadsheet, kalender, buku telepon, dll. Komputer jenis ini sekarang sudah langka karena kehilangan fungsionalitas dan fleksibilitasnya dibandingkan dengan smartphone dan jam tangan pintar.


12)Rugged Laptop

Mirip dengan notebook, rugged laptop adalah komputer portabel yang dirancang khusus untuk situasi ekstrem yang membutuhkan alat komputer. Laptop ini dirancang untuk mereka yang bekerja di lokasi ekstrem. Serperti lokasi yang terkena guncangan, getaran, benturan, air, dan kondisi cuaca ekstrem. Jadi Anda membutuhkan alat komputer yang dapat menahan apa pun.

Laptop yang kokoh adalah solusi bagi karyawan di lingkungan apa pun. Digunakan seperti pemadam kebakaran, personel militer dan pekerja lainnya. Didesain sekencang mungkin, laptop ini juga telah diuji diberbagai kondisi ekstrim. Laptop ini bersertifikat IP65 untuk menahan pasir, debu, dan masalah di luar ruangan.


13)PC Tablet

PC Tablet merupakan personal komputer portable yang ukurannya seperti sebuah yang sanggup dibawa kemana-mana. Tablet ini menggunakan monitor berteknologi touchscreen, dan mempunyai alat seperti pena yang menjadi kontrol layar.

Tablet ini dibuat untuk penggunaan kegiatan tempat kerja yang praktis misalnya menulis, browsing, dan aktivitas komputer lainnya. Tablet PC ini juga memiliki bundle penunjang yang dibawa sistem operasi yang digunakan. Ukuran diagonal tablet ini lebih lebar dari 7 inch, sehingga tidak sama dengan PDA atau smartphone.

Saat ini tablet PC telah berkembang dan tidak hanya memakai operasi sistem Windos saja akan tetapi juga memakai OS lain misalnya Android dan Apple. Pada tahun 2011, perusahaan Apple mengeluarkan persi tabletnya yang dinamakan IPAD. Disusul kehadiran Galaxy Tab dari perusahaan Samsung, Blackberry Playbook, Motorola Xoom, & tablet-tablet dari perusahaan China.


Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Fungsinya"