Pengenalan Dasar Jaringan Komputer dan Internet

Pengenalan Dasar Jaringan Komputer dan Internet

Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang dihubungkan oleh sebuah jaringan. Jaringan komputer memungkinkan komputer untuk berbagi sumber daya dan bekerja sama melalui protokol komunikasi. Komputer di jaringan komputer terhubung menggunakan media kabel, serat optik, atau nirkabel.

Ada berbagai jenis jaringan komputer tergantung pada cakupan area, contohnya Local Area Network (LAN), Corporate Area Network (CAN), Metropolitan Area Network (MAN), Wide Area Network (WAN), dan Internet. LAN adalah jaringan komputer lokal dalam ruang terbatas seperti rumah, ruangan tertentu, dll. CAN adalah jaringan komputer khusus perusahaan yang dapat terdiri dari beberapa LAN. MAN adalah jaringan komputer wilayah metropolitan. WAN adalah jaringan komputer yang lebih luas dari jaringan kota dengan jaringan yang lebih andal.

Jaringan komputer adalah sekelompok perangkat komputer yang saling berhubungan. Jaringan komputer adalah jaringan komputer dan perangkat elektronik lainnya yang terletak bersama untuk melakukan pemrosesan data, distribusi informasi, dan pertukaran data.

Menghubungkan beberapa perangkat berarti perangkat dalam suatu jaringan dapat saling berbagi data dan informasi dalam bentuk teks, gambar, dan dokumen, mulai dari interaksi langsung seperti chat, hingga aplikasi dan perangkat keras seperti printer, dan scanner.

Perangkat komputer yang digunakan adakalanya tidak terhubung dan hanya dapat mengakses berbagai data dan informasi yang tersimpan di media penyimpanan komputer. Oleh karena itu perangkat komputer dapat menggunakan periferal khusus untuk terhubung ke komputer lain. Kemudian sambungkan periferal tersebut ke komputer lain melalui kabel jaringan sehingga kedua komputer tersebut dapat saling terhubung (peer-to-peer).

Seiring kemajuan teknologi, koneksi antar perangkat terus berkembang dari koneksi antara dua perangkat ke koneksi ke banyak perangkat. Ada juga komputer khusus, yang disebut komputer server, yang memiliki banyak kekuatan pemrosesan dan memastikan bahwa semua komputer terhubung dengan benar.

Baca juga artikel berikut:

1) Pengertian Sistem Komputer dan Fungsinya 

2) Fungsi Bilangan Biner Pada Komputer 

3) Peramban dan Search Engine : Pengertian, Fungsi, Macam, Contoh, Perbedaan dan Cara Kerja


Pengenalan Dasar Jaringan Komputer dan Internet


Internet merupakan salah satu puncak perkembangan jaringan komputer. Namun, jaringan komputer kecil masih ada dimana-mana. Terutama jika data dan informasi perusahaan yang mungkin tidak diketahui masyarakat umum, terutama jika jaringan komputer berisi data sensitif yang tidak boleh dipublikasikan. Dapat juga dikatakan bahwa internet sendiri telah menjadi entitas tersendiri dengan keunggulan dan perbedaan yang berbeda dari jaringan komputer.

Internet dikenal pada tahun 1849 dengan istilah Internetted, yang berarti "saling terhubung". Namun saat ini, istilah Internet mengacu pada sistem jaringan komputer global yang digunakan untuk berkomunikasi antar perangkat komputer dan antar jaringan komputer menggunakan protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Jaringan yang terhubung adalah jaringan pribadi, publik, akademik, bisnis, dan pemerintah dari lokal hingga global.

Internet kini dapat menghubungkan komputer, perangkat telepon, CCTV, printer dan bahkan perangkat lain yang dikenal dengan IoT (Internet of Things). Pada November 2006, Internet termasuk dalam Tujuh Keajaiban Dunia. Internet mendukung berbagai sumber daya dan layanan informasi, termasuk: dokumen hypertext yang relevan dan aplikasi World Wide Web (WWW), email, telepon, berbagi file.

TCP/IP adalah protokol pertukaran paket data yang digunakan di Internet. Istilah "protokol" mengacu pada seperangkat aturan yang mengatur bagaimana perangkat berkomunikasi di jaringan Internet.

Asal-usul Internet dapat ditelusuri kembali ke penelitian dan pengembangan Departemen Pertahanan AS tentang pengemasan dan teknologi transmisi data (paket switching) pada tahun 1960-an. Diharapkan penelitian ini akan memungkinkan komputer untuk berinteraksi dengan komputer lain dan berbagi sumber daya komputer (prosesor, memori, hard drive eksternal, dll.) secara bersamaan.

Dengan pendanaan publik dan swasta yang kuat dari seluruh dunia, Internet terus berkembang. Pada 1990-an, Internet berkembang menjadi Internet modern yang mampu menghubungkan berbagai jaringan bisnis, perusahaan, institusi, komputer pribadi, dan telepon seluler. Saat ini, semakin banyak jaringan komputer yang terhubung ke Internet, yang membuat Internet semakin besar dan memiliki lebih banyak pengguna.

Media komunikasi tradisional seperti telepon, radio, televisi, surat dan surat kabar saat ini memiliki banyak bentuk di Internet. Internet telah melahirkan layanan baru seperti email, telepon Internet, televisi Internet, musik online, surat kabar digital, dan situs web streaming video. Surat kabar, buku, dan publikasi juga telah beradaptasi dengan teknologi web, menjadi blog, umpan web, dan agregator berita online.

Internet telah menciptakan bentuk-bentuk baru interaksi tatap muka melalui berbagai cara seperti: Pesan Instan, Forum Internet, dan Layanan Jejaring Sosial. Belanja online berkembang pesat di Internet, yang digunakan oleh usaha kecil, pengecer besar, dan pengusaha besar untuk memperluas pasar tempat mereka menjual barang dan jasa mereka. Jaringan internet secara sederhana digambarkan sebagai menghubungkan perangkat komputer melintasi jarak dan bahkan di seluruh dunia. Internet biasanya diwakili oleh gambar awan.

Ketika ponsel atau laptop Anda terhubung melalui jaringan yang dimiliki oleh Internet Service Provider (ISP), Anda perlu mengingat bahwa Anda memasuki dunia Internet. Contoh ISP Indonesia adalah PT Telkom Indonesia (Indihome), Biznet, FirstMedia, dll dan contoh operator internet seluler adalah Telkomsel, XL Axiata, Tri, Smartfren, IM3 Ooredoo. Untuk terhubung ke Internet dan menggunakan semua sumber daya di Internet, Anda harus berlangganan koneksi Internet atau membeli paket data.


Posting Komentar untuk "Pengenalan Dasar Jaringan Komputer dan Internet"