Apa Itu WiFi Dongle? Pengertian, Fungsi, Cara Menggunakan, Kelebihan, Kekurangan, dll

Apa Itu WiFi Dongle? Pengertian, Fungsi, Cara Menggunakan, Kelebihan, Kekurangan, dll

Salah satu teknologi yang paling berguna dan banyak digunakan saat ini adalah teknologi WiFi. WiFi sendiri adalah teknologi jaringan nirkabel yang menggunakan gelombang radio untuk menyediakan akses Internet nirkabel berkecepatan tinggi. Gelombang radio yang digunakan disini berkisar dari 2.4GHz sampai 5GHz. WiFi dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti komputer desktop, laptop, tablet, smart TV, dan smartphone ke jaringan Internet.

WiFi termasuk kedalam bagian jaringan komputer, dalam arti yang membentuk sebuah sistem jaringan komputer. Sistem jaringan komputer adalah sekumpulan komputer, server, mainframe, perangkat jaringan, periferal, dan perangkat lainnya yang saling terhubung untuk berbagi data atau informasi.

Dengan fungsinya yang sangat besar maka tak heran kalau teknologi ini sangat populer dan digunakan oleh banyak orang. WiFi sendiri yang merupakan teknologi jaringan nirkabel memiliki beberapa jenis bentuk, salah satunya adalah WiFi Dongle. Apa itu WiFi Dongle?


Pengertian WiFi Dongle

Mungkin sudah banyak orang yang tahu apa itu WiFi, tapi masih banyak orang yang tidak tahu apa itu WiFi Dongle. Dongle sendiri bisa diartikan sebagai adaptor atau alat penghubung. Sehingga kalau kita definisikan apa itu WiFi Dongle, maka WiFi Dongle adalah stik USB Wi-Fi portabel kecil yang dapat terhubung ke laptop, ponsel pintar, atau tablet untuk menyediakan layanan internet yang nyaman saat bepergian.

Perangkat ini bertindak sebagai modem internet portabel, dan ketika Anda menghubungkan dongle ke komputer Anda, perangkat Anda pada dasarnya terhubung ke modem. Dongle Wi-Fi USB adalah alat yang sangat berguna untuk pelancong dan orang-orang yang bekerja di depan komputer dan membutuhkan akses konstan ke internet.

Dongle WiFi ini adalah sejenis adaptor WiFi, tetapi hanya untuk perangkat yang terhubung ke port USB. Istilah dongle juga biasa digunakan untuk perangkat lain yang terhubung melalui port USB. Seperti misalnya dongle bluetooth, navigasi dongle dan sebagainya.

Menggunakan dongle WiFi itu mudah. Cukup colokkan stik Wi-Fi ke komputer atau ponsel Anda dan Anda akan langsung terhubung ke Internet. Dengan dongle WiFi USB yang terhubung, Anda juga dapat menggunakannya untuk berbagi koneksi Internet Anda dengan perangkat lain, berbagi dan menerima file, dan banyak lagi.

Keuntungan utama menggunakan dongle WiFi adalah pengguna dapat terhubung ke Internet kapan saja dan dimana saja. Sangat portabel dan mudah digunakan, dongle ini cukup kecil untuk muat disaku Anda, cukup colok dan pakai. Dongle komputer juga diberdayakan oleh komputer Anda, jadi Anda tidak perlu khawatir untuk mengisi dayanya.

Baca juga artikel terkait berikut:

1) 5 Contoh Perkembangan Teknologi Informasi 

2) Jenis-Jenis Perangkat Jaringan Komputer 

3) Apa Itu WiFi? Pengertian, Cara Kerja, Fungsi, Sejarah, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan


Fungsi WiFi Dongle

Fitur WiFi dongle menyediakan akses Internet yang nyaman saat bepergian. Dongle WiFi juga dapat berfungsi sebagai modem internet portabel, dan saat Anda menghubungkan dongle ke komputer, perangkat Anda pada dasarnya terhubung ke modem. Dongle USB broadband menggunakan teknologi yang sama seperti ponsel untuk terhubung ke jaringan. Mobile broadband, sebagai perbandingan, umumnya lebih cepat karena terhubung ke PC/laptop Anda.

Dongle WiFi seperti namanya, menambahkan konektivitas nirkabel ke komputer yang tidak memilikinya, memungkinkan mereka terhubung ke jaringan pribadi dan Internet. Dongle ini tidak menggantikan koneksi RJ-45 Anda (yang jauh lebih cepat), tetapi menambahkan konektivitas nirkabel yang sebelumnya tidak ada.


Apa Itu WiFi Dongle? Pengertian, Fungsi, Cara Menggunakan, Kelebihan, Kekurangan, dll


Cara Menggunakan WiFi Dongle

WiFi dongle pada dasarnya adalah perangkat USB portabel, juga disebut stick/intervet stick/modem USB/dongle seluler/dongle USB/adaptor jaringan USB atau stik broadband seluler USB, yang terlihat seperti flash drive USB. Berfungsi sebagai modem.

Menggunakan dongle WiFi ini sangatlah mudah. Cukup colokkan ke port USB komputer atau laptop Anda dan langsung sambungkan ke jaringan 3G, 4G, dan 5G yang sama yang digunakan ponsel cerdas Anda. Tidak diperlukan perangkat lunak tambahan. Ini adalah kit atau alat yang sangat berguna bagi siapa saja yang perlu terhubung ke internet saat bepergian.


Kelebihan WiFi Dongle

Salah satu manfaat atau keuntungan menggunakan dongle WiFi adalah kesederhanaannya. Cukup colokkan dan Anda siap menjelajahi web. WiFi dongle juga memberi Anda lebih banyak fleksibilitas dalam kehidupan sehari-hari Anda. Anda dapat terhubung ke Internet dari mana saja Anda memiliki jangkauan ponsel. Ini portabel dan menggunakan catu daya laptop Anda, jadi Anda tidak perlu mengisi dayanya.


Kekurangan WiFi Dongle

Kekurangan WiFi dongle mungkin ada pada jaringan internet. Sebelum 5G diterapkan sepenuhnya, 4G akan menjadi sinyal yang paling banyak digunakan dan tidak cocok untuk streaming atau mengunggah file besar. Stabilitas koneksi internet Anda juga tergantung pada penerimaan operator seluler lokal Anda. Jika Anda memiliki penerimaan yang buruk, koneksi Internet Anda juga buruk.

Berbicara tentang koneksi berkecepatan tinggi, perlu juga dicatat bahwa WiFi dongle tidak akan menggantikan koneksi broadband yang baik di rumah sampai 5G diluncurkan secara nasional. Kecepatan yang dapat Anda capai minimal dibandingkan dengan kecepatan secepat kilat yang ditawarkan oleh koneksi rumah Anda.


Jenis-Jenis Dongle

Seperti yang telah disebutkan di bagian sebelumnya, dongle dibuat untuk menambah fungsionalitas pada perangkat yang tidak memiliki dongle. Yang paling terkenal menawarkan konektivitas Wi-Fi. Ada beberapa jenis dongle, antara lain yaitu:


1)    WiFi Dongle

Seperti namanya, WiFi dongle menambahkan konektivitas nirkabel ke komputer Anda yang hilang, memungkinkan Anda untuk terhubung ke jaringan pribadi dan Internet. Dongle ini tidak menggantikan koneksi RJ-45 Anda (yang jauh lebih cepat), tetapi menambahkan konektivitas nirkabel yang sebelumnya tidak ada. Masalah dengan jenis perangkat ini adalah kebanyakan model tidak memiliki antena, sehingga jangkauan yang jauh biasanya tidak memungkinkan.


2)    Bluetooth Dongle

Sebagian besar laptop dipasaran saat ini memiliki konektivitas Bluetooth. Ini membuat berbagi konten antara ponsel cerdas dan perangkat menjadi cepat dan mudah. Namun, seperti banyak perangkat lama, Anda masih dapat menemukan perangkat kelas bawah yang tidak menyertakannya, jadi Anda harus menggunakan dongle Bluetooth. Perhatikan bahwa Anda tidak dapat terhubung ke Internet melalui dongle Bluetooth (yang sangat tidak mungkin karena kecepatan transfer data yang rendah).


3)    Dongle Penyimpanan

Biasanya disebut sebagai flash drive atau drive USB, ini adalah dongle penyimpanan yang menambah kapasitas ke perangkat yang terpasang. Jangan bingung dongle penyimpanan dengan hard drive eksternal. Jenis pelindung ini juga memiliki pelindung perangkat lunak yang memungkinkan Anda memasukkan kartu memori sehingga grup dapat mengakses konten.


4)    Dongle Komunikasi

Jenis dongle ini memungkinkan Anda menambahkan konektivitas data ke perangkat 3G, 4G, atau 5G Anda. Perangkat ini, juga dikenal sebagai modem USB, tersedia dari penyedia layanan nirkabel Anda. Jika perangkat Anda memiliki koneksi Wi-Fi, solusi dongle adalah menggunakan MiFi, modem nirkabel dengan koneksi data.


5)    Dongle Navigasi

Jika Anda ingin menggunakan laptop sebagai pencari GPS, Anda memerlukan chip GPS yang terhubung ke satelit dan menempatkan posisi Anda di peta. Ini dimungkinkan berkat pelacak GPS yang mengubah komputer Anda menjadi ponsel cerdas dengan peta. Dongle jenis ini biasa digunakan pada kendaraan untuk menambahkan konektivitas GPS ke perangkat seperti perangkat navigasi. Tentu saja, Anda juga memerlukan koneksi internet jika Anda tidak mengunduh peta ke komputer Anda. Karena terbatasnya penggunaan dongle navigasi saat ini, pasar dongle navigasi masih jarang.


6)    Kunci Hash

Kunci hash adalah kunci keamanan yang memblokir aplikasi tertentu atau mengarahkan aktivitas perangkat. Setelah mengekstrak kunci ini dari perangkat, perangkat berhenti bekerja karena enkripsi yang diminta atau kunci produk tidak ditemukan. Jenis kunci ini sangat populer dikalangan pengguna yang menginginkan keamanan ekstra di komputer mereka untuk perlindungan asli yang disediakan oleh sistem operasi.


Rekomendasi WiFi Dongle Terbaik

Ada banyak jenis dan tipe WiFi dongle, dan semuanya menawarkan kelebihannya masing-masing. Berikut beberapa rekomendasi WiFi dongle terbaik yang bisa Anda gunakan:


1)    TP-Link TL-WN725N

Adaptor WiFi TP-Link TL-WN725N ini berukuran kecil dan mudah dibawa kemana-mana. Cukup tancapkan langsung ke port USB 2.0 yang tersedia di PC atau laptop Anda. Jika sistem operasi Anda tidak dapat mendeteksi perangkat ini secara otomatis, Anda dapat langsung mengunduh driver yang tersedia dari situs resminya. TP-Link TL WN725N sendiri dibanderol dengan harga Rp90.000 dan dapat terhubung ke jaringan WiFi 802.11 b/g/n hingga 150 Mbps.


2)    D-Link N300 Nano DWA-131

D-Link N300 Nano DWA-131 dibanderol dengan harga Rp135.000, WiFi dongle merek Nano ini berukuran cukup kecil untuk digunakan diperangkat apa pun yang mendukungnya. Port USB 2.0 diperlukan untuk menghubungkan produk ini ke PC atau laptop.

Menurut D-Link, produk ini memiliki penerimaan sinyal dan kualitas transfer data Wi-Fi yang baik, mendukung Wi-Fi 802.11b/g/n dengan kecepatan hingga 300Mbps, dan dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti berselancar web, transfer data, unduhan file dan sebagainya.


3)    TP-Link Archer T4U AC1300 Wireless Dual Band

Dengan harga Rp350.000, TP-Link Archer T4U menawarkan dukungan Wi-Fi 802.11ac/a/b/g/n dengan kecepatan hingga 1300 Mbps. Dilengkapi dengan dua antena, perangkat ini memiliki jangkauan WiFi yang lebih luas dibandingkan dengan perisai WiFi kecil.

TP-Link mengklaim produk ini dapat memberikan konektivitas Wi-Fi yang stabil untuk PC dan laptop dengan dukungan nirkabel dual-band untuk koneksi fleksibel ke jaringan pita Wi-Fi Frekuensi 2.4GHz atau 5GHz Menggunakan teknologi MU-MIMO, TP- Link Archer T4U AC1300 dapat menyediakan dua aliran data secara bersamaan.

Hal ini meningkatkan konektivitas dan efisiensi jaringan secara keseluruhan saat terhubung ke router WiFi yang juga mendukung kemampuan teknologi MU-MIMO. TP-Link Archer T4U AC1300 dapat dihubungkan ke PC atau komputer melalui port USB 3.0. Itu berarti kecepatan transfer 10x lebih cepat daripada dongle WiFi dengan port USB 2.0.


4)    Linksys WUSB6300 Dual Band AC1200

Linksys WUSB6300 Dual Band AC1200 Perangkat ini mendukung nirkabel dual band AC1200 dengan 300 Mbps pada pita WiFi 2,4 GHz dan 867 Mbps pada pita WiFi 5 GHz. Selain itu, Linksys WUSB6300 Dual Band AC1200 juga mendukung jaringan Wi-Fi 802.11ac/a/b/g/n dan dapat dihubungkan melalui port USB 3.0.

Dibanderol dengan harga Rp700.000, Linksys WUSB6300 Dual Band AC1200 dapat digunakan dengan PC atau komputer manapun yang menjalankan Windows 8 atau yang lebih baru dan Mac OS X 10.11 atau yang lebih baru.


5)    Netgear Nighthawk A7000 AC1900

Perangkat ini mendukung nirkabel dual band termasuk 2,4 GHz pada 600 Mbps dan 5 GHz pada 1300 Mbps. NETGEAR sendiri mengklaim bahwa perlindungan WiFi ini dapat menjangkau area yang luas seperti rumah Anda.

Menambahkan empat antena dan kemampuan beamforming yang dapat meningkatkan kecepatan, keandalan, dan jangkauan koneksi jaringan WiFi Anda. Perangkat ini juga memiliki harga Rp 1.550.000, mendukung WiFi 802.11ac/a/b/g/n, dan memiliki port USB 3.0.


Posting Komentar untuk "Apa Itu WiFi Dongle? Pengertian, Fungsi, Cara Menggunakan, Kelebihan, Kekurangan, dll"