Data Dalam Ilmu Komputer

Data Dalam Ilmu Komputer


Apa itu Data?

Data berasal dari bahasa latin datum yang diartikan sebagai fakta. Ini berarti informasi yang benar yang dapat dikumpulkan dan digunakan sebagai dasar penelitian (analisis atau kesimpulan). Di bidang ilmu komputer, data disimpan dalam bentuk yang dapat diproses oleh komputer. Seperti sebagai representasi digital dari teks, angka, gambar, grafik, suara (audio), atau video. Data dapat bersifat kualitatif, artinya menggambarkan sesuatu, atau kuantitatif dalam bentuk informasi numerik (angka).

Data dapat direkam atau dimasukkan, disimpan dan ditampilkan. Banyak alat sehari-hari mengumpulkan data secara diam-diam. Misalnya, alat potret mengumpulkan foto di kamera setiap kali digunakan untuk mengambil gambar. Ada juga objek atau perangkat yang secara terus menerus dan "diam-diam" mengumpulkan data seperti data CCTV (kamera yang dipasang untuk merekam video), disimpan sehingga misalnya jika terjadi pencurian, dapat diketahui siapa yang mencuri.

Selain itu jam tangan pintar yang Anda pakai juga dapat mengumpulkan data hitungan langkah, detak jantung, dan data pemakai dan menyimpannya di perangkat Anda. Data juga dapat disimpan menggunakan perangkat lunak, seperti data pada spreadsheet atau dimasukkan dalam konten file.

Ada data yang mudah diamati dan dicatat, seperti data tinggi badan, data warna mata, dan warna rambut. Namun, beberapa data sulit diperoleh dan dikumpulkan, seperti data sentimen kolektif. Bagaimana Anda akan merekam perasaan orang? Pencatatan perasaan setiap orang dapat dilakukan melalui wawancara. Tapi mengambil data perasaan sekelas? Apakah Anda punya ide?.

Data yang disimpan dapat dilihat dalam menu tertentu (visualisasi). Data dapat disajikan dalam format lain, misalnya data dapat disajikan dalam bentuk grafik dalam bentuk tabel numerik. Hasil presentasi memfasilitasi analisis dan interpretasi, mengubahnya menjadi informasi yang berguna.

Baca juga artikel terkait berikut:

1) Apa Itu WiFi? 

2) Apa Itu WiFi Dongle? 

3) Proteksi Data dan File Dengan Enkripsi


Data Dalam Ilmu Komputer


Satuan Ukuran Data

Data yang disimpan dalam komputer memiliki satuan byte (B), KB, MB, GB, TB, dan PB, yang sesuai dengan ekuivalensi berikut ini:

Unit Ekuivalensi

1 kilobyte (KB) 1,024 bytes

1 megabyte (MB) 1,048,576 bytes

1 gigabyte (GB) 1,073,741,824 bytes

1 terabyte (TB) 1,099,511,627,776 bytes

1 petabyte (PB) 1,125,899,906,842,624 bytes

Inilah alasannya apabila Anda membeli sebuah komputer atau media penyimpanan data seperti misalnya flashdisk, harddisk, compact disc (CD), dan lainnya, Anda bisa memilih kapasitas memori penyimpanan data yang Anda butuhkan.


Apa itu Analisis Data?

Sederhananya, analisis data adalah proses mengumpulkan dan mengatur data untuk menarik kesimpulan yang berguna darinya. Argumen yang konsisten, rasional dan logis digunakan dalam proses analisis data.

Tujuan utama dari analisis data adalah untuk menginterpretasikan data. Ini tentang menemukan makna dalam data Anda sehingga Anda dapat menggunakan wawasan yang Anda peroleh untuk membuat keputusan yang tepat.

Proses analisis data melibatkan pencarian pola, persamaan, perbedaan, tren, atau hubungan lain dan memikirkan apa arti pola tersebut. Orang menggunakan data untuk menekankan atau menyarankan hubungan sebab akibat dan untuk memprediksi hasil.

Menurunkan atau memprediksi berdasarkan data tidak selalu memberikan hasil yang akurat. Data harus relevan (sesuai) dan dalam jumlah yang cukup untuk menarik kesimpulan yang akurat. Misalnya, menggunakan data warna mata untuk menyimpulkan usia seseorang tidak relevan. Karena warna mata tidak ada hubungannya dengan usia seseorang. Contoh data yang tidak mencukupi adalah memprediksi hasil pemilihan umum di Indonesia, negara dengan populasi lebih dari 260 juta, dengan memilih beberapa orang.


Apa Itu Interpretasi Data

Interpretasi berarti memberikan kesan, pendapat, atau pandangan tentang sesuatu. Interpretasi juga berarti menafsirkan data dengan cara yang membuatnya bermakna. Prosesnya adalah menganalisis hubungan antara data dari perspektif tertentu dan untuk mengeksplorasi dan menutup hubungan yang telah dieksplorasi.


Mengapa Diperlukan Analisis Data?

Analisis dan interpretasi data diperlukan untuk menarik kesimpulan dan mengambil keputusan. Kesimpulan yang tepat dapat ditarik berdasarkan data. Misalnya, untuk menentukan apakah pakaian itu hangat atau dingin, data suhu ruangan lebih akurat daripada hanya menebak dengan perasaan.

Contohnya Anda perlu membeli flashdisk karena Anda belajar secara teratur dan hasilnya disimpan di komputer Anda. Rata-rata pelatihan dan penyimpanan file per hari adalah 500 KB. Flashdisk mana yang harus Anda beli untuk menyimpan data hasil belajar selama satu bulan? Catatan 1 Gbyte = 1000 Kbyte.


Posting Komentar untuk "Data Dalam Ilmu Komputer"