Fungsi Microsoft Exel Secara Umum

Fungsi Microsoft Exel Secara Umum

Microsoft Excel adalah program perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk memproses dan menghitung data numerik (angka). Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus spreadsheet. Lembar kerja Microsoft Excel berbentuk berbeda dari Microsoft Word. Lembar kerja Microsoft berbentuk kumpulan sel yang disusun dalam baris dan kolom, umumnya dikenal sebagai sistem spreadsheet. Data dalam spreadsheet Microsoft Excel dapat dihitung dan diproses secara akurat menggunakan rumus tertentu.

Selain itu, Microsoft Excel memiliki beberapa alat yang memungkinkan Anda untuk melihat hasil dari data yang diproses. Representasi data spreadsheet dapat divisualisasikan dalam bentuk tabel, bagan, atau grafik garis. Aplikasi pengolah data numerik ini merupakan bagian dari paket Microsoft Office dan dapat diakses dari desktop baik di sistem operasi Windows maupun macOS.

Microsoft Excel adalah program aplikasi Microsoft untuk bekerja dengan angka. Menampilkan dan memproses data di Microsoft Excel cepat dan akurat untuk informasi kuantitatif seperti angka, tabel, dan grafik.

Microsoft Excel adalah produk perangkat lunak pengolah data dari Microsoft. Excel sedikit berbeda dari program aplikasi Microsoft lainnya dalam bentuk lembar yang diselingi dengan tabel, sering disebut spreadsheet. Fungsi inti dari aplikasi ini terletak pada pengolahan data numerik (angka).

Microsoft Excel adalah program untuk melakukan manipulasi numerik (aritmatika). Selain itu, MS Office Excel juga memiliki beberapa fungsi yang membantu pengguna dalam bekerja. Berikut adalah beberapa fungsi Microsoft Excel secara umum:

Baca juga artikel terkati berikut:

1) Proteksi Data dan File Dengan Enkripsi 

2) Data Dalam Ilmu Komputer 

3) Perangkat Lunak Komputer dan Fungsinya

 

Fungsi Microsoft Exel Secara Umum


1)    Membantu Proses Berhitung

Berhitung tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Misalnya saat berangkat sekolah, melakukan transaksi jual beli, atau menghitung data. Microsoft Office khususnya Microsoft Exel sekarang menawarkan program yang dapat melakukan perhitungan dasar (penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian) dan perhitungan kompleks (faktor, akar kuadrat, dll.).


2)    Mengolah Data (Data Management)

Fungsi lain dari Microsoft Excel adalah bertindak sebagai alat pengolah data, biasanya digunakan untuk mencari rata-rata, nilai maksimum dan minimum dalam data. Contohnya termasuk menghitung jumlah barang yang masuk dan keluar perusahaan, menentukan rata-rata ujian siswa, dan menghitung keuntungan perusahaan dan sebagainya.


3)    Membantu Proses Administrasi

Ketika mendengar kata akuntansi, Anda langsung diarahkan ke seorang akuntan. Akuntan adalah orang yang berurusan dengan persiapan atau pencatatan pengeluaran dan pendapatan di sebuah perusahaan, lembaga atau instansi.

Salah satu fungsi utama dari program Microsoft Excel adalah akuntansi atau pemrosesan administrasi. Meja kerja ini biasanya dilakukan oleh seorang akuntan. Pekerjaan akuntan ini tidak jauh dari menggunakan Microsoft Excel. Aplikasi khusus mencatat total pengeluaran dan pendapatan perusahaan. Akuntan perusahaan mencatat jumlah pendapatan dan pengeluaran perusahaan tempat mereka bekerja dan menyiapkan laporan.


4)    Membuat Laporan Keuangan

Fungsi lainnya dari Microsoft Excel adalah membuat laporan keuangan. Tentu saja, fungsi ini adalah yang paling umum atau mendasar. Hampir semua fungsi Microsoft Excel membantu perusahaan membuat laporan keuangan berskala besar. Tentunya data dan perhitungan yang dibuat harus melalui proses yang sangat panjang dan rumit.

Oleh karena itu, individu yang bekerja di departemen manajemen keuangan harus kompeten dan tahu cara menggunakan Microsoft Excel. Karyawan harus memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana menggunakan semua fitur yang tersedia di Microsoft Excel untuk menghasilkan laporan keuangan perusahaan mereka sejelas dan sesingkat mungkin.


5)    Membuat Tabel

Fungsi utama dari program Microsoft Excel adalah mengolah tabel atau pengolahan input dan pengolahan data yang tersedia di Microsoft Excel. Microsoft Excel pada dasarnya adalah UI (antarmuka pengguna) seperti tabel untuk entri data dan pemrosesan data dalam tabel.

Dengan tabel Microsoft Excel yang mencapai 1.084.576 baris dan 16.384 kolom, tidak sulit untuk memasukkan data yang membutuhkan jumlah kolom dan baris yang sangat banyak. Sebanyak 16.384 kolom dan 1.084.576 baris, yang dapat digunakan untuk melakukan pengolahan data atau manipulasi tabel. Tentu saja, bisnis dapat melakukan operasi tabel dengan jumlah entri data yang tidak terbatas. Contoh aplikasi dalam kehidupan nyata adalah presentasi hasil survei perusahaan.


6)    Membuat Grafik

Fungsi Microsoft Excel selanjutnya adalah membuat grafik. Data masukan biasanya berupa monitor untuk variabel tertentu. Menggunakan Chart Wizard dan fitur Excel lainnya. Semua pekerjaan yang berhubungan dengan pembuatan grafik dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Excel dapat digunakan untuk memantau perubahan variabel tertentu dengan membuat grafik. Anda dapat menggunakan tombol toolbar Chart Wizard untuk memilih grafik dengan bentuk yang diinginkan. Pai, Garis, Kolom, Area, Radar, Scatter, dll.

Contoh grafik biasanya digunakan untuk memantau pertumbuhan penduduk selama setahun terakhir, kunjungan siswa ke perpustakaan selama semester, dan sebagainya. Contoh lain dari aplikasi dunia nyata adalah tampilan grafis hasil pemantauan pelanggaran lalu lintas selama setahun. Buat grafik dengan cepat dan mudah dari semua data yang Anda masukkan menggunakan Microsoft Excel.


7)    Membuat Data Statistik

Statistika adalah cabang matematika yang mempelajari bagaimana data dikumpulkan, disajikan, dianalisis, dan ditarik ke kesimpulan. Statistik dapat dilihat dalam format grafik. Anda dapat menggunakan diagram batang, diagram lingkaran, atau diagram garis. Statistika itu sendiri adalah ilmu yang mempelajari tentang analisis, penyajian, dan penyimpulan data. Statistik ini sangat penting bagi perusahaan untuk dapat membuktikan hasil penelitiannya.

Data statistik ini biasanya ditampilkan dalam bentuk grafik, atau lebih umum dalam bentuk lingkaran. Contoh aplikasi praktisnya adalah membuat grafik hasil studi penelitian. Alternatifnya, Anda bisa menggunakan fungsi Microsoft Excel ini untuk menyajikan data penelitian yang sudah pernah dilakukan.

Fungsi utama Microsoft Excel adalah aplikasi atau perangkat lunak untuk mengolah angka numerik. Selain itu, Microsoft Excel memiliki banyak fungsi dan kegunaan lainnya, dan fungsi-fungsi tersebut dapat diringkas sebagai berikut:

a)    Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisis, dan meringkas data.

b)    Melakukan perhitungan aritmatika dan statistik.

c)    Membantu memecahkan masalah logika dan matematika.

d)    Membuat berbagai jenis grafik dan bagan.

e)    Membuat catatan keuangan, penyusunan anggaran, penyusunan laporan keuangan.

f)     Mengolah data akuntansi dan manajemen investasi, pembiayaan, penjualan, inventaris, dll.

g)    Melakukan analisis dan penelitian harga.

h)    Menyiapkan catatan kehadiran dan rapor sekolah/universitas.

i)      Melakukan konversi mata uang.

j)      Melakukan perhitungan dari hasil penelitian.

k)    Dan masih banyak lagi.


Posting Komentar untuk "Fungsi Microsoft Exel Secara Umum"