Cara Mempercepat Windows 11 yang Lemot

Mempercepat Windows 11 yang Lemot

Windows 11 merupakan sistem operasi generasi terbaru Microsoft yang dirilis mulai tahun 2021. Saat ini sistem operasi ini mulai banyak digunakan oleh para pengguna komputer. Windows 11 sudah banyak mengalami penyegaran, terutama di bagian User Interface. Kini, tampilan sistem operasinya jauh lebih segar. Pengguna akan mendapatkan tombol di tengah taskbar, desain icon baru, animasi yang lebih menarik dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Microsoft merekomendasikan agar pengguna menginstal Windows 11 pada komputer desktop atau laptop yang relatif baru. Meski begitu, ternyata masih banyak pengguna komputer yang mencoba menginstal Windows 11 di komputer lawas. Alasannya, mereka tidak memiliki syarat dan dana untuk meng-upgrade komputer baru. Akibatnya, beberapa pengguna mengeluhkan kinerja Windows 11 terasa lebih lambat. Memang, animasi dan transparansi di Windows 11 menghabiskan lebih banyak sumber daya, terutama jika Anda menggunakan perangkat yang tidak memenuhi persyaratan minimum Windows 11 itu sendiri.

Baca juga artikel terkait berikut:

1) Kelebihan dan Kekurangan Windows 11 

2) Cara Mematikan Antivirus Windows 11


Cara Mempercepat Windows 11 yang Lemot

Kecepatan pengoperasian perangkat komputer merupakan hal yang penting dan sangat memprihatinkan. Semakin responsif laptop kita, semakin efisien pekerjaan yang dapat dilakukan. Lalu pertanyaannya bagaimana cara mempercepat Windows 11 yang terkesan lemot? Berikut beberapa langkah yang bisa Anda ikuti.


Pastikan Spesifikasi Laptop / Desktop Memenuhi Kebutuhan Windows 11

Seperti halnya program komputer pada umumnya, sistem operasi Windows 11 juga memiliki spesifikasi sistem yang diperlukan untuk dapat dijalankan. Spesifikasi yang diperlukan ini harus dipenuhi agar dapat menggunakan Windows 11 dengan nyaman. Laptop atau komputer yang bisa menjalankan Windows 11 harus memenuhi spesifikasi berikut:

1)    Prosesor dual core dengan 1 GHz yang mendukung arsitektur instruksi 64-bit, misalnya Intel 64, AMD64 atau ARM64).

2)    GPU mendukung DirectX 12 API dan WDDM 2.0.

3)    Kapasitas RAM 4 GB

4)    Memori untuk instalasi Windows 11 adalah 64 GB

5)    Firmware UEFI bawaan dan fitur Boot Aman aktif.

6)    Perangkat Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0 kini tersedia.

7)    Layar memiliki ukuran layar 9" dan memiliki resolusi 720p (HD)

8)    Perangkat pendukung seperti koneksi internet, USB flash drive dan lain-lain.

Komputer desktop atau laptop yang memenuhi spesifikasi tersebut sudah pasti bisa meng-install Windows 11. Sebaliknya, jika beberapa komponen komputer Anda tidak memenuhi spesifikasi minimum tersebut maka dapat dipastikan Windows 11 tidak akan bisa diinstal dengan baik apabila dipaksakan.

Bahkan, dimungkinkan untuk menginstal Windows 11 di komputer desktop atau laptop yang tidak memenuhi spesifikasi yang diperlukan. Hanya saja setelah ini beberapa fitur tidak akan berfungsi dengan baik. Bahkan, sebagagian fitur mungkin tidak berfungsi dan komputer atau laptop anda menjadi lemot atau lambat.

Jika beberapa komponen komputer tidak memenuhi persyaratan Windows 11, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memutakhirkan ke komponen yang lebih baru. Produk desktop atau laptop yang dirilis tahun 2016 ke atas harus memiliki spesifikasi di atas.


Pastikan untuk Menggunakan Setidaknya 4 GB SSD dan RAM

Meskipun Microsoft mengharuskan pengguna untuk menggunakan perangkat dengan setidaknya prosesor Intel Gen 8 terbaru, beberapa pengguna telah mengabaikannya agar perangkat mereka dapat menjalankan Windows 11.

Tentu saja hal ini tidak menjadi masalah, karena biasanya dengan Intel Gen 4 sekalipun, Windows 11 masih bisa bekerja dengan baik, namun yang memperlambat kinerja perangkat adalah harddisk, pastikan anda menggunakan drive SSD dan minimal 4 GB RAM di Windows 11.


Cara Mempercepat Windows 11 yang Lemot


Nonaktifkan Program Startup yang Tidak Perlu

Setelah menginstal banyak aplikasi, biasanya ada beberapa yang berjalan saat startup, pastikan untuk mengaktifkan fitur ini hanya untuk aplikasi penting yang Anda perlukan. Untuk mengatur program startup, Anda dapat pergi ke Pengaturan > Aplikasi > Aplikasi Startup.


Matikan Transparansi

Efek transparansi di Windows 11 keren banget apalagi setelah Microsoft mengupdate elemen ini dengan Mica Effect di Windows 11, membuat transparansi di Windows 11 lebih baik dari Fluent Design di Windows 10. Tapi jelas efek transparansi memperlambat mesin karena GPU akan bekerja sedikit lebih banyak karena efek ini, jadi seiring dengan itu untuk meningkatkan kinerja, transparansi ini harus dimatikan.

Menonaktifkan efek ini tentunya akan mengurangi pengalaman menggunakan Windows 11, namun sebagai imbalannya performa perangkat akan sedikit meningkat dan mengurangi lemot pada perangkat anda. Langkah yang bisa Anda lakukan adalah anda bisa pergi ke Settings > Personalization > Colors


Matikan Animasi

Selain transparansi, Windows 11 juga memiliki lebih banyak animasi jika dibandingkan dengan Windows 10, misalnya jika Anda memindahkan menu dari halaman Settings > System ke Windows Update, maka akan dihiasi dengan animasi yang terlihat halus.

Ya, lancar jika Anda menggunakan perangkat dengan perangkat keras yang bagus, tetapi sebaliknya animasi ini akan sangat memperlambat Windows 11, terutama jika sebelumnya Anda lebih suka transisi langsung tanpa animasi. Untuk menonaktifkan animasi di Windows 11, Anda dapat membuka Pengaturan > Aksesibilitas > Efek Visual. Kemudian atur ke Mati di bagian Animasi.


Nonaktifkan Restartable Apps (Aplikasi yang Dapat Dimulai Ulang)

Sejak era Windows 10 1709, Microsoft telah memperkenalkan fitur Restartable Apps, yang berfungsi agar aplikasi akan terbuka secara otomatis setelah di-restart. Katakanlah Anda membuka Microsoft Edge Chromium dan beberapa aplikasi seperti WhatsApp dan lainnya, ketika Anda memulai ulang tanpa menutup aplikasi, maka setelah selesai restart, aplikasi akan terbuka lagi tanpa mengubah apa pun yang ada di dalamnya.

Fitur ini tentu saja sangat berguna, namun bagi anda yang menggunakan hardware kurang bertenaga, fitur ini akan sangat membebani sistem yang sedang kita gunakan, jadi sebaiknya fitur kemampuan ini dimatikan saja. Untuk menonaktifkan fitur ini, Anda dapat membuka Settings > Accounts > Sign-in Options > “Automatically save my restartable apps and restart them when I sign back in“.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat Windows 11 yang lemot di komputer atau laptop Anda. Kalau kita simpulkan lambatnya windows 11 pada perangkat komputer atau leptop adalah karena komputer / laptop tidak memenuhi standar persyaratan penginstalan Windows 11. Jadi langkah terbaik yang bisa dilakukan sebenarnya adalah memenuhi persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan tersebut agar Windows 11 tidak lemot.


Posting Komentar untuk "Cara Mempercepat Windows 11 yang Lemot"