Kelebihan dan Kekurangan Windows 11 yang Harus Diketahui

Kelebihan dan Kekurangan Windows 11

Rilis pertama Windows 11 pada Oktober 2021 menciptakan banyak antusias diantara pengguna perangkat berbasis Windows di laptop dan desktop. Banyak orang bertanya-tanya apa perubahan besar yang dilakukan Windows di versi terbaru ini. Ini ternyata banyak kelebihannya dari segi lebih canggih, mulai dari desain hingga fungsi. Itu telah mengalami renovasi besar dan memiliki penampilan yang segar.

Microsoft selalu menjadi pengembang untuk menghadirkan versi terbaru ini, menyederhanakan banyak aspek yang terkait dengan produktivitas, aktivitas sehari-hari, dan hiburan tingkat lanjut. Windows 11 sendiri memiliki banyak fitur hebat yang memudahkan para pekerja kantoran yang kesulitan untuk memutuskan sambungan dari perangkat komputasinya setiap hari. Dimulai dengan pengembangan fitur dan terobosan baru lainnya.

Sebagai pengguna sistem operasi, kami sangat terkejut dengan perubahan dan manfaat yang mereka tawarkan. Menurut informasi, desain dan perlengkapannya harus terlihat lebih ramping dan segar. Microsoft menjanjikan sesuatu yang baru untuk menghadirkan pengalaman luar biasa bagi penggunanya dengan meluncurkan sistem operasinya.

Microsoftpun meyakini banyaknya keunggulan Windows 11 akan membantu meningkatkan jumlah pengguna sistem operasi ini. Namun perlu diingat juga bahwa untuk melakukan upgrade ke sistem operasi terbaru, laptop atau PC Anda harus memiliki spesifikasi minimal untuk mendukungnya. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan Windows 11? Berikut penjelasannya:

Baca juga artikel lainnya:

1) Proteksi Data dan File dengan Enkripsi 

2) Data Dalam Ilmu Komputer 

3) Fungsi Microsoft Exel Secara Umum


Kelebihan Windows 11

Microsoft telah merilis sistem operasi terbarunya yang bernama Windows 11 untuk menggantikan pendahulunya Windows 10 yang diluncurkan pada tahun 2015. Tujuannya adalah untuk memperbarui dengan fitur yang lebih baik untuk meningkatkan produktivitas pekerja modern. Berikut beberapa kelebihan Windows 11 dibandingkan sistem operasi sebelumnya:


Tampilan Desain yang Menarik

Keunggulan pertama Windows 11 adalah memiliki tampilan baru dan menawarkan pengalaman yang sedikit berbeda dari pendahulunya, Windows 10. Dimana tombol Start Menu biasanya ditempatkan disudut kiri bawah, versi terbaru ini menempatkannya ditengah. Desain ikon transparan, ramping dan modern. Tampilannya yang minimalis membuatnya mudah digunakan. Informasi waktu dan tanggal masih ada di sisi kanan.

Desainnya sangat mirip dengan sistem operasi Mac OS X dan Linux, dan tombol Start Menu Windows 11 pada taskbar juga berada di tengah secara default. Ini memiliki banyak fitur yang dirancang untuk memudahkan pengguna menavigasi sistem operasi Windows.

Windows 11 juga hadir dengan antarmuka yang ramping, lebih segar dari versi sebelumnya. Tampilan bawaan Windows 11 tidak terlalu monoton dengan tampilan yang lebih ramping, minimalis dan modern. Anda dapat mengakses sebagian besar fitur desktop seperti biasa. Bilah alat, bilah tugas, dan alat lainnya memiliki konsep minimalis yang menyegarkan mata Anda.


Tampilan Menu Setting Lebih Sederhana

Tampilan menu Windows 11 lebih praktis, lebih ringan, lebih elegan dan lebih mudah digunakan. Menu pengaturan diatur dengan jelas di sisi kiri dan kanan jendela agar mudah dilihat. Memungkinkan pengguna atau pengguna untuk mengakses fungsi atau menu yang tersedia dengan lebih cepat.

Tampilan menu didesain lebih jelas, praktis, dan mudah digunakan. Menu pengaturan dapat ditampilkan kiri dan kanan, sehingga memudahkan pengguna untuk menavigasi melalui menu pengaturan. Selain itu, pengguna dapat mengakses fungsi dan menu yang ingin digunakan dengan lebih cepat. Selain menu pengaturan, ikon Panel Kontrol juga berubah tampilan saat dibuka di tema baru. Sayangnya, membuka Task Manager memerlukan kalibrasi ulang. Fitur Mode Gelap Windows 11 juga hadir dan secara opsional dapat diaktifkan bagi mereka yang sering bekerja di malam hari.


Fitur Snap Layouts

Windows 11 memiliki fitur snap layout yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengatur beberapa jendela saat multitasking. Ini berguna jika Anda ingin menjalankan beberapa pekerjaan secara bersamaan. Windows secara otomatis dibuat oleh tim pengembang Windows, jadi Anda tidak perlu mengatur setiap jendela yang terbuka secara manual. Tata letak snap disediakan untuk kenyamanan bagi pengguna yang sering melakukan banyak tugas. Fitur ini menghilangkan kebutuhan pengguna untuk menyesuaikan tata letak jendela secara manual.

Fitur Snap Layout adalah salah satu aktivitas yang paling toleran dan paling sederhana. Fitur snap layout sendiri memungkinkan pengguna untuk melakukan banyak tugas dengan menjalankan beberapa program secara bersamaan di satu layar. Menariknya, fungsi ini dapat dilakukan tanpa konfigurasi manual. Jadi Anda dapat dengan mudah melakukan banyak tugas tanpa kerumitan.


Peningkatan Keamanan

Microsoft juga menjanjikan peningkatan pada sistem keamanan Windows 11. PC atau laptop Anda akan lebih aman dari serangan malware dan hacker. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, perangkat harus memiliki TPM 2.0 sebagai persyaratan minimum untuk melakukan upgrade ke sistem operasi ini.

TPM 2.0 sendiri merupakan singkatan dari Trusted Platform Module dan hadir dalam bentuk chip khusus. Fungsi utama dari TPM 2.0 sendiri adalah untuk memberikan perlindungan keamanan yang multi level dan sangat kuat untuk komputer Anda.

Seperti yang Anda ketahui, spesifikasi minimum untuk menjalankan Windows 11 membutuhkan TPM 2.0, salah satu fitur yang harus ada di PC/Laptop Anda. Persyaratan fitur ini tentunya akan membuat PC/Laptop Anda semakin aman dan mengurangi tingkat kerusakan akibat serangan malware dan hacker.


Fitur Direct Storage

Fitur direct storage merupakan salah satu fitur yang terdapat pada Windows 11. Fitur ini sangat berguna untuk memastikan kecepatan NVMe SSD Anda, membuat game Anda dimuat lebih cepat dan meningkatkan frame rate (FPS) game Anda. Tentunya fitur ini sangat populer di kalangan gamer yang menggunakan komputer dan laptop untuk bermain game. Fitur ini membuat komputer Anda berjalan lebih cepat. Fitur ini dirancang untuk memaksimalkan kecepatan SSD NVMe. Pemuatan lebih cepat dan FPS dalam game lebih lancar.

Fitur Penyimpanan Langsung disertakan dalam Windows 11. Teknologi ini juga disertakan dalam konsol Xbox Series X. Fitur Penyimpanan Langsung membantu memaksimalkan kecepatan SSD NVMe Anda untuk memuat game lebih cepat dan frame rate/FPS yang lebih tinggi dalam game. Teknologi ini juga mirip dengan PlayStation 5. Manfaat dari teknologi ini tentunya sangat berguna bagi para gamer yang memainkan game PC/laptop.


Fitur Mode HDR Otomatis

Selain fitur Tata Letak Snap, Windows 11 memiliki fitur Mode HDR Otomatis. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna game dan gamer saat menggunakan monitor dengan fungsi HDR bawaan. Tampilan dan nuansa bermain menjadi lebih realistis, elegan, dan menyenangkan.

Keunggulan Windows 11 ini sangat berguna bagi para gamer dengan monitor HDR. Fitur mode Auto HDR membuat tampilan dalam game menjadi lebih elegan, realistis, dan enak dipandang. Fitur Mode HDR Otomatis di Windows 11 sangat cocok untuk gamer yang menggunakan monitor dengan kemampuan HDR bawaan. Tampilan dalam game lebih realistis dan enak dipandang. Bahkan, teknologi di balik fitur ini bahkan telah masuk ke konsol Microsoft Xbox Series X.


Terintegrasi dengan Teams

Setiap pengguna dapat dengan mudah mengakses Teams di Windows 11. Teams juga merupakan aplikasi lintas platform yang dapat diakses di Android, iOS, atau Windows. Anda dapat menggunakan Microsoft Teams secara gratis di Windows 11, tetapi durasi rapat maksimum adalah 60 menit. Juga, jumlah maksimum peserta yang dapat ditampung dalam satu pertemuan kelompok adalah 100.

Microsoft telah merilis aplikasi rapat online bernama Microsoft Teams, yang sudah terintegrasi ke dalam layanan Windows 11 dan Office 365. Microsoft Teams gratis digunakan dengan Windows 11, dengan batas tertentu dan waktu rapat maksimum 60 menit. Juga, jumlah maksimum pertemuan peserta yang dapat ditampung dalam satu kali pertemuan kelompok adalah 100 orang.


Fitur Windows Subsystem For Android

Windows 11 juga resmi hadir dengan fitur berupa sinkronisasi dengan sistem operasi Android. Tentu kabar ini disambut baik oleh banyak pihak. Karena sebagian besar smartphone favorit saat ini didukung oleh sistem operasi Android. Namun, hanya Android versi 7.0 dan di atasnya yang dapat disinkronkan dengan Windows 11.

Salah satu keunggulan Windows 11 yang ditunggu-tunggu oleh banyak pengguna adalah kemampuannya untuk menginstal dan menjalankan aplikasi Android tanpa emulator. Seperti Bluestacks, Memu, dll, fitur ini juga disebut Subsistem Windows Android. Fitur Windows Subsystem for Android memungkinkan aplikasi Android berjalan bersama aplikasi Windows lainnya di PC dan laptop. Secara resmi, Anda dapat menginstal aplikasi Android dari Amazon Appstore.


Fitur New Tab File Explorer

Dengan update terbaru Windows 11 tepatnya pada versi 22H2 (OS Build 22621.675), Windows 11 hadir dengan fitur-fitur terbaru yang banyak diminati oleh pengguna setia PC/Laptop Windows. fungsi yaitu File Baru. Fungsi penjelajah tab.

Fitur ini berfungsi sama seperti membuka aplikasi browser Google Chrome atau browser lainnya di PC/Laptop Anda. Setiap kali saya membuka File Explorer di Windows 11, tab baru muncul di jendela. Tentu saja, menyalin, menempel, atau mengelola banyak folder penyimpanan di komputer menjadi lebih mudah dengan fitur File New Tab Explorer.


Kelebihan dan Kekurangan Windows 11


Kekurangan Windows 11

Meskipun Windows 11 memiliki banyak keunggulan seperti widget baru, desain segar, mode tablet dan berbagai fitur canggih lainnya. Kami menemukan bahwa masih ada celah bagi pengguna untuk beradaptasi dan menerima kekurangan yang ada. Tentunya dengan segudang kelebihan yang dimiliki oleh para pendahulunya, sistem operasi ini masih memiliki kekurangan. Seperti kata orang, tidak ada produk yang sempurna. Berikut beberapa kekurangan dari Windows 11:


Spesifikasi Minimum Lebih Tinggi

Saat mencoba memeriksa apakah PC/Laptop Anda mendukung Windows 11. Ada beberapa persyaratan sistem dan fitur yang harus dipenuhi. Beberapa PC/laptop Anda mungkin tidak memenuhi persyaratan minimum untuk menjalankan Windows 11.

Persyaratan ini meliputi prosesor: inti, chip 64-bit (SoC) yang kompatibel dengan sistem. Chip: Intel 8th Gen, Ryzen 2000 atau yang lebih baru. RAM: minimal 4 GB. Memori: minimal 64GB. Jumlah memori dapat berubah, sehingga pengguna harus memperbarui informasi mereka secara teratur sebelum meningkatkan. Firmware Sistem: UEFI, Mendukung Boot Aman. Kartu Grafis: kompatibel dengan DirectX 12 atau lebih tinggi, memerlukan driver WDDM 2.0. TPM (Modul Platform Tepercaya) versi 2.0. Tampilan: HD 720p, monitor 9 inci atau lebih besar, 8 bit per saluran warna. OS saat ini: Pembaruan terbaik untuk Windows 10 versi 20H1 atau lebih baru.

Microsoft mungkin akan melonggarkan persyaratan minimum di masa mendatang untuk memudahkan semua orang dengan PC/Laptop Windows 10 untuk meningkatkan ke Windows 11, tetapi itu sepertinya masih akan lama dan Anda pasti tidak sabar untuk menunggu.


Mengalami Perubahan Menu Start

Start Menu Windows 11 mengalami perubahan yang signifikan dari versi sebelumnya yaitu Windows 10. Jika menu Start yang dulu ada di sebelah kiri, kini Windows 11 menempatkan menu Start di tengah layar, di atas. Tentu saja, ini mengharuskan pengguna untuk berkoordinasi menekan tombol Start, yang saat ini berada di tengah. Pembaruan terbaru ini membawa desain ulang yang lengkap, jadi Anda juga harus mempertimbangkan menu Start Windows 11. Juga, tidak ada menu gaya hidup untuk menampilkan ikon aplikasi atau pemberitahuan seperti Windows 8 saat ini.


Menu Pencarian Terpisah

Kelemahan Windows 11 selanjutnya adalah menu pencarian yang terpisah. Lokasi menu pencarian sekarang terpisah dari menu mulai dan tidak lagi terintegrasi seperti sebelum Windows 10. Untuk menggunakan fungsi pencarian, Anda harus mengklik ikon pencarian di bilah tugas.

Di sistem operasi Windows 10, menu pencarian tersedia di opsi menu Mulai. Anda dapat mencari segala jenis aplikasi atau dokumen dengan mengetik di kotak pencarian. Di sisi lain, di sistem operasi Windows 11 menu pencarian dipisahkan dari aplikasi menu mulai. Untuk mencari aplikasi atau dokumen, Anda harus mengklik ikon pencarian di taskbar hingga aplikasi muncul.


Boot Time yang Lebih Lama

Dibandingkan dengan Windows 10, Windows 11 membutuhkan waktu lebih lama untuk boot. Windows 10 melakukan booting 2-4 detik lebih cepat dari Windows 11. Meski hanya selisih beberapa detik, waktu ini berdampak besar pada kecepatan kerja setiap pengguna.

Windows 10 terbuka 2-4 detik lebih cepat daripada Windows 11 ketika perangkat yang menjalankan Windows 10 dan Windows 11 secara terpisah dihidupkan pada waktu yang sama. Dalam hal ini, kita dapat mengatakan bahwa Windows 11 melakukan booting sedikit lebih lama dari Windows 10.


Waktu Update Lebih Lama

Semua pengguna sistem operasi Windows ingin mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses pembaruan Windows. Curiosity didasarkan pada berapa lama waktu yang dibutuhkan setiap pembaruan Windows. Jika Anda ingin memperbarui Windows 11, Anda dapat melakukannya dalam semalam saat perangkat tidak aktif digunakan.


Mengalami Perubahan Letak Task Manager

Task Manager adalah jendela yang populer untuk pengguna Windows. Di semua versi Windows, Anda dapat dengan mudah memilih Task Manager dengan mengklik kanan pada opsi taskbar. Di Windows 11, saya tidak dapat menemukan opsi Task Manager ketika saya mengklik kanan pada taskbar. Anda dapat menemukan opsi Pengelola Tugas di Opsi Windows versi terbaru dan klik kanan di sana untuk menampilkan Pengelola Tugas.

Sebelumnya, Anda bisa klik kanan pada opsi taskbar untuk menemukannya. Di Windows 11 opsi ini tidak ditemukan seperti dulu. Opsi Pengelola Tugas dapat ditemukan di Opsi Windows, klik kanan untuk menampilkan Pengelola Tugas.


Menghapus Aplikasi Cukup Rumit

Jika Anda memiliki ponsel, Anda dapat dengan mudah menghapus aplikasi di perangkat Anda. Namun, menghapus aplikasi di komputer Anda memerlukan manipulasi lengkap. Untuk menghapus aplikasi di Windows 11, Anda harus pergi ke Control Panel untuk melihat daftar aplikasi. Kemudian pilih aplikasi yang ingin Anda hapus dan klik Uninstall.


Perubahan Antarmuka Pengguna (UI)

Windows membuat perubahan signifikan pada status antarmuka pengguna sistem operasi Windows 11. Meskipun terlihat segar, banyak pengguna yang terbiasa dengan antarmuka lama dan merasa cukup sulit untuk dinavigasi. Namun, fakta ini sebenarnya cukup berguna karena menawarkan fitur yang lebih baik dan lebih canggih.


Posting Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Windows 11 yang Harus Diketahui"