7 Fungsi Lembaga Pendidikan

7 Fungsi Lembaga Pendidikan

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. (Pengertian pendidikan menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional).

Sementara dalam Kamus Bahasa Indonesia, mengenai Pengertian Pendidikan, pendidikan berasal dari kata “didik”, kata ini mendapatkan awalan kata “me” sehingga menjadi “mendidik” yang artinya adalah memelihara dan memberi latihan. Dalam memberi latihan dibutuhkan adanya ajaran, tuntutan serta bimbingan tentang akhlak dan kecerdasan pikiran. Pendidikan merupakan proses membimbing manusia dari kegelapan menuju kecerdasan pengetahuan atau bisa dibilang dari tidak tahu menjadi tahu.

Lalu apa yang dimaksud dengan lembaga pendidikan? Lembaga Pendidikan adalah lembaga atau tempat berlangsungnya proses pendidikan yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mengubah tingkah laku individu menuju arah yang lebih baik melalui interaksi dengan lingkungan sekitar. Lembaga Pendidikan ialah sebuah lembaga yang menawarkan pendidikan formal mulai dari jenjang pra-sekolah sampai dengan jenjang pendidikan tinggi, baik itu yang bersifat umum maupun yang bersifat khusus.

Lebih lanjut lembaga pendidikan juga merupakan sebuah institusi sosial yang menjadi agen sosialisasi lanjutan dari lembaga keluarga. Di dalam lembaga pendidikan, seorang anak akan dikenalkan tentang kehidupan bermasyarakat yang lebih luas daripada yang ia dapat dari lembaga keluarga.

7 Fungsi Lembaga Pendidikan

Selain sekolah yang merupakan lembaga pendidikan formal, terdapat juga pendidikan non formal, misalnya seperti kursus bahasa, kursus keterampilan, dan kursus komputer serta pendidikan informal, seperti pendidikan yang terjadi di keluarga (rumah).

Pendidikan akan memberikan arah terhadap pertumbuhan dan perkembangan manusia serta lingkungannya. Pertumbuhan dan perkembangan ini akan mengalami perubahan seiring dengan perubahan waktu sehingga harus terorganisasi dan juga diarahkan sedemikian rupa menuju pada tujuan akhir pendidikan sebagaimana yang sudah ditetapkan sebelumnya. Lebih lanjut lembaga pendidikan yang merupakan penyalur pendidikan itu sendiri terus berkembang sesuai dengan kebutuhan perubahan di tengah masyarakat.

{|CATATAN| Berikut rekomendasi artikel mengenai lembaga sosial:
1) Pengertian Lembaga Sosial dan Proses Terbentuknya 
2) 5 Jenis Lembaga Sosial 
3) Lembaga Keluarga dalam Lembaga Sosial 
4) Pengertian dan Fungsi Lembaga Agama 
5) Tujuan Lembaga Politik}

Secara fundamental lembaga pendidikan memiliki fungsi untuk mengatur pemenuhan kebutuhan terhadap pendidikan masyarakat. Dalam hal ini fungsi lembaga pendidikan ada dua, yaitu fungsi manifes dan fungsi laten.

Fungsi manifes ialah fungsi yang tercantum dalam kurikulum sekolah. Menurut Horton dan Hunt dalam Kamanto Sunarto (2004), fungsi manifes lembaga pendidikan antara lain yaitu:

1)    Mempersiapkan anggota masyarakat untuk mencari nafkah. Dengan bekal keterampilan yang didapatkan dari lembaga pendidikan, maka diharapkan seseorang siap untuk bekerja atau mencari nafkah.
2)    Melestarikan kebudayaan masyarakat. Dalam hal ini lembaga pendidikan turut mengajarkan beragam kebudayaan di dalam masyarakat.
3)    Mengembangkan bakat perseorangan demi kepuasan pribadi dan juga bagi kepentingan masyarakat secara luas.
4)    Menanamkan keterampilan yang diperlukan bagi partisipasi dalam demokrasi.

Sementara fungsi laten (fungsi yang tidak disadari ) dari lembaga pendidikan, yaitu sebagai berikut:
1)    Mempertahankan sistem kelas sosial. Lembaga pendidikan khususnya sekolah diharapkan bisa mensosialisasikan kepada para muruid untuk menerima perbedaan status sosial yang ada di dalam masyarakat. Dan sekolah diharapkan bisa menghilangkan perbedaan kelas sosial berdasarkan status sosial peserta didik didalam masyarakat.
2)    Mengurangi pengendalian orang tua. Keterlibatan seorang anak di dalam lembaga pendidikan seperti sekolah akan mengurangi ia dari pengendalian orang tuanya karena yang berperan pada saat pengajaran dan pendidikan di sekolah ialah guru-gurunya.
3)    Memperpanjang masa remaja. Sekolah memungkinkan para pelakunya memperpanjang masa remaja dan penundaan masa dewasa.


Sumber:
http://thekingslau.blogspot.com/2018/05/fungsi-lembaga-pendidikan.html
https://ardra.biz/tag/fungsi-lembaga-pendidikan/

0 komentar

Posting Komentar