Hubungan Antara Kelangkaan dengan Permintaan dan Penawaran

Hubungan Antara Kelangkaan dengan Permintaan dan Penawaran

Kelangkaan adalah persolan ekonomi yang paling mendasar, hal ini karena keinginan manusia yang tidak terbatas sedangkan ketersediaan sumber daya sangat terbatas. Kelangkaan terjadi karena orang ingin mempunyai lebih banyak barang atau jasa dari pada sistem pengelolaan sumber daya yang dikelola. Dalam hal ini penyebab kelangkaan antara lain yaitu:

1)    Keterbatasan kemampuan produksi barang/jasa.
2)    Pertumbuhan penduduk yang lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan barang produksi sehingga mengakibatkan kesenjangan antara kebutuhan dengan persediaan barang dan jasa.
3)    Perbedaan letak geografis sehingga sumber daya alam tersebar tidak merata. Terdapat daerah yang memiliki banyak sumber daya alam (subur) sementara daerah lain kurang memiliki potensi sumber daya alam (kurang subur). Perbedaan geografis ini akan berpengaruh pada kekayaan sumber daya dari masing-masing daerah.
4)    Perkembangan teknologi yang tidak sama, di beberapa negara maju perkembangan teknologi berlangsung relatif cukup cepat sementara di negara-negara berkembang justru perkembangan teknologi cenderung lebih lambat dibandingkan dengan perkembangan kebutuhan akan barang dan jasa.

Hubungan Antara Kelangkaan dengan Permintaan dan Penawaran

Terbatasnya sumber daya mendorong manusia untuk melakukan segala usaha agar kelangkaan tidak menjadi penghalang untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup. Lebih lanjut dalam hal ini faktor penyebab kelangkaaan dapat menimbulkan penawaran dan permintaan terhadap suatu barang dan jasa.

Penawaran terhadap barang dan jasa akan banyak terjadi pada daerah-daerah yang kelebihan hasil produksi. Kelebihan penawaran akan menyebabkan harga barang di daerah tersebut menjadi lebih murah. Sementara di daerah yang kekurangan sumber daya akan mengakibatkan kelebihan permintaan sehingga harga barang dan jasa di daerah ini menjadi sangat mahal.

Untuk mengatasi kelebihan penawaran yang terjadi di daerah yang kelebihan sumber daya dan mengatasi kekurangan penawaran di daerah yang kurang sumber daya adalah dengan melakukan distribusi barang dan jasa.

Distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen baik itu secara langsung ataupun tidak langsung. Kegiatan distribusi bisa dilakukan diantaranya yaitu melalui pasar. Lalu apa kaitannya antara pasar dengan distribusi?

Dalam hal ini sesuai dengan fungsinya pasar adalah tempat untuk promosi, distribusi, dan pembentukan harga. Pasar ialah tempat terjadinya transaksi jual beli antara penjual dan pembeli. Kaitan antara pasar dengan distribusi ialah pasar merupakan tempat atau sebuah lembaga untuk mendistribusikan barang dan jasa dari podusen kepada konsumen.

{|CATATAN| Kami sarankan Anda juga membaca 2 artikel terkait berikut ini:
1) Peranan IPTEK dalam Kegiatan Ekonomi 
2) Peran Kewirausahaan dalam Membangun Ekonomi}

Keterkaitan antara pasar dan distribusi bisa kita lihat dari peranan pasar dalam mendistribusikan barang maupun jasa. Peranan keterkaitan pasar dengan distribusi antara yaitu:

1)    Mempermudah Konsumen dalam Memperoleh Barang Konsumsi

Dengan adanya pasar dan juga distribusi, barang dan jasa yang dihasilkan oleh produsen bisa dinikmati oleh konsumen baik itu melalui pasar tradisional ataupun modern.

2)    Membentuk Terciptanya Harga Barang yang Stabil

Dengan adanya pasar barang-barang bisa tersalurkan dengan baik kepada konsumen. Proses penyaluran akan membuat harga relatif lebih stabil. Naiknya harga barang umumnya dipengaruhi oleh langkanya barang barang yang bersangkutan. Langkanya barang yang ada di pasar juga dipengaruhi oleh lancarnya tidaknya distribusi. Jika distribusi lancer dan barang selalu tersedia di pasar maka harga berang tersebut relatif akan stabil.

3)    Produsen Akan Mempertahankan Keuntungan dan Penjualan Produk

Keuntungan yang didapat bagi produsen dengan adanya pasar dan distribusi ialah produsen akan mempertahankan penjualan dengan stabil. Penjualan ini nantinya akan mempengaruhi keuntungan yang didapatkannya.

Sementara itu bagi perekonomian nasional peran pasar dalam pemenuhan kebutuhan antar ruang bisa dilihat antara lain sebagai berikut:
1)    Peranan bagi produsen, produsen bisa menawarkan hasil produksinya di pasar. Sehingga pasar dalam hal ini adalah tempat penjualan sekaligus juga tempat promosi bagi produsen. Lewat pasar produsen bisa mengembangkan usahanya.
2)    Peranan bagi konsumen, dalam hal ini konsumen bisa menemukan semua kebutuhannya melalui pasar, semakin luas pasar maka semakin mudah konsumen untuk memperoleh barang yang ia butuhkan.
3)    Peranan pasar bagi sumber daya manusia, antara lain bisa menyerap tenaga kerja. Semakin luas pasar itu artinya akan membuka kesempatan kerja dan itu berarti akan menyerap tenaga kerja dan dapat mengurangi pengangguran.
4)    Peranan bagi pembangunan, karena pasar dapat menyediakan barang dan jasa yang bermanfaat serta diperlukan dalam pembangunan. Maka pasar akan mendorong pembangunan dari berbagai daerah. Selain itu juga, pasar bisa menambah pendapatan daerah.

Ketersediaan sumber daya adalah hal yang penting dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara merata dan dengan harga yang terjangkau. Kelangkaan mendorong manusia untuk melakukan kegiatan ekonomi dalam usahanya menyediakan barang dan jasa, lalu kemudian mendistribusikannya kepada masyarakat demi mendapatkan peningkatan kesejahteraan.


Sumber Referensi:
https://readyygo.blogspot.com/2000/01/hubungan-antara-kelangkaan-dengan.html
https://saranabertanya.com/hubungan-antara-kelangkaan-dengan-permintaan-dan-penawaran/

0 komentar

Posting Komentar