Peran Kewirausahaan dalam Membangun Ekonomi

Peran Kewirausahaan dalam Membangun Ekonomi

Manusia setiap hari melakukan berbagai aktivitas dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kebutuhan tersebut dari waktu ke waktu selalu bertambah dan menuntut kualitas yang lebih bagus, oleh karena itu produsen sebagai bembuat barang dan jasa perlu melakukan inovasi dalam produksinya.

Kebutuhan manusia yang sangat banyak dan bervariasi tentu harus diikuti dengan kemampuan pengusaha untuk membuat hasil produksinya yang lebih bagus, kreatif dan inovatif. Kemampuan manusia untuk menghasilkan sesuatu dari pengusaha lain tentu memerlukan kemampuan untuk mengembangkan yang sudah ada ataupun membuat sesuatu yang sama sekali baru agar barang/jasa produksinya laku di pasar.

{|CATATAN| Sebelum Anda membaca lebih lajut, pastikan setelah Anda membaca artikel ini Anda juga membaca 2 artikel terkait berikut ini:
1) Peranan IPTEK dalam Kegiatan Ekonomi 
2) Hubungan Antara Kelangkaan dengan Permintaan dan Penawaran}

A.  Kreativitas

Seseorang yang mampu membuat sesuatu yang indah dengan nilai jual yang tinggi merupakan hasil dari kreativitas orang tersebut. Kreativitas adalah salah satu ciri dari jiwa wirausaha. Kemampuan untuk menciptakan kreativitas ini tergantung dari kemauan seseorang untuk mengembangkannya.

Kreativitas sebenarnya sudah kita miliki dari sejak kecil. Seperti ketika seorang anak menginginkan sesuatu maka anak tersebut akan melakukan sesuatu yang membuat orang tuanya mengerti bahwa anak tersebut menginginkan sesuatu. Sikap ini sebenarnya bentuk kreativitas anak tersebut agar orang tuanya perhatian terhadap keinginannya.

Lalu apa yang dimaksud dengan kreativitas ? Sebelum memahami pengertian kreatif, coba perhatikan contoh berikut ini. Banyak kisah yang menceritakan kehidupan seseorang yang kreatif. Kisah seseorang yang mampu membuat sepeda motor kecil dimana mesinnya adalah mesin pemotong rumput, ini juga merupakan sebuah gagasan kreatif seseorang. Seorang bisa membuat berbagai mainan anak dari kertas bekas yang sudah dibuang di tempat sampah seperti, lampion, ular mainan dan mainan anak lainnya.

Berdasar contoh di atas, kapan seseorang dikatakan kreatif? Seseorang dikatakan kreatif pada saat orang tersebut memiliki ciri-ciri antara lain:
1)    Bersifat ingin tahu
2)    Banyak gagasan dan usul-usul terhadap suatu masalah
3)    Sering mengajukan pertanyaan yang baik
4)    Mampu menyatakan pendapat secara spontan tanpa malu-malu
5)    Mampu mengajukan gagasan pendapat yang berbeda dengan orang lain
6)    Tidak mudak terpengaruh orang lain
7)    Mempunyai kebiasaan belajar sendiri
8)    Belajar dari pengalaman orang lain
9)    Belajar dari kegagalan

Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik itu berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan yang ada sebelumnya (Supriadi, 2001:7). Dalam setiap kegiatan ekonomi dibutuhkan suatu pemikiran yang kreatif yang bisa membantu alternatif tindakan.

Kreativitas seseorang bisa dipengaruhi oleh kemampuan, bakat, ilmu pengetahuan ditambah dengan pengalaman yang merupakan guru terbaik untuk memicu kreativitas seseorang untuk berhasil dalam kegiatan ekonomi. Dalam hal ini kita harus menyadari bahwa tantangan hidup dimasa dapatn sangatlah berat, maka hal itu harus dihadapi dengan kreativitas dan inovasi.

Apa itu inovasi? Inovasi adalah penciptaan atau penemuan yang merupakan hasil dari penelitian atau eksperimen. Banyak barang-barang yang ada dalam kehidupan ekonomi kita yang merupakan hasil dari inovasi. Dan inovasi ini sangat dibutuhkan dalam mencapai keberhasilan sebuah bisnis. Banyak orang yang telah berhasil karena ide kreatif dan inovatif.

Pengusaha yang sukses akan selalu senantiasa melakukan inovasi bagi perkembangan perusahaannya. Perusahaan akan selalu menghasilkan produk-produk baru untuk mengikuti perkembangan yang sesuai dengan selera konsumen. Dalam hal ini tujuan perusahaan melakukan inovasi selain untuk menghasilkan produk, antara lain yaitu:
1)    Menghasilkan barang yang berkualitas bagus.
2)    Membuat desain dan model yang menarik selera konsumen.
3)    Mempunyai ciri khas dari produk dari perusahaan lain.
4)    Membuat nyaman dan memberi kepuasan pada konsumen.
5)    Menghasilkan produk dengan harga bersaing.
6)    Produknya memiliki dayaguna dan serbaguna.

Peran Kewirausahaan dalam Membangun Ekonomi

B.  Kewirausahaan

Dimasa lalu Indonesia pernah mengalami krisis ekonomi yang menyebabkan keadaan perekonomian memburuk. Pasa saat itu banyak perusahaan yang bangkrut karena tidak mampu bersaing dengan produk dari Negara lain. Karena kita akan memasuki era perdagangan bebas maka rasanya tidak salah jika kita mempersiapkan sumber daya manusia yang siap bersaing.

Pengangguran setiap harinya semakin bertambah, oleh karena itu dibutuhkan sebuah penanganan yang serius untuk membantu penciptaan lapangan kerja baru. Untuk mengatasi masalah ini diperlukan gagasan kreatif untuk membangkitkan kegiatan ekonomi.

Dengan gagasan kreatif para pelaku ekonomi akan memunculkan suatu ide yang inovatif yang pada akhirnya bisa menjadi pendorong dalam meningkatkan kegiatan ekonomi. Munculnya gagasan-gagasan yang kreatif diharapkan menimbulkan kemampuan melakukan kegiatan ekonomi. Salah satu caranya yaitu dengan menunjukkan kemampuan kemandirian tersebut.

Seorang wirausaha adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk melihat dan menangkap peluang bisnis, mengumpulkan sumber daya yang diperlukan guna mengambil keuntungan dan mengambil tindakan yang tepat, serta memastikan keberhasilan dari rencananya. Seorang wirausaha tidak hanya bisa berbuat sesuatu yang baik bagi dirinya sendiri melainkan juga bagi orang lain secara umum. Wirausaha juga berperan dalam membuka lapangan kerja baru, sehingga bisa membantu pemerintah untuk mengurangi tingginya angka pengangguran.

Ciri–ciri dari seorang wirausaha ialah orang yang mempunyai potensi untuk berprestasi. Dia akan senantiasa mempunyai motivasi yang besar untuk maju dan berprestasi. Dalam kondisi dan situasi yang seperti apapun, dia akan mampu menolong dirinya sendiri dalam mengatasi segala permasalahan hidupnya. Dengan kekuatan yang ada dalam dirinya, seorang wirausaha akan mampu berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya.

Selain itu, seorang wirausaha akan mampu mengatasi kemiskinan, tanpa harus menunggu pertolongan orang lain. Seorang wirausaha mempunyai semangat, sikap, perilaku serta kemampuan dalam menangani usaha ataupun kegiatan yang mengarah pada upaya untuk mencari, menciptakan, dan menerapkan cara kerja, teknologi serta produk baru dengan meningkatkan efisiensi.

Seorang wirausaha tidak suka bergantung pada orang lain. Dalam setiap usahanya selalu berusaha memajukan dirinya dan tidak menunggu bantuan dari orang lain. Keberhasilan seseorang tergantung pada dirinya sendiri. Jiwa wirausaha harus mampu mengenali dirinya sendiri dan melengkapi dirinya dengan jiwa yang besar. Berikut ini merupakan ciri-ciri seorang wirausaha:

1)   Mempunyai Kepribadian yang Kuat

Tanda seseorang yang mempunyai kepribadian yang kuat ialah seseorang yang bermoral tinggi, yakni manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2)   Mempunyai Sikap Mental Seorang Wiraswasta

Seseorang yang bermental wiraswasta memiliki kemauan keras untuk mencapai tujuannya. Seorang wiraswasta juga mempunyai keyakinan yang kuat atas kekuatan yang ada pada dirinya, serta mempunyai kejujuran dan bertanggungjawab.

3)   Memiliki Kepekaan Terhadap Arti Lingkungan

Seorang wirausaha harus bisa mengenal lingkungannya dengan baik sehingga ia akan mampu mendayagunakannya secara efisien untuk kepentingan hidupnya.

4)   Mempunyai Ketrampilan Wiraswasta

Untuk bisa menjadi seorang wirausaha dibutuhkan beberapa keterampilan seperti keterampilan berfikir kreatif, keterampilan manajerial, ketrampilan dalam memimpin, dan keterampilan bergaul antar manusia.

5)   Mempunyai Kemampuan untuk Mencari Informasi

Keberhasilan dalam berwirausaha salah satunya adalah kemampuan dalam mencari informasi mengenai beberapa hal yang menjadikan berhasilnya suatu usaha.


Sumber Referensi:
http://www.ilmu-ekonomi-id.com/2016/08/peran-wirausaha-dalam-perekonomian-nasional.html
http://gayaonlinekewirausahaan.blogspot.com/2014/12/peran-kewirausahaan-dalam-perekonmian.html
http://www.ipsasyik.web.id/2018/03/peran-kewirausahaan-dalam-membangun.html

Posting Komentar untuk "Peran Kewirausahaan dalam Membangun Ekonomi"