Peranan IPTEK dalam Kegiatan Ekonomi

Peranan IPTEK dalam Kegiatan Ekonomi

Manusia saat ini sangat membutuhkan barang-barang elektronik, seperti komputer, laptop, smartphone dan sebagainya. Barang-barang tersebut merupakan hasil dari perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi muncul sebagai akibat dari berkembangnya kegiatan manusia untuk memenuhi segala kebutuhannya. Semakin bertambah kebutuhan manusia maka semakin menuntut pula ketersediaan alat pemenuhan kebutuhan yang semakin cepat dan bervariasi.

Peranan IPTEK dalam Kegiatan Ekonomi

1. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)

Ilmu pengetahuan muncul sebagai akibat dari perkembangan aktivitas manusia untuk memenuhi segala kebutuhannya. Ilmu pengetahuan dan teknologi sendiri merupakan suatu ilmu yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan manusia.

Perkembangan IPTEK sekarang ini membawa manfaat yang luar besar bagi kemajuan peradaban manusia. Pesatnya perkembangan IPTEK bisa kita dilihat dengan semakin bermunculannya teknologi canggih yang bisa membantu segala aktivitas manusia sehari-hari.

Perkembangan IPTEK bisa memfasilitasi kegiatan usaha menjadi semakin lancar sehingga bisa menambah kesejahteraan bagi masyarakat secara umum. Akan tetapi demikian, berkembangnya IPTEK akan memberikan dampak positif dan juga dampak negatif. Dampak positif dari perkembangan IPTEK antara lain yaitu:
1)    Membuat segala sesuatu lebih cepat dan mudah.
2)    Membantu memenuhi kebutuhan manusia artinya bisa mengurangi permasalahan ekonomi yang dihadapi.
3)    Mempermudah untuk memperluas informasi.
4)    Menambah wawasan pengetahuan.

Sementara dampak negatif dari perkembangan IPTEK antara lain yaitu:
1)    Mempengaruhi pola pikir masyarakat menjadi negatif apabila informasi yang didapatkan melalui internet berisi mengenai segala hal yang sifatnya negatif.
2)    Bisa membuat orang semakin malas, contohnya siswa setiap saat hanya memegang HP dan melupakan kewajibannya sebagai siswa untuk belajar.
3)    Dapat menimbulkan polusi, semakin banyak masyarakat memakai hasil perkembangan IPTEK, contohnya kendaraan bermotor maka pencemaran polusi juga akan semakin bertambah.
4)    Bisa mengakibatkan kerusakan, seperti misalnya kerusakan lingkungan alam akibat semakin banyak limbah industri yang dibuang sembarangan oleh perusahaan industri, dan sebagainya

{|CATATAN| Agar referensi Anda lebih banyak, kami sarankan Anda juga membaca 2 artikel terkait berikut ini:
1) Peran Kewirausahaan dalam Membangun Ekonomi 
2) Hubungan Antara Kelangkaan dengan Permintaan dan Penawaran}

2. Peran Iptek dalam Menunjang Kegiatan Ekonomi

Ilmu pengetahuan dan teknologi telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari manusia. IPTEK sebagai sarana bagi manusia untuk mencapai kesejahteraan. Dengan adanya IPTEK manusia mampu memenuhi kebutuhannya. Contoh kecilnya saat kalian membutuhkan makanan, maka dengan bantuan HP kalian bisa memesan makanan yang diantar langsung ke rumah.

IPTEK merupakan hasil kebudayaan manusia yang memberikan kemudahan dalam melakukan segala aktivitas. Selain dalam kehidupan sehari-hari, perkembangan IPTEK juga memberi dampak positif dalam kegiatan ekonomi. Peran perkembangan IPTEK bagi kegiatan ekonomi antara lain yaitu:

1)   Produksi

IPTEK bisa membantu menunjang kegiatan produksi terutama dalam hal kebutuhan akan mesin-mesin produksi, bahan baku untuk produksi, serta bahan penolong lain untuk produksi.

2)   Distribusi

IPTEK bisa membantu memberikan kemudahan distribusi barang, memperlancar distribusi barang, serta mempercepat barang sampai ke tangan konsumen.

3)   Konsumsi

IPTEK dapat memberikan kemudahan bagi konsumen dalam memenuhi kebutuhannya. Konsumen dengan cepat dan mudah dapat memperoleh barang yang dibutuhkannya.


Sumber Referensi:
http://www.imron.web.id/2018/01/peran-iptek-dalam-kegiatan-ekonomi.html
http://www.pembelajaranmu.com/2017/07/pengertian-peran-dan-dampak-iptek-dalam.html

0 komentar

Posting Komentar