Ketahui Jenis-Jenis Peta dan Fungsinya

Ketahui Jenis-Jenis Peta dan Fungsinya

Siapa yang tidak mengetahui peta? Sebuah benda yang sangat berguna sebagai penunjuk letak suatu tempat ini memang bukan merupakan hal yang sulit untuk ditemukan karena semua orang pasti memerlukan peta. Entah untuk menunjukkan letak suatu tempat, kota, desa, atau letak suatu negara. Namun sebenarnya, apa saja sih jenis-jenis peta dan fungsinya?

Mengetahui jenis-jenis peta dan fungsinya tentu merupakan hal yang penting untuk dilakukan, karena tidak dapat dipungkiri bahwa tidak hanya satu jenis peta saja yang kita perlukan untuk dapat memberi tahu kita mengenai letak atau lokasi dari suatu tempat. Bagi Anda yang belum mengetahui mengenai hal tersebut, maka berikut ini ulasan informasinya untuk Anda.

Mengenal Peta Secara Singkat

Sebelum memasuki pembahasan lebih lanjut mengenai macam jenis-jenis peta dan fungsinya agaknya Anda harus terlebih dahulu mengetahui seluk beluk tentang peta. Jadi, pada dasarnya peta dapat diartikan sebagai sebuah bidang datar dengan skala tertentu yang tergambar mengenai gambaran permukaan bumi.

Bagian permukaan bumi yang digambarkan pada sebuah bidang datar tersebut dilakukan melalui suatu sistem proyeksi yakni suatu gambaran konvensional yang telah diperkecil dengan bidang datar tersebut.

Nah, sebagai sebuah media atau benda yang dapat menunjukkan kita mengenai suatu tempat atau lokasi tertentu, sebuah peta baru akan bisa disebut peta jika memenuhi hal-hal berikut diantaranya adalah adanya judul, skala, tanda arah, tata warna, dan juga simbol.

Ada berbagai macam jenis-jenis peta dan fungsinya yang perlu untuk Anda ketahui. Namun memang secara umum, peta memiliki fungsi general sebagai alat untuk:
a)    Menunjukkan suatu lokasi atau letak di permukaan bumi.
b)    Menentukan arah ataupun jarak dari satu tempat ke tempat lain.
c)    Sebagai media penunjuk ketinggian atau kemiringan suatu tempat atau wilayah.
d)    Memberikan gambaran mengenai luas, pola, dan bentuk dari berbagai gejala alami dan manusia.
e)    Dan sebagai alat untuk pengambilan kesimpulan dari data atau hasil informasi yang telah tersaji dari peta tersebut.

Namun, selain 5 (lima) manfaat yang telah disebutkan tersebut, ada jenis-jenis peta dan fungsinya yang lain yang telah dikenal secara umum oleh kalangan masyarakat biasa ataupun kalangan tertentu seperti akademisi dalam ilmu geografi.

{|CATATAN| Berikut rekomendasi artikel terkait:
1) Mengenal Dasar-Dasar Pemetaan, Penginderaan Jauh, dan Sistem Informasi Geografis 
2) Sistem Informasi Geografis: Pengertian, Manfaat, dan Jenis Data SIG 
3) Macam-Macam Metode Penelitian Geografis dan Tahapannya 
4) Beragam Teknik Analisis Data Geografis}
 
Ketahui Jenis-Jenis Peta dan Fungsinya

Macam Jenis-Jenis Peta dan Fungsinya

Ada jenis-jenis peta dan fungsinya yang perlu untuk Anda ketahui. Jika di klasifikasikan berdasarkan isinya, maka ada 2 (dua) jenis peta yang perlu untuk Anda ketahui. Jenis peta pertama adalah peta umum, dan jenis peta yang kedua adalah peta khusus atau tematik.

1.   Peta Umum

Jenis-jenis peta dan fungsinya yang pertama adalah peta umum. Peta ini dapat diartikan sebagai sebuah peta yang menggambarkan permukaan bumi secara general atau umum. Di dalam peta umum ini, dimuat semua penampakan yang ada di suatu wilayah atau daerah. Baik penampakan secara fisis (alam) ataupun penampakan sosial dan budaya.

Kenampakan fisis sendiri seperti misal contohnya adalah sungai, gunung, laut, danau dan lainnya. Sementara itu kenampakan sosial budaya adalah seperti jalan raya, kereta api, permukaan kota, dan lainnya. Mengapa disebut peta umum? Hal ini dikarenakan peta ini merupakan peta yang bersifat umum sehingga dapat digunakan untuk segala macam tujuan.

Peta umum ini dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis yaitu, peta topografi, peta kartografi, peta korografi, peta Indonesia, dan juga peta dunia.

2.   Peta Khusus (Tematik)

Jenis-jenis peta dan fungsinya yang kedua adalah peta khusus atau yang bisa disebut sebagai peta tematik. Mengapa peta semacam ini disebut sebagai peta khusus? Hal ini dikarenakan dalam peta ini hanya tergambar satu atau dua penampakan saja pada permukaan bumi, yang mana penampakan tersebut hanyalah penampakan yang ingin ditampilkan.

Sederhananya, tampilan peta ini didasarkan pada tema tertentu saja. Apa yang ditampilkan dalam peta tematik ini juga bisa berupa penampakan-penampakan atau fenomena mengenai unsur geosfer tertentu, baik dari kondisi geosfer yang bersifat fisik ataupun dari segi sosial budayanya.

Di dalam tampilan peta tematik atau peta khusus, objek yang dihadirkan akan dibuat dalam bentuk gambar yang didukung dengan menggunakan simbol-simbol tertentu yang mana simbol tersebut memiliki maksud ataupun tujuan tertentu pula. Peta jenis khusus atau tematik ini bisa dibuat berdasarkan tema yang diperlukan seperti misalnya peta administrasi, peta perencanaan suatu daerah, peta administrasi, peta pendidikan, peta militer, dan sebagainya. Contoh dari peta tematik atau khusus ini diantaranya adalah peta curah hujan (isohyet) dan juga peta kepadatan penduduk suatu daerah.

Berikut itu merupakan jenis-jenis peta dan fungsinya jika didasarkan dari isi peta tersebut. Akan tetapi juga ada klasifikasi atau jenis-jenis peta lain yang dibuat dengan maksud serta tujuan tertentu. Contoh peta-peta tersebut diantaranya adalah peta pendidikan, peta ilmu pengetahuan, peta informasi umum, dan juga peta turis.

Kemudian, masih ada juga penggolongan jenis-jenis peta dan fungsinya yang penggolongan ini didasarkan pada bentuk dari peta tersebut untuk penyajian data. Jenis peta yang pertama adalah peta foto atau photo map, kemudian yang kedua adalah peta garis atau line map, dan yang terakhir adalah peta digital atau digital map.

Setiap jenis-jenis peta dan fungsinya tersebut memiliki karakteristik dan fungsinya masing-masing. Yang mana setiap jenis peta tersebut pasti sangat bermanfaat bagi Kita dalam proses Kita untuk mempelajari geografi itu sendiri maka dari itu jenis-jenis peta ini sangat bermanfaat untuk dipelajari.


Penulis: Kazou Media

0 komentar

Posting Komentar