Beragam Teknik Analisis Data Geografis

Beragam Teknik Analisis Data Geografis
Manusia tinggal di bumi sudah sejak ribuan tahun yang lalu. Dengan berbagai keadaannya, manusia beradaptasi dengan memanfaatkan apa yang bumi sediakan melalui alamnya. Bumi terus dipelajari dan diteliti untuk mendapatkan informasi akurat mengenainya. Untuk itu diperlukan teknik analisis data geografis yang akan membantu kehidupan manusia selanjutnya.

Sebelum membahas mengenai teknik analisis data geografis, marilah berkenalan terlebih dahulu dengan yang namanya geografis itu dan apa arti analisis data penelitian itu. Setelah mengetahui tentangnya, akan lebih mudah dalam memilih teknik-teknik yang tepat untuk digunakan.

Apa Itu Geografis dan Analisis Data Itu?

Dalam pengertian geografis sendiri telah di kemukakan oleh beberapa ahli di bidang geografis. Mereka saling mengemukakan dalam bentuk kalimat yang berbeda. Namun semua pengertian dari beberapa ahli tersebut, bisa diambil sebuah kesimpulan.

Geografis berasal dari kata geo yang berarti bumi dan graphein yang berarti lukisan. Jadi geografis adalah keadaan bumi yang dilukiskan atau semua fenomena yang ada di bumi mulai dari permukaannya, alamnya melalui interaksi antara biotik dan abiotik.

Geografis terbagi menjadi dua yaitu geografis fisik dan sosial. Jika geografis fisik membahas mengenai keadaan permukaan bumi dan penampakan alamnya, sedangkan geografis sosial membahas mengenai fenomena sosial masyarakatnya. Sehingga keadaan geografis bumi bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan 5W+ 1H dengan hasil melalui sebuah penelitian data.

Sedangkan analisis data adalah sebuah kegiatan yang terstruktur dan sistematis yang dilakukan oleh peneliti untuk menyelidiki sebuah fenomena-fenomena yang ada di bumi sehingga di ketahui keadaan yang sebenarnya di sana. Analisis data tersebut tidak langsung ada, tetapi diperoleh melalui beragam cara.

Beberapa cara tersebut mulai dari mengobservasi, catatan lapangan, angket, studi kepustakaan hingga dokumentasi keadaan bumi. Setelah data terkumpul baru dilanjutkan mengenai pengujian dan diolah.

{|CATATAN| Berikut rekomendasi artikel terkait:
1) Mengenal Dasar-Dasar Pemetaan, Penginderaan Jauh, dan Sistem Informasi Geografis 
2) Ketahui Jenis-Jenis Peta dan Fungsinya 
3) Sistem Informasi Geografis: Pengertian, Manfaat, dan Jenis Data SIG 
4) Macam-Macam Metode Penelitian Geografis dan Tahapannya 
5) Tujuan Penelitian Geografi yang Utama}

Beragam Teknik Analisis Data Geografis

Macam-macam Teknik Analisis Data Geografis

Setelah mengenal apa itu geografis dan analisis data, mari simak teknik-teknik yang bisa dilakukan dalam mengolah dan menguji data yang sudah didapat tersebut. Teknik analisis data geografis terbagi menjadi 4 macam. Berikut ini penjelasannya:

1.   Analisis Data Kualitatif

Analisis data ini sering dilakukan pada bidang lainnya seperti pendidikan. Namun bedanya adalah ruang lingkup yang akan diteliti. Jika bidang pendidikan berupa masalah-masalah dalam dunia pendidikan namun pada bidang geografis akan menggambarkan semua fenomena yang ada di bumi.

Analisis data geografis ini bersifat induktif di mana data yang ada akan dikembangkan menjadi sebuah teori baru. Data yang ada akan dibandingkan dengan data yang diperoleh di tempat lain secara berulang-ulang sehingga bisa diambil sebuah kesimpulan untuk di tolak atau diterima. Jadi jika data tersebut di terima akan menghadirkan sebuah teori baru.

2.   Analisis Data Kuantitatif

Sama halnya analisis data kualitatif, analisis ini juga bisa dilakukan di bidang lain. Dalam teknik analisis data geografis secara kuantitatif lebih bersifat deduktif. Analisis data kuantitatif lebih berbentuk kumpulan angka-angka atau bilangan. Sehingga setelah data ada, akan diolah menggunakan alat pengolahan angka atau statistika.

Analisis ini bertujuan mengetahui sebuah kebenaran dari teori yang sudah ada sebelumnya dengan keadaan yang sekarang ini. data yang di dapat bisa berupa data ordinal, data interval, atau data rasio. Semua bentuk data tersebut bisa diolah dan dikaji. Selain itu data yang ada sudah terukur dengan penjabaran sebuah nilai. Analisis data kuantitatif geografis membahas mengenai masalah berupa analisis keruangan, ekologi dan kompleks wilayah.

3.   Analisis Data Pengindraan Jauh

Geografis juga menyangkut bentuk permukaan bumi dan penampakan alamnya, maka perlu analisis data ini. Teknik analisis data geografis satu ini bertujuan mengetahui gambaran mengenai bentuk permukaan bumi penampakan alamnya serta informasi mengenai objek-objek yang ada di bumi.

Dengan teknik analisis data geografis ini, Kita bisa melihat kondisi alam suatu daerah dari jauh tanpa harus datang ke lokasi dan melakukan kontak langsung dengan wilayah tersebut. Pengindraan dapat dilakukan dengan memanfaatkan sebuah sensor. Sensor tersebut bisa berupa 5 panca indra seperti mata, telinga, hidung, lidah, dan kulit.

Terdapat pula sensor yang di buat manusia seperti kamera, sonar, scanner, radiometer, dan magnometer. Mengenal komponen dari analisis data ini sebagai berikut:
a)    Tenaga. Karena kegiatannya tidak bisa bersentuhan langsung dengan objek, maka membutuhkan  bantuan tenaga meliputi 2 hal yaitu tenaga alami dari sinar matahari dan sinar bulan dan tenaga buatan. Tujuan dari tenaga ini untuk memancarkan cahaya pada objek dan dipantulkan pada sensor.
b)    Atmosfer. Pengaruh atmosfer pada pengindraan adalah dalam hal penyerapan.
c)    Objek yang di amati.
d)    Sensor. Alat untuk merekam objek di bumi.
e)    Wahana. Transportasi untuk mendukung pengindraan seperti pesawat, balon udara.
f)     Citra/keluaran. Gambaran objek yang nampak.

4.   Analisis Data SIG (Sistem Informasi Geografi)

Jika ketiga teknik analisis data geografis di atas lebuh mengutamakan sebuah kemurnian pikiran manusia, berbeda lagi dengan teknik satu ini. Di mana teknik analisis data ini lebih memanfaatkan sebuah teknologi seperti komputer. Sehingga teknik analisis ini disebut dengan sistem analisis data berbasis komputer.

Tujuan kegiatan analisis dengan bantuan teknologi komputer adalah agar bisa melihat dan menunjukkan lokasi yang akan yang akan diteliti dan hasil penelitiannya. Semua fenomena hasil penelitian akan dengan mudah ditampilkan di layar komputer tanpa Kita harus mengamati secara langsung di tempat tersebut. Teknik ini akan menghasilkan gambaran jelas mengenai keadaan geologi, jenis tanah, iklim, hidrologi, topografi, dan budaya.

Di atas telah dijabarkan dengan jelas tentang geografis dan teknik analisis data geografis. Sehingga Anda bisa dengan mudah melaksanakan analisis data geografis.


Penulis: Kazou Media

0 komentar

Posting Komentar