5 Tujuan Penelitian Geografi yang Utama

5 Tujuan Penelitian Geografi yang Utama

Pelajaran Geografi adalah pelajaran yang kita jumpai saat berada di bangku sekolah. Mulai dari jenjang Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah Menengah Pertama, pelajaran Geografi ini menjadi pelajaran wajib.

Di SMA atau sekolah Menengah Atas, pelajaran Geografi hanya akan menjadi pelajaran wajib di kelas X saja, lalu di mulai kelas XI-XII pelajaran ini hanya akan didapatkan oleh siswa yang masuk jurusan IPS. Isi pelajarannya pun akan lebih luas karena sudah mulai menjurus ke tujuan penelitian Geografi.

Sebagai pelajaran wajib, kita hanya akan mempelajari serba-serbi geografi lewat buku pelajaran. Di dalamnya, geografi masih secara umum materinya, yakni dirangkum secara umum sebagai ilmu tentang bumi. Berbeda lagi untuk pelajaran Geografi di penjurusan, cabang-cabangnya lah yang dipelajari.

Salah satu cabang dari Geografi yang dipelajari saat berada di kelas XI adalah ilmu astronomi. Ilmu ini adalah ilmu tentang bintang. Siswa akan mempelajari tentang cara mengukur jarak bintang ke bumi, mengenal berbagai macam bintang yang ada di luar angkasa, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kita pun juga akan mengenal banyak hasil penelitian astronomi yang mengandung tujuan penelitian Geografi khusus, yakni untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas serta menyumbangkan ilmu baru untuk bidang yang dituju.

Selain Astronomi, adapun bidang Geografi yang lainnya, yaitu Geologi, Geofisika, dan beberapa bidang yang lainnya. Setiap cabang tersebut pun bisa dilakukan penelitian, sama dengan penelitian Geografi. Penelitian ini pun juga memiliki tujuan, sama dengan setiap penelitian yang juga memiliki tujuan. Adapun maksud dari peneliti yang merupakan ahli Geografi yang dirangkum dalam tujuan penelitian Geografi sebagai arah penelitian yang dilakukan.

{|CATATAN| Berikut rekomendasi artikel terkait:
1) Mengenal Dasar-Dasar Pemetaan, Penginderaan Jauh, dan Sistem Informasi Geografis 
2) Ketahui Jenis-Jenis Peta dan Fungsinya 
3) Sistem Informasi Geografis: Pengertian, Manfaat, dan Jenis Data SIG 
4) Macam-Macam Metode Penelitian Geografis dan Tahapannya 
5) Beragam Teknik Analisis Data Geografis}

5 Tujuan Penelitian Geografi yang Utama

5 Tujuan Penelitian Geografi

Geografi adalah ilmu tentang bumi, maka objek penelitian Geografi adalah alam. Semua yang ada di alam atau di bumi. Beberapa diantaranya adalah gunung, sungai, laut, batuan, populasi penduduk, fosil, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kebanyakan yang diteliti adalah tentang fosil sebagai referensi mempelajari dunia purba untuk informasi terkini dan juga perkembangan ilmu di masa yang akan datang. Berikut adalah 5 tujuan penelitian Geografi yang perlu kita ketahui :

1.   Menyumbang untuk Kegiatan Perencanaan Daerah Agar Lebih Berkembang dan Maju

Kaitannya juga untuk meningkatkan kualitas kehidupan rakyat, sehingga memberikan efek positif bagi perkembangan teknologi. Hal ini dilakukan dengan meneliti kehidupan orang di masa lampau kemudian mengkajinya menggunakan metode serta alat yang berteknologi. Hasilnya akan dikaitkan dengan kehidupan di masa kini. Apa yang bisa diambil untuk diterapkan, maka akan diterapkan.

2.   Tujuan Penelitian Geografi Secara Umum, Yakni Menjawab Hipotesis

Bisa jadi juga memunculkan hipotesis atau dugaan sementara, karena penelitian memang dipikirkan setelah ada dugaan sementara. Hipotesis ini menjadi kata kunci untuk melakukan penelitian. Di mana hipotesis ini akan berupa pernyataan yang akan dijabarkan ke dalam rumusan masalah. Kalau rumusan masalah inilah yang akan dijabarkan secara detail di pembahasan setelah mendapatkan data.

3.   Menyumbangkan Teori Baru

Ini adalah tujuan penelitian Geografi yang hampir sama dengan penelitian yang dipakai oleh para ahli di masa lampau. Pada saat itu, para peneliti memang melakukan penelitian untuk melahirkan teori baru. Zaman sekarang pun bisa dilakukan lewat penelitian Geografi ini. Bahkan dari beberapa jenis penelitian, peluang melahirkan teori baru adalah pada penelitian geografi ini. Teori ini nantinya akan dimunculkan pada buku teori Geografi untuk dipelajari generasi selanjutnya. Jadi penelitian yang dilakukan di lapangan kemudian menghasilkan sebuah teori yang bisa digunakan untuk menambah pengetahuan serta mengembangkan ilmu Geografi.

4.   Tujuan Penelitian Geografi untuk Masyarakat

Dalam hal ini adalah untuk diterapkan di masyarakat. Kaitannya juga dengan teori atau ilmu yang baru tadi. Di mana ilmu itu akan diuji dan dikaji secara mendalam sehingga akan menghasilkan hak baru yang bisa diterapkan di masanya.

5.   Untuk Pemecahan Masalah Sosial

Untuk tujuan penelitian Geografi ini kaitannya dengan penelitian masalah kependudukan atau lingkungan sekitar. Kependudukan ini kaitannya juga erat dengan ilmu bumi, misalnya adalah tentang masalah Geofisika dan meteorologi. Munculnya bencana alam, kemungkinan munculnya masalah bumi, dan fenomena-fenomena alam lainnya akan berdampak pada kelangsungan hidup penduduk atau masyarakat.

Dengan munculnya bencana tersebut juga lah muncul masalah sosial, karena mental dan fisik masyarakat diuji. Setelah penelitian dilakukan, maka akan ditemukan penyebab, lalu dikaji solusinya. Objek yang dikaji adalah lingkungan sekitar lalu dilakukan penelitian juga di lingkungan sekitar.

Kelima tujuan penelitian Geografi tersebut adalah tujuan umum yang wajib kita pahami, sehingga dalam kehidupan sehari-hari ada kaitan antara penelitian Geografi dengan masalah kependudukan atau masalah yang dihadapi makhluk hidup. Sama seperti sejarah, Geografi juga menguatkan hal-hal yang terjadi di masa lampau serta kaitannya dengan masa kini. Bahkan bisa dikatakan Geografi juga bisa mendampingi penelitian tentang sejarah.

Dengan mengadakan penelitian yang memiliki salah satu tujuan penelitian Geografi tersebut, maka pemecahan masalah yang kita inginkan akan segera diketemukan. Hampir semua masalah yang ada di lingkungan sosial kita pun bisa diselesaikan dengan baik kalau kita juga mengkaji tentang masalah di lingkungan sekitar.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, metode yang dilakukan pun juga harus tepat. Banyaknya metode pilihan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Bahkan bisa menggunakan lebih dari satu metode.

Tanpa adanya tujuan penelitian Geografi, maka penelitian tidak akan bisa dilakukan. Tidak ada arah penelitian yang akan dituju. Perubahan yang diinginkan pun tidak akan pernah terjadi juga.


Penulis: Kazou Media

0 komentar

Posting Komentar