Tujuan dan Manfaat Konservasi Tanah

Tujuan dan Manfaat Konservasi Tanah

Tanah memiliki jenis-jenis yang beragam mulai dari tanah andosol, tanah grumosol, tanah humus, tanah liat, tanah kapur dan banyak macam lagi. Tanah akan mengalami pelapukan dengan berbagai macam jenis setelah itu ia akan melakukan perkembangan tujuannya agar tanah siap digunakan dalam media tanam. Selama tanah melakukan tugasnya, kita sebagai manusia juga harus memanfaatkannya secara bijak dan menjaganya agar tidak mengalami kerusakan hal ini disebut konservasi. Mari cari tahu apa saja manfaat konservasi tanah itu.

Kegiatan konservasi tanah ini telah ditentukan melalui surat keputusan dari beragam menteri mulai dari Menteri Luar Negeri, Menteri Kehutanan, hingga Menteri Pekerjaan Umum. Kegiatan konservasi tanah ini menggunakan strategi dan metode yang mana itu bisa dilakukan dengan memerhatikan kondisi tanah terlebih dahulu. Konservasi tanah ini harus dilakukan oleh berbagai pihak tidak hanya bagian kehutanan namun juga peran masyarakat. Sehingga manfaat konservasi tanah bisa dirasakan.

Tujuan Konservasi Tanah

Kegiatan konservasi tanah mempunyai tujuan yang ingin dicapainya. Tujuan-tujuan tersebut untuk mengetahui manfaat konservasi tanah. Tujuan itu meliputi:
1)    Menjamin tanah bahwa ia siap mendukung kehidupan manusia sehingga bisa lebih seimbang.
2)    Melindungi supaya tanah dengan beragam jenisnya tidak mengalami kerusakan yang bisa menimbulkan kerugian bagi manusia dan makhluk hidup lainnya seperti hewan dan tumbuhan.
3)    Jika tanah sudah terdeteksi mengalami kerusakan, bisa dilakukan rehabilitasi untuk tanah. Sehingga tanah bisa kembali pada situasi awal dengan tanah sehingga kembali produktif.
4)    Membantu tanah agar menjadi kokoh dan lebih mantap. Sehingga tanah tidak mengalami erosi yang bisa mengakibatkan kerusakan.
5)    Melindungi cagar alam yang didalamnya terdapat berbagai makhluk hidup. Kelestarian cagar alam ini dipengaruhi oleh macam-macam kondisi lingkungan.

Manfaat Konservasi Tanah

Selain mempunyai tujuan, kegiatan konservasi tanah ini juga mempunyai manfaat. Manfaat konservasi tanah itu terbagi menjadi berbagai bidang meliputi:

Manfaat konservasi tanah bidang ekosistem:
1)    Kegiatan konservasi ini berfungsi melindungi kekayaan ekosistem mulai dari ekosistem sawah, hutan, dan ekosistem alami lainnya. Sehingga keseimbangan ekosistem bisa terjaga.
2)    Menjaga makhluk hidup baik flora maupun fauna yang mungkin akan mengalami kepunahan atau kelangkaan. Dengan tanah yang beroptimal baik maka fauna maupun flora bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.
3)    Menghindarkan tanah dari erosi. Dengan adanya erosi bisa saja menimbulkan kerugian banyak bagi makhluk hidup lainnya.

Manfaat konservasi tanah bidang ekonomi:
1)    Jika tanah mengalami kerusakan, menyebabkan banyak makhluk hidup mengalami kerusakan bahkan kepunahan atau kelangkaan. Kerusakan tersebut akan menimbulkan banyak kerugian yang harus dibayar. Dengan adanya konservasi, hutan lindung atau cagar alam akan mengatasi kerusakan tersebut. Sehingga meminimalisir kerugian yang bisa saja terjadi.
2)    Manfaat konservasi tanah lainnya yaitu Meminimalisir kerugian yang bisa terjadi akibat banyaknya tumbuhan yang mati karena tanah yang hilang kesuburan. Ini karena tanaman banyak mengandung obat-obatan alami dan bahan pangan yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Upaya-upaya Konservasi Tanah

Setelah mengetahui manfaat konservasi tanah yang bisa dihasilkan, maka perlu diketahui upaya-upaya yang bisa dipakai dalam kegiatan konservasi tanah:

1.      Membuat Terasering

Teknik ini membuat timbunan tanah dengan cara melintang atau memotong kemiringan lahan. Teknik ini diterapkan di daerah seperti pegunungan atau perbukitan.

2.      Pembuatan Saluran Air (Waterways)

Teknik ini dilakukan dengan membuat jalur khusus untuk air yang akan mengalir. Tujuannya untuk menghindari permukaan tanah terkonsentrasi dari bahan yang membahayakan.

3.      Mineralisasi

Kegiatan ini dilakukan dengan penambahan mineral untuk tanah. Tujuan dengan diadakan mineralisasi ini untuk mencegah hilangnya mineral kecil atau mikro dan mineral besar atau makro. Selain itu dengan adanya mineralisasi ini untuk menambah nutrisi bagi tumbuhan yang diperlukan selama pertumbuhan dan perkembangannya.

4.      Melestarikan Organisme Menguntungkan

Organisme yang bisa membantu melakukan penggemburan dan penyuburan untuk tanah adalah cacing tanah. Ia akan membantu mempercepat tanah untuk kembali ke fungsi asalnya. Untuk itu, diperlukan cara untuk melestarikan hewan satu ini. Cacing tanah akan melakukan mengolah dan mengekskresikan feses menjadi sebuah padatan, nutrisi, maupun mineral. Setelah diekskresikan kemudian diendapkan dengan bantuan akar tanaman.

5.      Pengendalian Keasaman

Tanah mempunyai tingkat keasaman yang tinggi dan kadar garamnya. Untuk itu, harus diperhatikan dan dikendalikan keasaman tersebut. Jika tanah mempunyai keasaman yang tinggi, maka banyak tanaman yang akan mengalami kesulitan dalam tumbuh dan berkembang. Cara mengatasi dan mengurangi keasaman yang ada di dalam tanah dengan cara melakukan pengapuran pada tanah tersebut. Dengan pengapuran ini diharapkan PH tanah akan kembali normal.

6.      Pengaturan Salinitas

Di dalam tanah juga ada kadar garamnya. Kadar garam ini juga mempengaruhi metabolism tanaman untuk tumbuh dan berkembang. Kadar garam yang tinggi ini bisa ada di daerah kering karena kurangnya asupan air atau irigasi yang kurang. Kadar garam ini juga harus segera diatasi agar tanaman yang ada di permukaan tanah bisa tumbuh dan berkembang secara optimal.

7.      Pembuatan Tanggul Tanah

Tanah di daerah pegunungan atau perbukitan harus diatur kontur tanah tersebut. Tanggul ini dibuat sejajar dengan kontur tanah yang telah ada. Tujuannya untuk mengurangi aliran permukaan tanah akibat adanya air atau disebut run off.

Semua manfaat konservasi tanah tersebut bisa di dapat setelah tanah mengalami perbaikan dan mendapat perhatian dari pihak konservasi. Untuk mendapat semua manfaat yang ada itu harus dilakukan secara seimbang antara semua manusia.


Penulis: Kazou Media

0 komentar

Posting Komentar