Permasalahan Perangkat Keras Komputer

Permasalahan Perangkat Keras Komputer

Kita sebagai pengguna komputer terkadang menemui permasalahan ketika sedang menggunakan komputer, entah itu komputer yang tidak mau menyala, tampilan yang error, atau muncul suara-suara aneh yang kita sendiri tidak tahu apa penyebabnya. Masalah seperti ini bisa saja menimpa perangkat keras ataupun perangkat lunak komputer kita.

Permasalahan seperti ini sebenarnya bukan hal yang baru, dalam artian sering dialami oleh pengguna komputer. Oleh karena itu penting bagi kita sebagai pengguna komputer untuk dapat menganalisis permasalahan yang ada pada perangkat komputer kita agar kita tahu apa solusi yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam hal ini berikut beberapa permasalahan perangkat keras komputer dan cara mengatasinya.


Permasalahan Perangkat Keras Komputer


Permasalahan Pada Power Supply

Gejala permasalahan pada power supply terlihat ketika menyalakan PC tidak terdapat reaksi apapun, lampu LED tidak menyala, kipas tidak berputar, dan lampu indikator monitor tidak menyala kecuali ada indikasi monitor. Beberapa masalah ini menunjukkan masalah besar dengan power supply.

Oleh karena itu untuk mengatasi masalah perangkat keras pada komputer ini, periksa terlebih dahulu apakah kabel sudah tersambung dengan benar. Kemudian lihat steker yang terhubung ke stop kontak. Apakah ada tombol on/off di bagian belakang power supply yang sudah menyala.

Jika Anda yakin semuanya benar tetapi Anda tidak mendapatkan tanggapan apa pun. Ganti kabel listriknya. Temukan kabel sempurna karena masalah ini bisa terjadi karena tidak ada tegangan di dalamnya. Ini akan merusak kabel listrik. Jika PC Anda hidup tetapi tidak responsif, tidak ada tampilan di monitor, LED tidak menyala, kipas PSU tidak berfungsi, lampu indikator menyala, coba solusi di atas. Namun, jika Anda masih tidak mendapatkan hasil apa pun, Anda memiliki masalah daya.

Oleh karena itu, ganti adaptor daya dengan yang baru. Namun sebelum itu, Anda harus lebih berhati-hati saat memasangnya. Lagi pula, jika ternyata kerusakan terjadi di area PSU, setelah diganti, komputer dapat dengan cepat kembali ke operasi normal. Jika ada komponen lain yang gagal, PC tidak akan menyala.

Baca juga artikel terkait berikut:

1) Komponen Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya 

2) Perangkat Lunak Komputer dan Fungsinya 

3) Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Fungsinya

 

Permasalahan Pada Harddisk

Tanda-tanda yang bisa terlihat ketika ada kerusakan pada harddisk adalah ketika CPU dinyalakan pada saat melakukan proses post proses tidak akan berlanjut setelah pemrosesan. Bahkan diam untuk sementara waktu dan tidak masuk ke sistem operasi. Setelah itu muncul pesan di layar monitor, ada hard disk error, hard disk failur, ada pesan tekan f1 untuk melanjutkan.

Jika Anda menekan F1 dan masih mendapatkan pesan bahwa sistem operasi tidak ditemukan, solusi kerusakan perangkat keras komputer adalah dengan memeriksa kabel daya dan juga kabel data yang terhubung ke hard disk. Periksa kelonggaran. Sebaiknya kencangkan kabel terlebih dahulu, kemudian nyalakan.

Lihat apakah Anda dapat mendengar suara yang berasal dari hard disk Anda. Jika suaranya tidak normal, hard disk di bagian pengontrol rusak. Namun, situasinya berbeda ketika gejala muncul seperti ketika Anda menyalakan CPU, Anda mendapatkan pesan bahwa sistem operasi tidak ditemukan. Ini bisa menjadi masalah dengan sistem operasi Anda. Jadi harus install ulang.

 

Permasalahan Pada Mother Board

Jika prosesor adalah walikota. Dalam hal ini, motherboard adalah komunitas. Di sana, bagian-bagian komputer terhubung dan berkomunikasi satu sama lain. Jika ada masalah dengan motherboard, itu bisa menjadi masalah yang lebih besar daripada sekadar mengganti perangkat. Ketika itu terjadi, seolah-olah kota itu kebanjiran. Artinya, akan banyak korban jiwa akibat peristiwa ini. Meskipun demikian, motherboard umumnya kuat. Oleh karena itu, sangat tahan gores dalam penggunaan sehari-hari. Namun demikian, untuk memperbaiki bagian ini dan memastikan tidak rusak, Anda harus melakukan hal berikut:

CPU terlalu panas. Overheating atau kepanasan pada CPU merupakan penyebab utama kerusakan hardware komputer. Komponen CPU yang umum termasuk hard drive, prosesor, VGA, dan RAM. Beberapa komponen tersebut dapat merusak motherboard jika tidak segera diperbaiki. Jadi gunakan kipas ekstra untuk mengatasi hal ini.

Bagian IC terbakar. Ini adalah bagian dari pengontrol yang memungkinkan Anda menjalankan pekerjaan dari komponen PC Anda. IC yang buruk dapat merusak motherboard, terutama jika korsleting dan terbakar. Oleh karena itu, kurangi panas yang berlebihan untuk menghindari pengapian di IC. Sehingga masalah ini bisa lebih diminimalisir.

Arus dan tegangan tidak stabil. Inilah salah satu penyebab kerusakan motherboard PC. Tegangan dan supply daya yang tidak stabil ini menyebabkan motherboard tidak menerima daya sebagaimana mestinya. Sehingga bagian ini menjadi masalah dan membuat sistem tidak dapat berjalan dengan baik. Pada akhir munculnya kerusakan pada motherboard.

Jika Anda membiarkan motherboard ini apa adanya dan merusaknya, akan menyebabkan burnout. Ini biasanya terjadi ketika tegangan listrik dan catu daya terlalu tinggi. Ingin tahu mengapa? Ada dua alasan mengapa catu daya dapat merusak motherboard. Yaitu karena buruknya kualitas catu daya. Oleh karena itu, power supply ini sering mengalami kerusakan. Selain itu, tegangan rumah (AC) yang sering berfluktuasi dan sering tidak stabil juga dapat merusak motherboard. Selain itu, ditemukan bahwa pengguna laptop yang menggunakan baterai laptop KW ini dapat mengalami ketidakstabilan daya. Jadi jika Anda terus melakukan ini, Anda akan merusak motherboard Anda.

Ini bisa terjadi karena dari awal Anda tidak menggunakan tegangan yang tepat seperti yang seharusnya. Maka dari itu, pastikan tegangan listrik dirumah Anda selalu stabil. Agar PC dan laptop tidak cepat rusak. Karena sayang sekali jika harus mengganti hardware hanya karena tegangan listrik yang bermasalah.


Permasalahan pada Floopy Disc dan CD/DVD/ROM/RW

Kemungkinan gejala floppy disk atau DVD/CD/RW/ROM yang rusak adalah Windows tidak mengenalinya, tidak dapat mengeluarkan atau memasukkan CD, tidak dapat membaca, menulis, atau hanya dapat membaca CD. Gejala kerusakan disk adalah tidak dapat dibaca atau ditulis, bahkan tidak dilindungi penulisan.

Untuk memperbaikinya, periksa dulu kabel dan kabel daya Anda. Selanjutnya, periksa pengaturan BIOS Anda. Periksa lampu LED. Jika tidak menyala berarti controller rusak, motor karet rusak, optik rusak, jadi reposisi optik, bersihkan kepala yang kotor dan coba lagi. Kerusakan perangkat keras komputer harus diperbaiki.


Permasalahan Pada Komputer yang Reboot Sendiri Bahkan Mati

Masalah ini biasanya terjadi pada komputer kita karena masalah perangkat keras. Terutama prosesor yang ketinggalan jaman atau terlalu panas. Overheat CPU ini biasanya disebabkan oleh kinerja kipas pendingin yang kurang optimal, atau bisa juga karena pasta termal CPU yang mengering.


Permasalahan Pada Komputer yang Mengeluarkan Bunyi Beep

Bunyi beep ini biasanya terdengar saat pertama kali kita menyalakan komputer. Bunyi beep ini biasanya terdengar ketika terjadi kesalahan pada salah satu hardware yang terpasang di komputer. Namun perlu diingat bahwa tidak setiap bunyi beep berarti masalah, karena beberapa BIOS akan berbunyi beep sekali saat boot, yang menunjukkan komputer normal.


Permasalahan Pada CPU yang Menyala, Tetapi Monitor Tidak Menampilkan Apapun

Masalah ini biasanya terjadi karena RAM tidak terdeteksi dengan sempurna. Karena fungsi RAM adalah penyimpanan sementara (menyimpan proses yang sedang berjalan) jika ada masalah dengan RAM, tidak ada perangkat yang dapat menyimpan proses yang sedang berjalan, sehingga tidak ada yang dapat ditampilkan di layar.

Selain RAM, bisa juga karena kabel VGA yang disambungkan ke monitor tidak tersambung dengan baik. Jika Anda menggunakan kartu VGA, tidak perlu menghubungkan kabel VGA melalui port VGA terintegrasi pada motherboard.


Permasalahan Pada Komputer yang Mati Total

Dalam keadaan mati total ini, biasanya terkait dengan arus, apakah komputer menerima arus suplai atau tidak. Jadi jika komputer tidak dinyalakan, komputer tidak akan pernah menyala. Anda dapat menguji dari kabel daya yang mengarah ke catu daya, unit catu daya, atau bahkan kabel panel depan. Jika tidak ada masalah dengan catu daya, itu pasti kesalahan motherboard.


Permasalahan Pada Komputer yang Sering HANG

Biasanya, komputer hang disebabkan oleh terlalu banyak data yang akan diproses yang tidak dapat mengimbangi kapasitas buffering dari CPU dan RAM atau untuk sementara menahan data yang diproses. Karena RAM memiliki kapasitas yang terbatas, semakin banyak aplikasi yang dijalankan maka semakin banyak pula RAM yang akan habis. Nah dalam kondisi ini komputer akan mengalami HANG karena tidak cukup kuat untuk menjalankan perintah yang sedang berjalan.


Permasalahan Blue Screen

Biasanya komputer yang mengalami layar biru ini akan restart sendiri setelah itu. Biasanya situasi ini disebabkan oleh perangkat keras yang salah, penginstalan perangkat lunak driver, bahkan mungkin karena virus.


Permasalahan Pada Browser Home Page, Default Search Engine, dan Default Browser yang Berubah Sendiri

Penyebab masalah ini adalah ketika kita menginstal aplikasi secara sadar atau tidak sadar. Yang paling sering terjadi adalah ketika kita mengunjungi sebuah website yang memiliki banyak iklan pop-up dan kita secara tidak sengaja mengkliknya, sehingga kita bahkan tidak tahu bahwa kita telah menginstal sebuah program yang dapat dimodifikasi antarmuka homepage dan pencarian default mesin. Selain karena internet, bisa juga disebabkan ketika kita menginstal sebuah aplikasi kemudian aplikasi tersebut mengusulkan untuk menginstall toolbar pada web browser kita.


Permasalahan Ketika Tidak Bisa Terhubung dengan Jaringan

Dalam kondisi ini, komputer kita tidak dapat terhubung ke komputer lain di jaringan. Komputer tidak dapat terhubung ke jaringan karena kurangnya kartu jaringan atau kartu jaringan di komputer, konfigurasi pengaturan alamat IP yang salah atau tidak sesuai, kerusakan pada kartu jaringan atau media koneksi seperti kabel atau nirkabel.


Permasalahan Ketika Komputer Bisa Menyala, Tetapi Tidak Bisa Masuk ke Sistem Operasi

Masalah ini dapat disebabkan oleh dua alasan, perangkat keras dan perangkat lunak. Karena ini terkait dengan sistem operasi, perangkat keras yang paling rentan terhadap masalah ini adalah hard disk. Karena sistem operasi disimpan di hard disk ini, jika hard disk tidak terpasang dengan benar, kita tidak akan pernah bisa menggunakan sistem operasi yang ada.

Selain perangkat keras, masalah ini juga dapat muncul dari masalah pada sistem, seperti hilangnya file penting di sistem operasi, virus, atau bahkan partisi yang diformat tempat sistem operasi diinstal. .


Permasalahan Ketika Tidak Bisa Online di Internet

Ada beberapa penyebab utama dari masalah ini, yaitu: tidak ada koneksi internet, komputer kita tidak terhubung ke jaringan komputer, komputer kita diblokir untuk mengakses internet, dan konfigurasi pengaturan browser hilang atau salah.


Posting Komentar untuk "Permasalahan Perangkat Keras Komputer"