11 Alasan Mengapa Kita Harus Belajar Pemrograman

11 Alasan Mengapa Harus Belajar Pemrograman

Pemrograman adalah proses pengembangan program komputer, perangkat lunak, aplikasi, dan situs web. Komputer saat ini tidak dapat berpikir sendiri. Komputer hanya menjalankan instruksi yang diberikan kepadanya atau sudah disimpan dan siap untuk dieksekusi. Komputer meminta pengguna dengan serangkaian instruksi yang memberi tahu mereka apa yang harus dilakukan.

Algoritma adalah urutan langkah-langkah yang diambil untuk menyelesaikan tugas tertentu. Contoh sederhana dari algoritma adalah langkah membeli tiket bioskop secara langsung. Langkah-langkahnya adalah Anda harus pergi ke teater, memilih film yang ingin Anda tonton dan waktunya, lalu mengantri di box office, lalu memilih posisi tempat duduk teater dan jumlah tiketnya, membayar harga total tiket dan menerima tiketnya. dari staf. Algoritma dibuat untuk dipahami oleh manusia dan komputer.

Algoritma tersebut akan diterjemahkan ke dalam kode program untuk memberikan urutan instruksi pada perangkat komputer. Algoritma dan pemrograman mengatur cara kerja sistem komputer, membuat orang berkomunikasi dengan cara baru, dan membantu menyelesaikan banyak masalah lainnya. Proses pembuatan program yang efektif meliputi pemilihan informasi yang tepat untuk digunakan, bagaimana mengolah dan menyimpan informasi tersebut, memecahkan masalah besar dalam kasus kecil, menggabungkan solusi yang ada dan mencoba menganalisis solusi baru lainnya.

Pemrograman adalah proses pengembangan program komputer, perangkat lunak, aplikasi, dan situs web. Komputer saat ini tidak dapat berpikir sendiri. Komputer hanya menjalankan instruksi yang diberikan kepadanya atau sudah disimpan dan siap untuk dieksekusi. Komputer meminta pengguna dengan serangkaian instruksi yang memberi tahu mereka apa yang harus dilakukan. Perintah yang dipahami komputer disebut "kode". Pemrograman adalah bagian sentral dari kurikulum ilmu komputer karena membantu Anda mengembangkan keterampilan penting seperti pemecahan masalah, logika, dan pemikiran kritis.

Di sekolah Anda akan belajar pemrograman visual, juga dikenal sebagai pemrograman blok. Pemrograman visual adalah bahasa pemrograman yang memungkinkan Anda membuat program dengan mengatur elemen visual secara grafis, alih-alih menulisnya sebagai teks. Elemen visual pemrograman visual berupa blok-blok grafis yang dapat disusun untuk membentuk sebuah program. Setiap elemen visual mewakili struktur instruksi atau kontrol.

Dengan pemrograman visual, pemrograman seperti ketika Anda menggabungkan balok atau Lego untuk membangun gedung, pesawat, atau yang lainnya. Namun, hasilnya bukanlah objek sebenarnya melainkan sebuah "program" yang ketika dijalankan menghasilkan efek yang menakjubkan, seperti animasi atau bahkan game. Seperti halnya di Indonesia yang memiliki beberapa bahasa, pemrograman visual juga menawarkan banyak bahasa pemrograman.

Baca juga artikel terkait berikut:

1) 10 Alasan Pentingnya Mempelajari Informatika 

2) 4 Fondasi Berpikir Komputasional Besarta Contohnya 

3) Fungsi Bilangan Biner Pada Komputer


11 Alasan Mengapa Kita Harus Belajar Pemrograman


Mengapa Perlu Belajar Pemrograman?

Belajar programming (termasuk coding) tidak hanya diperlukan untuk menjadi programmer (professional programmer) saja. Pemrograman diperlukan dalam bidang apa pun, sama seperti siapa pun yang perlu belajar untuk menulis. Berikut beberapa alasan kenapa kita harus belajar pemrograman:

1)    Komputer mengembangkan keterampilan yang berguna untuk mempelajari bidang lain termasuk matematika, sains, pemecahan masalah, kerja tim, pembelajaran berbasis proyek, seni kreatif, dan banyak lagi. Seperti yang dikatakan Steve Jobs (pencipta komputer Apple yang sangat terkenal): "kode yang mengajarkan Anda untuk berpikir."

2)    Belajar kode sama bermanfaatnya dengan belajar bahasa asing. Semakin cepat Anda mulai belajar bahasa asing (bahkan jika Anda lahir di luar negeri), semakin mudah untuk mempelajari dan menguasainya. Perbedaannya adalah bahasa pemrograman dirancang agar Anda dapat memberi tahu komputer untuk melakukan apa yang Anda minta.

3)    Saat ini dan di masa depan, diperkirakan akan banyak pekerjaan yang membutuhkan keterampilan pemrograman di seluruh dunia. Pemrograman komputer mengajarkan keterampilan praktis yang relevan dengan pasar kerja hari ini dan masa depan.

4)    Meningkatnya permintaan tenaga kerja di bidang lain yang membutuhkan keterampilan pemrograman masih terus meningkat. Jika Anda tahu cara memprogram, Anda akan dengan mudah bekerja dimana saja.

5)    Ilmu komputer adalah ilmu yang digunakan disegala bidang karena setiap bidang membutuhkan komputer. Komputer menguasai hampir setiap industri, mulai dari pendidikan hingga pertanian, hukum hingga bisnis, dan konstruksi hingga kedokteran. Perangkat lunak (program komputer) ada di balik itu semua.

6)    Coding adalah seni terbaru dan memungkinkan kreativitas Anda tanpa batas. Banyak seniman saat ini membuat karya menggunakan program komputer.

7)    Pemrograman mengajarkan Anda tentang kehidupan nyata. Mempelajari bahasa pemrograman bisa dikatakan mudah, mudah tapi sulit. Saat mendesain program komputer, Anda akan menemukan lebih banyak kesalahan dalam kode pemrograman. Yang harus Anda lakukan adalah menganalisis kesalahan dan menemukan solusi terbaik. Untuk mempelajari bahasa pemrograman apa pun, Anda perlu menguji secara teratur. Trial and error merupakan hal yang lumrah dalam kehidupan programmer.

8)    Pemrograman membuat Anda kreatif. Dunia programmer sangat erat kaitannya dengan dunia software. Seorang programmer harus berpikir kreatif dan berpikir out of the box. Kenapa begitu? Ini karena industri perangkat lunak mencari orang-orang dengan pola pikir yang berbeda. Kemampuan ini digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak yang dirancang lebih kaya fitur daripada perangkat lunak sejenis.

9)    Pemrograman membuatnya mudah. Bayangkan saat tidak ada komputer, perangkat, atau teknologi. Ketika kita melakukan sesuatu pasti akan lambat, apalagi menghitung untung rugi perusahaan. Tanpa bantuan teknologi, menghitung profitabilitas bisnis akan memakan waktu lama. Namun tidak seperti saat ini, perangkat lunak dirancang untuk menyederhanakan perhitungan ini. Biasanya memakan waktu 1 bulan, berkat pemrograman, laporan diisi dalam hitungan menit.

10) Kesempatan berkarir. Seperti yang sudah disinggung di awal pembahasan ini, peluang kerja bagi orang-orang yang memiliki skill programming masih terbuka lebar. Dan tahukah Anda bahwa pemrograman adalah salah satu pekerjaan dengan bayaran tertinggi di dunia kerja. Seorang web developer bisa mengantongi puluhan juta sebulan. Bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan dua digit, Anda bisa mulai belajar bahasa pemrograman dari sekarang.

11) Pemrograman mengajarkan Anda untuk gigih. Untuk menjadi pemrogram profesional, Anda harus melalui siklus terus-menerus “coba-coba, eror, perbaiki, dan ulangi”. Mereka dilatih berpikir logis, cepat dan cepat menemukan solusi terbaik. Maka tidak mengherankan jika banyak programmer pemula yang tidak terbiasa dengan siklus ini dan akhirnya berganti karir.


Posting Komentar untuk "11 Alasan Mengapa Kita Harus Belajar Pemrograman"