Dampak Gempa Bumi Secara Umum

Dampak Gempa Bumi Secara Umum

Tidak bisa dipungkiri lagi jika Indonesia baru-baru ini diguncang dengan gempa yang mencapai 7,4 skala richter, tepatnya di Palu hingga menyebabkan berbagai kerugian material maupun non-material hingga kehilangan nyawa. Menanggapi adanya dampak gempa bumi yang sangat besar tersebut, tidak mengherankan jika berita ini sempat menyebar ke berbagai belahan dunia dan membuat bumi Indonesia menangis pada saat itu.

Peristiwa gempa bumi ini pada dasarnya memang jauh berada di luar kendali manusia mengingat yang demikian ini adalah fenomena alam atas pergeseran dari lempengan bumi. Adanya kejadian ini, tidak mengherankan jika kemudian dampak gempa bumi secara umum akan sangat besar tergantung dari intensitas skala gempa tersebut. Semakin besar kekuatan gempa, maka semakin besar pula kerusakan yang diakibatkan oleh gempa tersebut.

Dampak Gempa Bumi Secara Umum

Dampak Gempa Bumi Secara Umum

Tidak hanya itu saja, bahwa gempa bumi yang terjadi di dekat perairan juga sangat berpotensi terjadinya tsunami sehingga tingkat kerugian yang ditanggungpun juga semakin besar. Lantas, apa yang sebenarnya menjadi dampak gempa bumi itu? Berikut ini beberapa ulasan singkat mengenai dampak dari sebuah gempa bumi secara umum:

1.   Terangkatnya Berbagai Jenis Mineral dari Dalam Bumi

Siapa sangka jika dampak gempa bumi salah satunya adalah terangkatnya ragam jenis mineral yang terdapat di dalam bumi. Hal ini disebabkan oleh adanya pergerakan lempeng tektonik atau yang lebih dikenal dengan sebutan lempeng bumi atau sesar tektonik. Jika pada sesar tersebut memiliki kandungan mineral, maka secara tidak langsung akan menyebabkan berbagai mineral tersebut naik ke permukaan tanah.

2.   Terjadinya Fenomena Alam Tsunami

Sebuah gempa bumi yang terjadi di dekat perairan akan sangat berpotensi terjadinya tsunami yang besar. Kondisi semacam ini disebabkan oleh adanya pergerakan lempeng atas adanya arus konveksi yang  terdapat di dalam tanah. Jika pusat gempa tersebut ada di dalam samudra, maka dampak gempa bumi sangat besar mengakibatkan tsunami. Adanya gelombang tsunami menyebabkan ombak yang besar dan mengakibatkan kerugian tertentu.

3.   Terjadi Longsor

Untuk dampak gempa bumi yang lainnya adalah terjadinya longsor ataupun guncangan tanah. Peristiwa yang semacam ini disebabkan oleh adanya kekuatan dari tenaga endogen. Jika sebuah getaran sangat keras, maka hal ini menyebabkan adanya masa batuan sekaligus juga tanah keluar, sehingga akan mengakibatkan yang namanya longsor.  Adanya longsor ini sering kali juga menyebabkan berbagai kerugian yang sangat memprihatinkan.

{|CATATAN| Jangan lewatkan rekomendasi artikel terkait berikut ini:
1) Penjelasan Singkat Proses Terjadinya Gempa Bumi 
2) Penyebab Terjadinya Gempa Bumi 
3) Langkah Penanganan Gempa Bumi 
4) Jenis-Jenis Gempa Bumi dan Faktor Penyebabnya}
 

4.   Terjadi Bencana Banjir

Guncangan yang sangat keras pada saat sedang gempa bumi sering kali menyebabkan air pada waduk yang sangat besar juga mengalami guncangan. Jika kondisi ini pada tingkatan yang sangat parah, maka dampak gempa bumi selanjutnya adalah banjir. Jika banjir tersebut terjadi, maka sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika fungsi sungai akan menjadi kurang maksimal mengingat semua air akan meluber ke sungai terdekat.

5.   Terjadi Peristiwa Kebakaran

Getaran yang sangat hebat pada saat terjadi gempa bumi juga bisa menyebabkan banyak bangunan roboh dan pastinya akan membuat aliran listrik mengalami permasalahan. Kaitannya dengan dampak gempa bumi, maka bisa jadi peluang kebakaran yang disebabkan oleh terputusnya arus listrik akan sangat besar. Parahnya lagi, jika material yang ada di sekitar adalah bahan mudah terbakar, maka kebakaran tidak bisa dielakkan.

6.   Bangunan yang Hancur

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika dampak gempa bumi yang terjadi di beberapa wilayah yang ada di Indonesia ini adalah adanya kerusakan bangunan yang sangat parah. Bahkan, kerusakan tersebut juga dipengaruhi oleh tingkat kekuatan dari gempa yang terjadi. Selain itu, jika jarak titik gempa dengan lokasi sangat jauh, maka yang terjadi adalah resiko kerusakan yang lebih minim.

Mengapa dampak gempa bumi bisa mengakibatkan bangunan menjadi hancur? Dikatakan bahwa hal ini sangat erat kaitannya dengan pergerakan dari dalam tanah atas bertumbukannya lempeng sehingga getaran yang dirasakan pun akan sangat jelas terasa. Pada rumah dengan konstruksi yang tidak kuat, maka potensi roboh akan sangat tinggi dibandingkan dengan beberapa rumah yang kuat, sekalipun hal ini tidak menjamin seutuhnya.

7.   Memunculkan Berbagai Penyakit

Sering kali dampak gempa bumi menyebabkan adanya permasalahan atas kerusakan berbagai fasilitas umum, sehingga banyak wilayah yang kemudian mengalami krisis air bersih. Padahal, jika melihat kenyataannya, kebutuhan air bersih sangat penting pada kondisi semacam ini. Saat banyak orang mengeluhkan permasalahan ini, maka akan muncul berbagai permasalahan penyakit.

Untuk beberapa jenis penyakit yang sering kali muncul karena adanya dampak gempa bumi diantaranya adalah TBC, batuk, tipes dan masih banyak lagi termasuk di dalamnya diare karena makanan yang dimakan terkadang kurang sehat. Tidak mengherankan jika banyak penyakit yang kemudian menjangkiti para korban gempa bumi.

8.   Banyak Menelan Korban Jiwa

Sebuah bencana selalu mengakibatkan berjatuhannya korban jiwa dalam jumlah yang sangat besar. Dampak gempa bumi yang demikian ini sering kali membuat orang lain kehilangan sanak saudara yang dicintai. Tidak mengherankan jika ragam dampak gempa bumi ini sering kali menyisakan cerita yang pilu bagi semua orang yang menjadi korban.

Selain dampak gempa bumi yang tersebut di atas, kerusakan lingkungan juga sering kali dikatakan sebagai dampak yang sangat parah. sebelumnya, lingkungan hidup tertata dengan baik, kini setelah terjadi gempa, maka semua menjadi hancur lebur dan pastinya berbagai kerugian juga menjadi hal yang tidak bisa dielakkan lagi. Oleh sebab itu, cobalah untuk menjaga alam agar tetap lestari dan setidaknya hal ini juga membantu meminimalisir atas terjadinya gempa bumi juga.


Penulis: Kazou Media

0 komentar

Posting Komentar