Penyebab Gempa Bumi yang Pernah Terjadi

Penyebab Gempa Bumi yang Pernah Terjadi

Pernahkah anda mengalami kejadian gempa bumi? Siapa sangka jika fenomena alam yang terjadi hampir di sebagian besar wilayah Indonesia ini memiliki sebab musabab yang bisa jadi hanya segelintir orang sajalah yang tahu. Sebelum membahas lebih jauh terkait dengan penyebab gempa bumi, perlu disadari bersama terkait dengan permasalahan gempa bumi yang ada di Indonesia selama ini.

Terlepas dari penyebab gempa bumi, perlu diketahui bahwa gempa bumi merupakan salah satu fenomena alam atas berguncangnya sebagian besar permukaan bumi yang disebabkan oleh faktor manusia ataupun non-manusia. Dengan kata lain, jangan salah sangka terlebih dahulu jika ternyata manusia pun juga turut andil mengenai terjadinya bencana gempa bumi yang sempat terjadi di Indonesia.

Tidak bisa dipungkiri lagi jika Indonesia merupakan negara yang termasuk dalam kawasan sirkum pacific dengan jumlah gunung api yang sangat banyak. Dari kondisi geografi yang demikian ini, maka sangat memungkinkan jika hampir setiap tahun Indonesia selalu ditimpa permasalahan gempa bumi. Terkait dengan penyebab gempa bumi, ada berbagai hal yang memang perlu dipahami bersama.

Penyebab Gempa Bumi yang Pernah Terjadi

Ini Penyebab Gempa Bumi yang Pernah Terjadi Sebelumnya

Untuk penyebab gempa bumi itu sendiri ada berbagai hal yang pastinya hal tersebut berada di luar jangkauan manusia jikalau memang gempa bumi tersebut murni kejadian alam yang tidak ada campur tangan manusia. Namun, beberapa tindakan manusia pun juga sempat menyebabkan potensi sebuah wilayah mengalami gempa bumi. Menindaklanjuti hal tersebut, berikut ini beberapa penyebab dari gempa bumi berdasarkan jenis gempa.

1.   Gempa Tektonik

Dikenal sebagai salah satu jenis gempa yang disebabkan oleh adanya pergeseran dari lempengan bumi, dikatakan bahwa gempa yang satu ini bisa terjadi pada skala yang kecil hingga besar. Terlepas dari penyebab gempa bumi, untuk jenis gempa ini sering kali menyebabkan kerugian berupa kondisi yang porak poranda pada suatu daerah yang ditimpa.

Dalam skala besar, gempa yang terjadi di lautan bisa berpotensi tsunami. Seperti halnya gempa yang sempat terjadi di Lombok kemarin yang menyebabkan kerugian dan kerusakan dalam jumlah yang besar.

Lebih mengerikannya lagi, penyebab gempa bumi tektonik yang dikarenakan oleh pergeseran lempengan tersebut juga bisa mengakibatkan beberapa negara di sekitar tempat kejadian merasakan dampak serius gempa bumi tersebut. secara umum, gempa jenis ini sering melanda wilayah sirkum pacific dan juga sirkum mediterani.

2.   Gempa Vulkanik

Selain gempa tektonik, ada juga gempa vulkanik yang penyebab gempa bumi ini dikarenakan oleh pergerakan magma yang terdapat di gunung berapi. Sering kali kejadian meletusnya gunung berapi ini dikala kondisi gunung masih dalam keadaan aktif sekaligus menjelang detik-detik meletusnya gunung tersebut. Secara umum, gempa ini terjadi karena adanya tekanan yang sangat besar dalam kawah sehingga menyebabkan gesekan lempengan.

Berbeda dengan jenis gempa tektonik, untuk jenis gempa vulkanik ini, getaran yang dirasakan hanya sampai di sekitar lokasi kejadian saja, sehingga tidak merambat ke lokasi lain. Tidak hanya itu saja, bahwa terlepas dari penyebab gempa bumi, gempa vulkanik ini tidak menyebabkan resiko yang berbahaya karena merupakan fenomena alam atas terjadinya gunung meletus. Jenis gempa ini sering terjadi di Indonesia, khususnya di wilayah gunung api.

{|CATATAN| Jangan lewatkan rekomendasi artikel terkait berikut ini:
1) Penjelasan Singkat Proses Terjadinya Gempa Bumi 
2) Dampak Gempa Bumi Secara Umum 
3) Langkah Penanganan Gempa Bumi 
4) Jenis-Jenis Gempa Bumi dan Faktor Penyebabnya}
 

3.   Gempa Bumi Runtuhan

Untuk penyebab gempa bumi runtuhan ini sering kali dikarenakan oleh adanya tanah longsor. Selanjutnya, tanah longsor itu sendiri dikarenakan oleh adanya erosi ataupun juga runtuhnya gunung kapur. Tidak hanya itu juga, ulah manusia seperti halnya runtuhnya suatu penambangan juga sering kali dijadikan sebagai sebab terjadinya gempa bumi runtuhan tersebut.

Pada kejadian gempa bumi runtuhan ini getaran yang dihasilkan atas gempa bumi ini berasal dari jatuhnya bebatuan yang berasal dari longsoran tanah tersebut. Untuk jenis gempa bumi ini sangatlah jarang terjadi di lingkungan dan seandainyapun terjadi, maka bisa dikatakan bahwa terlepas dari penyebab gempa bumi, ada pertanda jika sebuah lingkungan sedang mengalami sebuah kerusakan.

4.   Gempa Bumi Tumbukan

Selain beberapa jenis gempa bumi yang tersebut di atas, dikatakan bahwa ada gempa bumi tumbukan yang mana penyebab gempa bumi ini dikarenakan oleh jatuhnya benda langit pada permukaan bumi seperti halnya asteroid serta meteor.

Adanya kejadian yang demikian ini menjadikan getaran yang sangat hebat sehingga menyebabkan gempa bumi. Selain menyebabkan gempa, adanya kejadian ini juga menyebabkan terciptanya kawah.

Untuk kawah yang tercipta karena adanya gempa bumi meteor ini memiliki ukuran yang sangat bervariasi bisa besar ataupun kecil. Tentunya hal ini tergantung dari ukuran benda langit yang menghantam permukaan bumi tersebut. Tanpa mengesampingkan penyebab gempa bumi, untuk jenis gempa bumi ini sangat jarang terjadi di akhir-akhir ini mengingat tidak ada fenomena alam yang demikian ini.

5.   Gempa Bumi Buatan

Siapa sangka jika selain beberapa jenis gempa di atas, ada yang namanya gempa bumi buatan. Dalam hal ini, penyebab gempa bumi buatan ini dikarenakan oleh adanya penggunaan bahan peledak seperti bom yang notabene adalah ulah jahil tangan manusia. Sering kali, peledak tersebut digunakan untuk meruntuhkan bangunan-bangunan yang tidak digunakan lagi. Adanya pemakaian bahan peledak menyebabkan getaran yang cukup kuat.

Selain itu, untuk penyebab gempa bumi buatan ini juga bisa dikarenakan oleh adanya uji coba bahan peledak seperti nuklir. Penggunaan bahan peledak yang demikian ini pastinya juga mengakibatkan adanya getaran yang sangat kuat hingga akhirnya berakhir dengan gempa bumi. Untuk jangkauan wilayahnya hanya sebatas lingkungan sekitar saja.

Ada berbagai penyebab gempa bumi yang pernah terjadi di muka bumi ini. Disebutkan bahwa penyebab gempa tersebut sangatlah bermacam-macam sesuai dengan jenis gempa yang ada. Beberapa mengidentifikasikan jika gempa tersebut disebabkan oleh tumbukan antara lempeng, letusan gunung berapi hingga adanya benda langit yang menghantam bumi. Dari banyaknya penyebab tersebut, sudah pasti masing-masing memiliki dampak kerugian yang berbeda.


Penulis: Kazou Media

0 komentar

Posting Komentar