Pengertian World Wide Web (WWW) dan Kegunaannya

Pengertian World Wide Web (WWW)

World Wide Web, sering disebut sebagai "web" atau website, adalah sebuah sistem informasi/aplikasi yang dapat diakses melalui Internet. Pengguna mengakses Internet dengan menggunakan perangkat lunak yang disebut browser web untuk menuliskan alamat web yang disebut Uniform Resource Locator (URL seperti https: //www.portalkelas.com/).

Sebuah web atau situs web memiliki halaman web yang berisi data dan informasi yang tersimpan di server web dalam bentuk file HTML (Hyper Text Markup Language). Halaman web berisi data dan informasi yang mungkin berisi hyperlink/tautan yang menunjuk ke halaman web lain, memungkinkan halaman web untuk saling berhubungan. Contoh hyperlink adalah: https://www.example.org/index.html.

Saat Anda mengunjungi situs web, browser web Anda menggunakan protokol yang disebut Hypertext Transfer Protocol (HTTP) atau Aturan Transfer Hypertext untuk membaca halaman web. Browser web membaca HTML, menerjemahkannya, dan menampilkannya di browser web. Anda mungkin diminta untuk mengunjungi halaman web untuk menemukan dan melihat informasi melalui hyperlink yang terdapat di halaman web. Hyperlink ini memungkinkan pengguna untuk "melompat" dari satu halaman situs web ke halaman lainnya. Proses melompat dari satu tempat ke tempat lain melalui Internet sering disebut "web surfing".

WWW dan Internet adalah dua istilah yang berbeda, namun WWW membutuhkan kehadiran Internet agar dapat berfungsi secara optimal. Perangkat apa pun seperti komputer, laptop, atau bahkan ponsel yang mendukung WWW dapat mengakses konten situs web melalui Internet.

World Wide Web adalah bagian dari Internet yang berisi informasi seperti suara, video, gambar, dan video. Sederhananya, WWW adalah sistem untuk mengirim dan menerima data dalam skala besar di seluruh dunia melalui jaringan internet.


Sejarah World Wide Web (WWW)

Sejarah World Wide Web dimulai pada tahun 1989, ketika penemu WWW adalah Tim Berners-Lee. World Wide Web sendiri telah melalui proses dan perkembangan yang panjang. Pada tahun 1989, tim Berners Lee di CERN, sebuah laboratorium fisika partikel di Jenewa, mengusulkan sebuah protokol melalui Internet yang akan bertindak sebagai sistem distribusi informasi. Hal ini memungkinkan sistem untuk berbagi informasi, menampilkannya dalam bentuk grafik, dan mendistribusikannya ke seluruh dunia.

Pada tahun 1990, tim Berners Lee menemukan tiga teknologi dasar yang membentuk dasar dari Web saat ini: HTML (Hypertext Markup Language), URL (Uniform Resource Identifier), dan HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Pada tahun 1991, tim Berners Lee menemukan World Wide Web. Pertama dia harus menyusun arsip penelitiannya, lalu dia mengembangkan Equire. Di sinilah asal mula WWW lahir.

Dikembangkan pada tahun 1993, Marc Andersen dari NCSA dan timnya akhirnya berhasil membuat browser Web berbasis grafis untuk Sistem X Windows yang disebut Mosaic. Sejak itu, Mosaic menjadi populer di kalangan pengguna lama dan baru di Internet. NCSA telah mengembangkan berbagai versi Mosaic untuk komputer berbasis Windows, Macintosh, UNIX, dan NeXT.

Pada tahun 1994, Andersen berpisah dari NCSA. Dia kemudian menciptakan Netscape dengan Jim Clark. Netscape kemudian menggantikan ketenaran Mosaic sebagai browser web. Tahun itu, CERN dan MIT membentuk konsorsium yang disebut World Wide Web Consortium (W3C) dengan tujuan menetapkan standar untuk teknologi web.

Pada akhir tahun 1995 ada sekitar 300.000 situs web, dibandingkan dengan hanya 50 pada tahun sebelumnya. Tahun ini, WWW berhasil menggantikan FTP sebagai jaringan dengan lalu lintas data tertinggi di Internet. Dan pada tahun 2009, tim Berners Lee mendirikan World Wide Web Foundation. Yayasan ini bertujuan untuk berbagi web terbuka dengan orang-orang di seluruh dunia dan terus berkembang hingga hari ini.

Baca juga artikel terkait berikut:

1) Pengenalan Dasar Jaringan Komputer dan Internet 

2) Apa Itu Surel dan Contohnya 

3) Peramban dan Search Engine: Pengertian, Fungsi, Macam, Contoh, Perbedaan dan Cara Kerja


Pengertian World Wide Web (WWW) dan Kegunaannya


Cara Kerja World Wide Web (WWW)

Cara kerja WWW tidak sesederhana kelihatannya. Banyak yang perlu dipelajari untuk mendapatkan pemahaman yang jelas tentang cara kerja WWW dan bagaimana situs web digunakan. Umumnya, server WWW menempatkan informasi yang diminta ke dalam hypertext, termasuk gambar dan teks melalui Hypertext Markup Language (HTML), dan menggunakan tautan untuk menavigasi dari satu situs ke situs lainnya.

Setelah Anda membuka browser dan memasukkan URL, ada tiga teknologi utama yang terlibat dalam mentransfer informasi dari server ke klien. Teknologi ini adalah HTML, HTTP, dan browser web.

HTML adalah bahasa markup standar yang digunakan untuk membuat halaman web. HTTP adalah singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol dan memungkinkan WWW bekerja dengan lancar dan efektif. Peramban web adalah program situs web yang dimaksudkan untuk menampilkan teks, data, gambar, video, animasi, dll. Secara umum, fungsi WWW adalah menyediakan data dan informasi dari mana saja sehingga orang lain dapat dengan mudah mengaksesnya dari mana saja.


Kegunaan World Wide Web (WWW)

Secara umum, WWW berperan sebagai penyedia data dan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna Internet. WWW dapat menghubungkan pengguna Internet secara langsung ke berbagai jenis server Web, memungkinkan pengguna Internet untuk mengakses data, dokumen, dan berbagai jenis informasi yang terdapat di situs Web.

Adanya www di Internet semakin memudahkan dan mempercepat pengguna Internet untuk mencapai kemudahan dan kecanggihan. www memungkinkan pengguna internet untuk berselancar dengan mudah menggunakan alamat URL. Secara umum, layanan WWW memiliki empat fungsi yaitu: web mail service, search engine, web hosting, dan portal. Keempat hal ini sangat penting bagi dunia internet, terutama untuk semua website di dunia.


1)   Web Mail Service

Layanan Email Web memungkinkan pengguna untuk mengirim, menerima, dan memeriksa email melalui browser web. Layanan email web juga menyediakan akses dan penyimpanan pesan email yang mudah bagi pengguna tanpa koneksi internet dari lokasi biasanya.

Layanan email web ini menawarkan banyak fitur dan fungsi yang sama seperti mengelola email Anda di perangkat lunak email desktop Anda. Contohnya termasuk Mozilla Thunderbird dan Microsoft Outlook. Beberapa layanan webmail paling populer termasuk Gmail, Yahoo! Mail, Hotmail, dan AOL Mail.

Saat mengunjungi web service, cukup masukkan URL situs web email di bidang alamat atau lokasi browser Anda. Kemudian masukkan username atau username dan password Anda untuk menggunakan akun webmail Anda.


2)   Search Engine

Pada dasarnya, WWW memudahkan mesin pencari untuk mengumpulkan semua situs web di dunia. Hal ini bisa terjadi karena ada ratusan juta website di internet dan search engine atau mesin pencari adalah alat untuk menemukannya.

Search engine atau mesin pencari ini adalah program yang dirancang untuk memungkinkan pengguna mencari informasi atau konten di WWW atau World Wide Web. Dengan cara ini, ini membantu Anda mendapatkan informasi yang Anda butuhkan dalam waktu sesingkat mungkin.

Pengguna juga dapat memasukkan kata kunci atau kata kunci tertentu untuk mendapatkan daftar kata kunci tersebut dan item yang cocok dengannya. Ini secara tidak langsung memberikan informasi yang hanya mencakup kata kunci atau halaman yang mengandung kata kunci. Mesin pencari populer diantaranya adalah Google, Yahoo!, Search, dan Bing.


3)   Web Hosting

Fitur selanjutnya dari WWW adalah web hosting. Web hosting sendiri adalah layanan yang memungkinkan individu dan organisasi untuk menyiarkan situs web dan halaman web mereka ke Internet. Situs web disimpan atau di-host di komputer khusus, sering disebut server.

Ketika pengguna Internet ingin melihat sebuah situs web, yang harus mereka lakukan hanyalah mengetikkan alamat situs web atau domain ke dalam browser mereka. Komputer yang terhubung ke Internet kemudian secara otomatis terhubung langsung ke server dan halaman website.


4)   Portal

Fitur terakhir dari WWW adalah portal. Portal adalah lokasi pribadi di Internet yang berfungsi sebagai titik masuk untuk informasi yang tersedia di www atau World Wide Web. Contoh portal populer adalah twitter.com, facebook.com, dan gmail.com.


Contoh World Wide Web (WWW)

Pengguna internet tidak asing lagi dengan istilah www (World Wide Web). Pada hari-hari awal situs web, nama domain di Internet terutama adalah www (World Wide Web). Berikut adalah beberapa contoh dari World Wide Web, yaitu: www.google.com, www.youtube.com, www.yahoo.com, www.twitter.com, www.facebook.com, dan sebagainya.


Posting Komentar untuk "Pengertian World Wide Web (WWW) dan Kegunaannya"