3 Macam Pendekatan Geografi

3 Macam Pendekatan Geografi

Geografi merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang paling sering untuk dipelajari. Bahkan, ilmu ini menjadi mata pelajaran wajib yang selalu diajarkan kepada siswa dalam setiap tingkat sekolah dasar. Ada banyak hal yang bisa dipelajari di dalam geografi dan salah satunya adalah mengenai pendekatan geografi.

Pendekatan geografi ini merupakan suatu hal yang wajib untuk dipelajari ketika Anda mempelajari mengenai ilmu geografi. Hal ini dikarenakan pendekatan akan sangat diperlukan untuk melakukan pemecahan masalah yang ada dalam ilmu geografi itu sendiri. Maka dari itulah, ulasan ini akan sangat bermanfaat untuk Anda. Dan berikut ini adalah informasi selengkapnya.

Ilmu Geografi Secara Singkat

Ilmu geografi seperti yang telah disinggung sebelumnya merupakan ilmu pengetahuan yang sering menjadi mata pelajaran wajib bagi para siswa pada setiap tingkat sekolah di Indonesia. Hal ini menandakan betapa pentingnya ilmu ini bagi kehidupan Kita. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai pendekatan geografi agaknya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai ilmu geografi secara singkat.

Geografi secara istilah berasal dari 2 (dua) buah kata dasar. Yang  pertama adalah geo yang berarti bumi, dan juga graphy yang berarti tulisan atau gambaran. Jika digabungkan kedua pengertian ini maka akan ditemukan suatu pengertian utuh, yang berarti bahwa geografi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang menitik beratkan kajiannya pada studi tentang bumi itu sendiri. Di Kamus Besar Bahasa Indonesia, geografi sendiri berarti sebuah ilmu yang membahas mengenai permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, serta hasil yang didapatkan dari bumi.

Seperti ilmu lainnya, geografi juga mengalami perkembangan yang berasal dari masa lalu hingga menuju ke masa sekarang. Pada abad ke-18, ilmu geografi itu sendiri telah memasuki abad modern yang ditandai dengan kemunculan seorang tokoh yaitu Imanuel Kant yang memberikan definisi geografi baru.

{|CATATAN| Sebuah kesalahan jika Anda melewatkan beberapa rekomendasi artikel terkait berikut ini:
1) Memahami Fungsi dan Macam Keterampilan Geografi 
2) Ruang Lingkup Pengetahuan Geografi 
3) Objek Studi dan Aspek Geografi 
4) Mengetahui Prinsip Dasar Geografi}

3 Macam Pendekatan Geografi

3 Macam Pendekatan Geografi yang Digunakan dalam Mengkaji Geografi

Pendekatan geografi seperti yang telah disinggung sebelumnya, akan sangat berfungsi untuk mempelajari ilmu geografi itu sendiri. Pendekatan geografi akan membantu kita untuk melakukan analisa serta membantu kita dalam memberikan pemahaman terhadap berbagai macam gejala serta fenomena yang terjadi di permukaan bumi, karena pendekatan tersebut merupakan langkah dan metodologi khusus yang akan digunakan.

Selain itu, pendekatan geografi berkaitan pula dengan prinsip geografi dimana pendekatan geografi menggunakan prinsip dasar geografi seperti prinsip distribusi, prinsip interelasi, prinsip deskripsi, dan juga prinsip kronologi sebagai dasar untuk melakukan sebuah pendekatan.

Pada dasarnya, ada 3 (tiga) pendekatan geografi yang ada, pendekatan tersebut diantaranya adalah pendekatan keruangan (spasial), pendekatan lingkungan (ekologi), dan juga pendekatan kompleks wilayah (regional).

1.   Pendekatan Keruangan (Spasial)

Pendekatan geografi yang pertama adalah pendekatan keruangan atau yang bisa disebut sebagai pendekatan spasial. Pendekatan ini merupakan studi atau pengkajian yang memfokuskan kajian atau bahasannya pada keragaman ruang di muka bumi dengan menggunakan masing-masing aspek keruangan yang ada.

Ketika melakukan pendekatan ini, seorang peneliti geografi akan mengkaji adanya kesamaan atau perbedaan suatu fenomena alam atau fenomena geosfer melalui aspek keruangan. Aspek keruangan yang dimaksud adalah aspek lokasi, kondisi alam, dan juga kondisi sosial budaya masyarakat.

2.   Pendekatan Lingkungan (Ekologi)

Pendekatan geografi yang kedua merupakan pendekatan lingkungan atau yang biasa disebut sebagai pendekatan ekologi. Pendekatan lingkungan ini mendasarkan dirinya pada prinsip ilmu milik biologi yaitu interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungan yang ditempatinya.

Tujuan dari prinsip ekologi ini adalah untuk mengetahui dan memahami bagaimana fenomena yang terjadi di muka bumi atau yang disebut sebagai fenomena geosfer dengan memperhatikan interaksi antar organisme dengan lingkungannya.

Aspek yang menjadi fokus penelitian pada pendekatan ekologi ini adalah interaksi antara komponen alamiah dan juga komponen sosial. Selain itu, pendekatan ekologi ini juga memberikan fokus terhadap bagaimana perilaku sebuah organisme dan perubahan fenomena lingkungan yang terjadi.

3.   Pendekatan Regional (Kompleks Wilayah)

Pendekatan geografi yang terakhir ini adalah pendekatan regional atau yang disebut sebagai pendekatan kompleks wilayah. Pendekatan regional ini dilakukan dengan cara membandingkan berbagai kawasan yang ada di muka bumi. Perbandingan yang dilakukan harus dengan memperhatikan aspek-aspek keruangan dan juga aspek lingkungan secara komprehensif.

Bisa dikatakan juga bahwa pendekatan regional atau kompleks wilayah ini merupakan gabungan antara pendekatan spasial dan juga pendekatan lingkungan atau ekologi. Analisis yang dilakukan pada pendekatan regional akan lebih ditekankan pada adanya perbedaan karakteristik pada setiap wilayah di muka bumi ini. Hal yang nantinya akan mendorong adanya interaksi suatu wilayah dengan wilayah lain.

Kemudian, pendekatan studi wilayah ini akan tertuang secara menyeluruh menjadi sebuah peta dan akan dipelajari dalam disiplin ilmu yang berbeda yaitu, studi tentang peta yaitu, Kartografi. Contoh dari pendekatan geografi ini adalah ketika kita membangun sebuah rumah, nah pembangunan tersebut harus dilihat dari bagaimana karakteristik wilayahnya.

Misalnya ketika akan membangun rumah di dekat daerah yang berpotensi terkena banjir atau yang berada di dekat laut, maka dalam proses pembangunan rumah tersebut, ketinggian bangunan rumah harus menjadi fokus utama yang perlu untuk diperhatikan oleh kita.

Itulah informasi lengkap tentang ilmu geografi dan juga pendekatan-pendekatan yang ada dalam ilmu geografi. Diharapkan dengan adanya informasi mengenai pendekatan geografi ini akan lebih mempermudah Anda dalam mempelajari ilmu geografi dan juga mendapatkan manfaat semaksimal mungkin karena mempelajari ilmu geografi mengingat bahwa ilmu geografi juga sangat penting bagi kehidupan kita.


Penulis: Kazou Media

0 komentar

Posting Komentar