Ruang Lingkup Pengetahuan Geografi

Ruang Lingkup Pengetahuan Geografi

Sebagai salah satu cabang dari ilmu pengetahuan, ilmu geografi menjadi suatu hal yang penting untuk dipelajari, mulai dari sekolah tingkat dasar, bahkan hingga memasuki tingkat universitas, geografi memegang peranan yang sangat penting bagi ilmu pengetahuan. Ada banyak pembahasan mengenai geografi yang perlu Anda ketahui termasuk tentang ruang lingkup pengetahuan geografi.

Ruang lingkup pengetahuan geografi menjadi suatu hal yang patut untuk Anda mengerti dan pahami karena ketika mempelajari ilmu pengetahuan geografi, Anda tidak akan pernah bisa lepas dari pembahasan mengenai ruang lingkup dari ilmu tersebut. Untuk itulah ruang lingkup ini akan sangat penting untuk Anda pelajari. Dan berikut ini merupakan ulasan lengkap mengenai ruang lingkup geografi tersebut.

Pengetahuan Singkat Tentang Ilmu Geografi

Sebelum memasuki pembahasan mengenai ruang lingkup pengetahuan geografi, ada kiranya jika Kita terlebih dahulu membahas mengenai pengetahuan singkat mengenai ilmu geografi itu sendiri yang kadang masih belum dipahami oleh sebagian orang. Apalagi ketika geografi menjadi suatu mata pelajaran wajib di setiap tingkat sekolahan.

Secara terminologi atau secara istilah, geografi sendiri berasal dari dua susunan kata. Yaitu, yang pertama adalah geo yang memiliki arti bumi dan graphien yang memiliki arti pencitraan. Ketika dua kata ini digabung maka akan menjadi suatu definisi yaitu sebuah cabang ilmu pengetahuan yang fokusnya adalah menggambarkan segala sesuatu yang ada di permukaan bumi.

Kajian dari ilmu pengetahuan geografi itu sendiri juga terbilang cukup luas, yaitu meliputi atmosfer, litosfer, hidrosfer, biosfer, dan juga antroposfer. Banyak orang yang mengatakan jika geografi hanya terbatas pada definisi ilmu yang mempelajari tentang peta. Akan tetapi pada dasarnya hal itu tidaklah benar, geografi merupakan ilmu pengetahuan yang lebih dari sekedar studi tentang peta saja.

Ada beberapa hal penting selain ruang lingkup pengetahuan geografi yang penting untuk dibahas dalam geografi itu sendiri. Itu adalah konsep dari ilmu pengetahuan geografi, kemudian prinsip dari ilmu geografi, dan juga teori-teori ilmu geografi. Beberapa hal itulah yang membentuk sebuah kesatuan ilmu pengetahuan yang dinamakan geografi itu sendiri.

{|CATATAN| Adalah keliru jika Anda melewatkan beberapa artikel terkait berikut ini:
1) Memahami Fungsi dan Macam Keterampilan Geografi 
2) Objek Studi Geografi dan Aspek Geografi 
3) Mengetahui Prinsip Dasar Geografi 
4) 3 Macam Pendekatan Geografi}

Ruang Lingkup Pengetahuan Geografi

Ruang Lingkup Pengetahuan Geografi yang Patut Anda Ketahui

Seperti yang telah disinggung sebelumnya jika ruang lingkup pengetahuan geografi menjadi suatu hal yang patut untuk dibahas. Hal ini dikarenakan fungsi dari ruang lingkup tersebut yang akan bertindak atau berperan sebagai batas dari pembahasan mengenai ilmu pengetahuan geografi.

Ruang lingkup pengetahuan geografi sendiri menurut para ahli geografi bisa dibagi menjadi tiga kategori utama. Tiga kategori tersebut diantaranya adalah geografi fisik, geografi sosial, dan juga geografi regional. Ruang lingkup dari geografi ini juga berfungsi untuk memberikan batasan cakupan aspek dan bidang apa saja yang masuk dalam pembahasan pengetahuan geografi itu sendiri. Dan berikut ini merupakan ruang lingkupnya:

1.   Geografi Fisik

Ruang lingkup pengetahuan geografi yang pertama adalah geografi fisik. Geografi fisik ini merupakan salah satu cabang atau bagian dari ilmu geografi yang mempelajari semua peristiwa atau fenomena yang terjadi di muka bumi namun dilihat dari kondisi fisik peristiwa tersebut.

Geografi fisik ini mengkaitkan keadaan lingkungan dari alam sekitar yang berada di luar manusia. Seperti misalnya gejala-gejala alam di daerah geosfer. Sementara itu cabang dari geografi fisik adalah astronomi, meteorologi, klimatologi, geofisika, hidrologi, pedologi, biologi, zoologi, filologi, dan juga geologi.

2.   Geografi Sosial

Kemudian ruang lingkup pengetahuan geografi yang kedua adalah geografi sosial. Geografi sosial merupakan sebuah cabang atau bagian dari ruang lingkup geografi yang membahas mengenai segala aktivitas atau kegiatan dari kehidupan manusia yang secara lengkap dibahas hingga kepada bagian interaksi manusia tersebut terhadap lingkungannya sendiri.

Geografi sosial sendiri masih meliputi lagi lingkungan lain seperti ekonomi, budaya, dan juga sosial. Jika diambil sebuah contoh dari geografi sosial maka contohnya dapat berupa pembahasan mengenai sebuah pola pemukiman dari masyarakat di daerah tertentu seperti contohnya daerah pesisir sungai.

Kemudian contoh lain dari geografi sosial adalah bagaimana sebuah kepadatan penduduk di daerah tertentu yang terkait dengan relief sebuah permukaan tanah, dan bisa juga geografi sosial membahas mengenai sebuah pengaruh tingkat kesuburan dalam tanah terhadap kegiatan ekonomi sebuah masyarakat di daerah tertentu.

3.   Geografi Regional

Sementara itu ruang lingkup pengetahuan geografi yang terakhir adalah geografi regional. Geografi ini merupakan sebuah ruang lingkup geografi yang menitik beratkan kajiannya terhadap suatu topik khusus yang berada di suatu wilayah tertentu. Regional sendiri memang berarti sebuah tempat.

Kajian dalam suatu wilayah tertentu tersebut bisa dibahas baik dari segi aspek fisik ataupun aspek lain seperti aspek sosialnya. Daerah atau regional yang menjadi fokus dari geografi regional ini sendiri dapat berupa desa, kota, provinsi, sebuah daerah, atau bahkan sebuah negara tertentu. Geografi regional sendiri seringkali dianggap sebagai bentuk tertinggi dalam ilmu geografi.

Contoh dari geografi regional jika Kita ambil beberapa bahasan, dapat berupa bahasan mengenai tingkat kepadatan penduduk di provinsi Jawa Timur, kemudian bisa juga bahasan mengenai tingkat persebaran curah hujan di daerah Indonesia, dan juga pembahasan mengenai bagaimana pola persebaran masyarakat usia yang produktif di kawasan Asia Tenggara.

Itulah tiga contoh ruang lingkup dari ilmu pengetahuan geografi yang patut untuk Anda ketahui dan pahami. Jadi diharapkan setelah mengetahui bagaimana ruang lingkup dari ilmu geografi ini Anda bisa terhindar dari kesalahan mengenai ruang lingkup geografi itu sendiri.


Penulis: Kazou Media

0 komentar

Posting Komentar