Mengetahui Prinsip Dasar Geografi

Mengetahui Prinsip Dasar Geografi

Geografi bukanlah suatu ilmu pengetahuan yang asing di telinga kita. Hal ini dikarenakan geografi termasuk dalam salah satu mata pelajaran yang wajib untuk kita pelajari pada setiap tingkat pendidikan. Hal ini membuat kita sangat akrab dengan ilmu tersebut. Ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari geografi ini, salah satunya adalah tentang prinsip geografi.

Prinsip geografi menjadi suatu bagian geografi yang patut untuk dipelajari karena hal ini akan sangat penting untuk menuntun kita saat mempelajari ilmu geografi itu sendiri. Oleh karena itulah dibutuhkan prinsip-prinsip yang menjadi pedoman dalam mempelajari ilmu geografi tersebut. Dan berikut ini merupakan ulasan lengkap mengenai prinsip-prinsip geografi tersebut.

Mengenal Prinsip Geografi

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai prinsip geografi, agaknya kita perlu untuk mengetahui terlebih dahulu apa pentingnya prinsip ini dalam mempelajari geografi itu sendiri. Mengingat bahwa geografi memiliki banyak hal yang harus dimengerti dan dikuasai sebelum benar-benar memahami tentang ilmu geografi.

Jadi pada dasarnya, prinsip geografi merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan karena prinsip ini akan menjadi dasar atau pondasi untuk menguraikan, mengkaji, dan mengungkapkan gejala, variabel, faktor, dan juga masalah atau fenomena geografi yang ada. Hal ini juga berlaku ketika membahas mengenai pendekatan terhadap objek geografi, prinsip geografi harus selalu ada sebagai pengiring pembahasannya.

Secara teoritis menurut para ahli, terdapat 4 (empat) buah prinsip geografi. Prinsip-prinsip tersebut terdiri dari:

1.   Prinsip Penyebaran

Prinsip geografi yang pertama adalah prinsip penyebaran. Prinsip ini disebut juga sebagai prinsip distribusi. Prinsip ini menyatakan bahwa distribusi atau penyebaran di satu tempat dengan tempat lainnya pasti berbeda. Hal ini terjadi karena adanya persebaran gejala-gejala geosfer yang ada di permukaan bumi dan ini menyangkut kondisi fisik dan juga sosial.

Prinsip penyebaran atau distribusi ini menjadi kunci pertama dari sebuah kajian ilmu geografi, karena prinsip ini akan bisa menetapkan prinsip lain dalam geografi. Sederhananya, dengan memperhatikan pesebaran-persebaran gejala geografi yang terjadi di muka bumi maka kita bisa menjabarkan fenomena apa atau permasalahan seperti apa yang sedang terjadi.

2.   Prinsip Interelasi

Kemudian prinsip geografi yang kedua adalah prinsip interelasi atau yang bisa disebut sebagai prinsip keterkaitan. Prinsip ini menyatakan bahwa ada kaitan hubungan yang terjadi antara gejala geografi yang satu dengan gejala geografi lain yang terjadi di muka bumi.

Dengan menggunakan prinsip interelasi ini, kita bisa mengungkapkan hubungan yang terjadi antara gejala fisik dengan gejala fisik, gejala fisik dengan gejala sosial, ataupun gejala sosial dengan gejala sosial lainnya. Yang pada akhirnya hasil dari keterkaitan tersebut dapat menggambarkan sebuah karakteristik geografi dari sebuah wilayah tertentu.

Seperti contohnya usaha pembukaan lahan baru di sebuah hutan yang dilakukan untuk keperluan area pertambangan. Hal ini akan menyebabkan terjadinya penebangan hutan yang berakibat ekosistem di hutan tersebut akan berubah.

3.   Prinsip Deskripsi

Prinsip geografi yang ketiga adalah prinsip deskripsi. Prinsip ini pada intinya adalah berusaha untuk memberikan penjelasan atau keterangan yang lebih mendalam atau mendetail mengenai suatu karakteristik yang spesifik pada suatu gejala geografi.

Prinsip geografi ini biasanya digunakan bersamaan dengan penjelasan dan juga peta, akan tetapi juga tidak hanya itu, prinsip ini juga menggunakan diagram, grafik, maupun tabel. Prinsip ini juga berfungsi untuk menjelaskan dan memberikan gambaran mengenai karakteristik dari sebuah gejala geografi yang dipelajari, hubungan antar gejala geografi tersebut, dan bagaimana distribusi keruangannya.

4.   Prinsip Korologi atau Prinsip Keruangan

Dan kemudian prinsip geografi yang terakhir adalah prinsip korologi atau yang biasa disebut sebagai prinsip keruangan. Prinsip ini menitik beratkan fokusnya pada suatu ruang tertentu atau spasialnya. Dalam melakukan pengkajian, prinsip ini akan dilakukan secara menyeluruh atau komprehensif yang terfokus pada ruang tertentu atau spasial tertentu.

Dalam prinsip korologi ini, setiap gejala geografi yang terjadi akan dikaji secara menyeluruh, dengan memadukan setiap prinsip-prinsip yang ada seperti prinsip tersebaran, interelasi, dan juga prinsip deskripsi. Tujuan atau hasil akhir dari prinsip korologi ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan gejala-gejala, fenomena, ataupun fakta antar wilayah.

{|CATATAN| Untuk menambah referensi, berikut rekomendasi artikel terkait untuk Anda:
1) Memahami Fungsi dan Macam Keterampilan Geografi 
2) Ruang Lingkup Pengetahuan Geografi 
3) Objek Studi dan Aspek Geografi 
4) 3 Macam Pendekatan Geografi}

Mengetahui Prinsip Dasar Geografi

Manfaat Mempelajari Ilmu Geografi

Setelah mengetahui lebih dalam mengenai prinsip geografi maka Anda juga harus mengetahui apa manfaat dari mempelajari ilmu geografi ini. Jadi, kita mempelajari ilmu geografi ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Manfaat yang pertama adalah manfaat geografi yang membantu kita untuk mengetahui atau memahami bagaimana sistem fisik dasar dari alam bisa mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari, kemudian manfaat kedua adalah untuk membantu kita mempelajari sebuah tempat dan karakteristik fisik ataupun budaya di tempat tersebut.

Kemudian, manfaat yang ketiga adalah dengan mempelajari geografi kita bisa memahami lebih dalam mengenai tata ruang sebuah masyarakat dan bagaimana melihat pola yang sering terlihat dari masyarakat dan terlihat acak. Manfaat selanjutnya, adalah dengan belajar geografi akan melatih kita untuk bisa memberikan penilaian yang masuk akal atau bijaksana mengenai hal-hal yang melibatkan hubungan antara lingkungan fisik dan masyarakatnya.

Dan yang paling penting adalah dengan mempelajari geografi kita akan lebih menyadari bahwa bumi sebagai tempat untuk kita tinggal dan hidup memang memegang peranan penting untuk hidup. Maka dari itu kita sebagai penghuni dari bumi itu sendiri harus bisa menjaga, melestarikan, dan merawat semua hal yang ada di bumi dan didasarkan dari pengetahuan dari ilmu geografi.


Penulis: Kazou Media

0 komentar

Posting Komentar