Memahami Fungsi dan Macam Keterampilan Geografi

Memahami Fungsi dan Macam Keterampilan Geografi

Sebagai sebuah ilmu pengetahuan yang memiliki peran yang penting dalam kehidupan, geografi memang memiliki banyak hal yang penting untuk dipelajari. Mulai dari aspek geografi, prinsip geografi, objek studi geografi dan yang terakhir adalah ketrampilan geografi. Hal ini dikarenakan semua hal tersebut menjadi suatu kesatuan utuh di dalam ilmu geografi itu sendiri.

Untuk aspek geografi, prinsip geografi, dan juga objek studi geografi pasti sudah banyak dari Anda yang mengetahuinya atau bahkan mempelajarinya. Namun, untuk bagian keterampilan geografi mungkin masih banyak orang yang belum memahami serta mengetahui fungsi dan macam dari keterampilan ilmu geografi itu sendiri. Maka ulasan informasi ini akan sangat berguna untuk Anda.

Macam-macam Keterampilan Geografi

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap ilmu pengetahuan pasti memiliki suatu tujuan akhir yang mana ilmu tersebut dapat diterapkan pada praktek kehidupan sehari-hari termasuk ilmu pengetahuan geografi. Dan ketrampilan geografi inilah yang menjadi ujung dari proses mempelajari geografi itu sendiri.

Selain itu, ketika kita membicarakan mengenai keterampilan geografi maka kita akan membicarakan bagaimana ilmu geografi tersebut dapat memberikan suatu manfaat atau keterampilan bagi orang yang mempelajarinya.

Keterampilan geografi menjadi suatu hal wajib yang harus dikuasai dan dimiliki bagi orang yang mengakui dirinya sebagai seorang geograf. Geograf sendiri memiliki arti sebagai orang yang berkecimpung dalam dunia geografi, atau ilmuwan geografi. Ini merupakan sebuah keterampilan dasar atau basic skill dari seorang geograf.

Setidaknya terdapat 5 (lima) keterampilan geografi yang perlu untuk Anda ketahui, antara lain yaitu sebagai berikut:

1.   Kemampuan Observasi

Keterampilan geografi pertama yang harus dimiliki oleh seorang geograf adalah kemampuan dalam hal pengamatan atau observasi. Bisa dikatakan bahwa keterampilan ini merupakan sebuah keterampilan dasar dan utama dalam membangun sebuah kompetensi atau keahlian geografik.

Observasi sendiri memang sangat diperlukan dalam geografi karena geografi merupakan sebuah ilmu empirik yang mengedepankan atau mengutamakan prinsip pengamatan atau observasi dalam menemukan dan merekonstruksi informasi mengenai segala fenomena geografi.

Jadi, tidak akan dikatakan geograf jika ia tidak memiliki kemampuan untuk bisa mengobservasi atau mengamati segala fenomena yang terjadi di permukaan bumi atau di geosfer.

2.   Keterampilan Deskriptif

Kemudian, keterampilan geografi yang kedua adalah keterampilan deskriptif. Keterampilan ini merupakan keterampilan yang menitik beratkan kemampuannya untuk menjelaskan terjadinya segala fenomena yang terjadi di permukaan bumi. Memiliki keterampilan ini berarti sebagai seorang geograf Kita harus mampu untuk menjelaskan setiap fenomena geosfer yang terjadi secara detail dan maksimal.

Hal ini bertujuan agar orang lain yang membaca bisa merasakan seolah mereka sedang melihat fenomena tersebut secara langsung. Dan ketrampilan ini sangat vital perannya bagi seorang geograf.

3.   Kemampuan Klasifikasi

Kemudian, yang ketiga adalah kemampuan klasifikasi. Sebagai seorang geograf memiliki kemampuan klasifikasi terbilang penting untuk mereka lakukan. Hal ini dikarenakan klasifikasi akan sangat berguna untuk mengelompokkan segala fenomena geosfer yang terjadi di muka bumi.

Setelah melakukan pengelompokkan ini, maka hasil dari pengelompokkan ini akan digunakan untuk melakukan analisis lanjutan yang terkait dengan interaksi antar fenomena geosfer lain.

4.   Keterampilan Pemetaan

Selanjutnya, keterampilan geografi yang keempat adalah keterampilan pemetaan. Bagi seorang geograf untuk memetakan sebaran atau distribusi dari fenomena-fenomena geosfer yang terjadi merupakan suatu hal yang sangat penting. Maka dari itulah kemampuan atau keterampilan pemetaan ini menjadi hal yang sangat penting.

Selain itu, perlu disadari bahwa setiap pengelompokan fenomena geosfer yang terjadi di permukaan bumi, sudah pasti tergambar di dalam konteks lingkungan hidupnya. Dan karena berada dalam konteks lingkungan itulah berarti fenomena tersebut juga sudah pasti menempati ruang. Ruang inilah yang akan dan harus dipetakan oleh seorang geograf.

5.   Kemampuan Analisis Relasional dan Rasional

Dan keterampilan geografi yang terakhir adalah kemampuan untuk melakukan analisis relasional dan rasional. Analisis relasional-rasional merupakan suatu keterampilan untuk melakukan analisis keterkaitan antara suatu komponen fenomena geosfer yang satu dengan fenomena yang lain dan harus didasarkan dari pola pikir yang jelas.

Keterampilan semacam ini sangat dibutuhkan oleh seorang geograf. Hal ini dikarenakan dalam prosesnya nanti, seorang geograf harus mampu untuk mencari, melihat, dan menemukan benang merah atau kaitan antara sebuah perilaku atau aktivitas manusia yang terkait dengan karakteristik lingkungannya.

{|CATATAN| Kami yakin Anda juga membutuhkan beberapa artikel terkait berikut ini:
1) Ruang Lingkup Pengetahuan Geografi 
2) Objek Studi Geografi dan Aspek Geografi 
3) Mengetahui Prinsip Dasar Geografi 
4) 3 Macam Pendekatan Geografi}

Memahami Fungsi dan Macam Keterampilan Geografi

Prospek Pekerjaan Lulusan Geografi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya jika keterampilan geografi akan menjadi suatu hal yang penting karena akan sangat berguna untuk menerapkan ilmu geografi itu sendiri ke dalam kehidupan sehari-hari. Dan hal ini juga berlaku untuk prospek pekerjaan geografi.

Dengan menguasai keterampilan geografi seperti yang telah disebutkan sebelumnya, maka diharapkan seorang geograf mampu untuk memenuhi lapangan pekerjaan bagi seorang lulusan geografi. Ada banyak prospek pekerjaan bagi lulusan geografi. Prospek pekerjaan tersebut diantaranya adalah peluang untuk menjadi seorang wartawan yang didasarkan pada kemampuan analisis, kemudian menjadi seorang pengacara lingkungan yang didasarkan pada kemampuan melihat akibat atau keterkaitan antara manusia dan lingkungan.

Kemudian, sebagai pembuat model bencana alam yang didasarkan atas kemampuan untuk melihat dan mempelajari sebuah karakteristik dan seluk beluk bencana alam yang terjadi, dan juga bisa menjadi seorang arsitek lanskap. Semua peluang pekerjaan tersebut merupakan prospek kerja yang sangat menarik dan menggiurkan bagi seorang lulusan geografi. Untuk itulah diharapkan setiap lulusan geografi harus memiliki ketrampilan geografi yang mumpuni dan berkompeten di bidangnya agar mampu bersaing dengan jurusan lain yang juga berkompeten di bidangnya masing-masing. 


Penulis: Kazou Media

0 komentar

Posting Komentar