8 Dampak Perubahan Iklim

8 Dampak Perubahan Iklim

Sebagai salah satu permasalahan dan isu tentang kelestarian lingkungan dan alam yang sedang mendapat perhatian sangat besar baik di Indonesia atupun dunia Internasional, perubahan iklim menjadi hal yang sangat penting untuk dikaji dan diwaspadai. Hal ini dikarenakan adanya dampak perubahan iklim yang tergolong buruk untuk keseimbangan alam di dunia ini.

Dampak perubahan iklim juga penting untuk diketahui oleh khalayak umum karena dengan mengetahui apa saja dampak dari perubahan iklim tersebut. Kita bisa berusaha untuk menahan diri dan berusaha agar perubahan iklim tidak terjadi dan membahayakan keseimbangan ekosistem alam Kita. Dan berikut ini beberapa poin penting yang bisa menjelaskan apa saja dampak dari perubahan iklim tersebut.

Pengertian Iklim dan Perubahan Iklim

Sebelum membahas lebih jauh mengenai dampak perubahan iklim, alangkah baiknya jika Kita mengetahui terlebih dahulu apa pengertian dari iklim itu sendiri dan apa saja unsur-unsur dari iklim tersebut. Hal ini menjadi penting karena akan menjadi dasar pengetahuan sebelum membahas dampak dari perubahan iklim yang terjadi.

Secara umum, jika dilihat dari definisinya iklim dapat diartikan sebagai rata-rata cuaca disuatu tempat atau daerah berdasarkan waktu yang cukup panjang. Studi tentang iklim sendiri berada dalam suatu ilmu yang disebut sebagai klimatologi. Ikllim bisa terus berubah secara konstan, hal ini dikarenakan adanya interaksi yang berlangsung terus menerus antara komponen-komponen dari iklim itu sendiri serta faktor eksternal yang menyebabkan iklim berubah.

Sementara itu, perubahan iklim dapat diartikan sebagai kondisi iklim yang berubah dan disebabkan oleh aktivitas manusia secara langsung ataupun tidak langsung sehingga akan menyebabkan iklim bisa berubah dari kondisi normal. 

{|CATATAN| Kerena pembahasan ini saling berkaitan, jadi pastikan anda juga membaca artikel berikut:
1) 7 Lapisan Atmosfer Bumi dan Manfaatnya
2) Jenis-Jenis Cuaca dan Iklim
3) Unsur-Unsur Cuaca dan Iklim
4) Faktor dan Klasifikasi Iklim
5) 3 Macam Iklim di Indonesia
6) Pengaruh Iklim dan Perubahan Iklim Terhadap Kehidupan Manusia
7) Pengertian Perubahan Iklim Menurut Para Ahli
8) Faktor-Faktor Penyebab Perubahan Iklim
9) Cara untuk Mengatasi Perubahan Iklim}

8 Dampak Perubahan Iklim

8 Dampak Perubahan Iklim

Iklim yang berubah bisa memberikan dampak yang bisa mengganggu keseimbangan alam di bumi ini. Selain itu, juga bisa memberikan pengaruh cukup besar terhadap manusia, hewan, dan juga tumbuhan. Dan berikut ini merupakan 8 dampak perubahan iklim:

1.   Meningkatnya Suhu Global

Dampak perubahan iklim yang pertama adalah meningkatnya suhu global. Meningkatnya suhu global menjadi salah satu dampak yang cukup mengerikan bagi keseimbangan alam di bumi hal ini dikarenakan ketika suhu global meningkat maka akan memicu meleleh atau mencairnya es di kutub utara ataupun selatan.

2.   Naiknya Permukaan Air Laut

Kemudian, dampak perubahan iklim yang kedua adalah naiknya permukaan air laut. Naiknya permukaan air laut merupakan kelanjutan dari mencairnya es di kutub utara dan juga selatan yang diakibatkan dari peningkatan suhu global. Ketika permukaan air laut naik, maka hal ini bisa meningkatkan intensitas hujan yang mendorong terjadi nya hujan kemudian banjir di banyak daerah. Tentu hal ini bisa berbahaya dan sangat beresiko jika curah hujan menjadi tidak terkendali.

3.   Perubahan Cuaca yang Semakin Sulit untuk Diprediksi

Dampak perubahan iklim yang ketiga adalah perubahan cuaca yang semakin sulit untuk diprediksi. Hal ini dikarenakan perubahan iklim akan menyebabkan kondisi atau fenomena alam tidak berjalan sesuai siklus yang seharusnya atau semestinya sehingga akan sangat sulit untuk memprediksi cuaca setiap harinya.

4.   Penyebaran Penyakit

Kemudian, penyebaran penyakit juga bisa menjadi salah satu dampak perubahan iklim. Dengan semakin menigkatnya suhu global maka epidemi atau penyebaran penyakit bisa semakin cepat dan mudah. Hal ini dikarenakan cuaca yang lebih hangat akan menjadi tempat yang sangat ideal bagi virus ataupun bakteri pembawa penyakit dan bisa membuat penyakit semakin mudah mewabah. Tentu saja hal ini merupakan hal yang sangat buruk bagi kesehatan.

5.   Keasaman Air Laut Meningkat

Selain berbahaya bagi kesehatan, dampak perubahan iklim juga bisa menyebabkan meningkatnya keasaman air laut yang berbahaya bagi ekosistem biota laut seperti terumbu karang. Hal ini disebabkan karena jika air laut kadar asamnya meningkat maka akan mendorong terjadinya coral bleaching atau berubahanya warna terumbu karang menjadi putih, ketika menjadi putih maka terumbu karang akan mudah mati dan ikan menjadi kehilangan temapt tinggalnya.

6.   Kepunahan Massal

Dampak perubahan iklim selanjutnya adalah menyangkut spesies-spesies hewan ataupun tumbuhan. Menurut para ilmuwan ataupun para ahli, perubahan iklim bisa mendorong terjadinya kepunahan massal dari spesies makhluk hidup. Walaupun para ilmuwan berusaha untuk menciptakan spesies baru akan tetapi kepunahan massal menjadi semakin berbahaya jika perubahan iklim tetap saja terjadi.

7.   Mengganggu Ekonomi Global

Tanpa disadari, perubahan ekonomi juga akan mempengaruhi ekonomi global. Hal ini disebabkan karena ketika perubahan iklim terjadi dan mengakibatkan munculnya banyak bencana alam seperti banjir, kekeringan, badai, topan, dan lain-lain, maka ekonomi akan ikut terganggu.

Ketika muncul bencana-bencana seperti itu maka ekonomi yang seharusnya bisa berjalan lancar harus trganggu dengan adanya perubahan iklim yang menyebabkan bencana-bencana alam.

8.   Melelehnya Es di Kutub

Kutub utara ataupun kutub selatan memegang peran penting dalam keseimbangan akam bumi ini, walaupun disana merupakan daerah dengan kondisi alam yang ekstrim akan tetapi tidak menutup fakta bahwa kedua kutub ini utara ataupun selatan menajdi rumah bagi spesies hewan tertentu.

Jika perubahan iklim berlangsung terus menerus tanpa bisa di kontrol dan dikendalikan maka bukan tidak mungkin es yang ada di kutub utara ataupun di kutub selatan bisa mencair dan benar-benar hilang. Ketika es di kutub utara dan kutub selatan mencair maka hal itu akan sangat berbahaya dan merubah total kondisi di bumi ini, air laut menjadi naik, dan bukan tidak mungkin pulau-pulau kecil juga bisa tenggelam akibat naikknya air laut ini.

Itulah penjelasan mengenai delapan dampak dari perubahan iklim yang bisa saja terjadi. Pastinya apapun jenis perubahan iklim tersebut kita tetap harus senantiasa waspada.


Penulis: Kazou Media

0 komentar

Posting Komentar