Pengertian Perubahan Iklim Menurut Para Ahli

Pengertian Perubahan Iklim Menurut Para Ahli

Informasi tentang pengertian perubahan iklim menurut para ahli menjadi satu hal yang sangat penting. Hal seperti ini pun sering kali menjadi pembahasan tertentu, terlebih jika kita sudah berada dalam lingkup geografi yang juga mempelajari tentang perubahan iklim.

Adanya beberapa pengertian perubahan iklim menurut para ahli ini pun menjadi salah satu bukti bahwa sudut pandang beberapa orang memiliki perbedaan. Akan tetapi, di antara perbedaan tersebut pasti ada kesamaan yang bisa menjadi benang merah dari beberapa opini.

Pengertian Perubahan Iklim Menurut Para Ahli

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pengertian perubahan iklim menurut para ahli menjadi satu hal yang penting untuk diketahui. Adanya beberapa pengertian ini akan sangat membantu kita dalam memahaminya. Oleh karena itu, tak heran jika hal seperti ini pun sering kali dibahas, terlebih jika kita sudah berkecimpung dalam dunia atau mata pelajaran geografi.

Ada beberapa pengertian perubahan iklim menurut para ahli yang bisa kita tahu. Kita bisa menyimak pengertian iklim dari sudut pandang beberapa ahli dan menarik benang merah sebagai kesimpulan dari beberapa pendapat tersebut. Berikut ini beberapa pengertian perubahan iklim menurut para ahli yang bisa kita ketahui.

1.   Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB)

PBB menyatakan bahwa perubahan iklim ialah perubahan iklim yang disebabkan oleh kegiatan manusia, baik secara langsung maupun tidak sehingga mengubah susunan atmosfer global serta variabilitas iklim alami di jangka waktu yang bisa diperbandingkan.

2.   EPA (Enviromental Protection Agency)

Pengertian perubahan iklim menurut para ahli yang kedua disampaikan oleh EPA. Menurut EPA, perubahan iklim ialah perubahan dasar dalam curah hujan, suhu, dan pola angin di antara sejumlah efek lain yang terjadi dalam jangka waktu beebrapa dekade bahkan lebih.

3.   Wikipedia

Menurut Wikipedia, perubahan iklim yaitu perubahan jangka panjang pada distribusi pola cuaca dalam hitungan statistik dalam jangka waktu mulai dari dasawarsa sampai dengan jutaan tahun.

Sederhananya, perubahan iklim juga bisa didefinisikan sebagai perubahan kondisi rata-rata cuaca atau distribusi periwtiwa sejumlah rata-rata cuaca. Contohnya seperti jumlah kejadian cuaca ekstrem yang semakin sedikit atau banyak.

4.   Situs Pemerintah Kanada

Situs Pemerintah Kanada menyatakan bahwa perubahan iklim merupakan perubahan keadaan cuaca pada waktu yang relatif panjang pada suhu atau temperatur, angin, jumlah hujan, serta sejumlah indikasi lainnya.

5.   Situs Pemerintah Victoria, Australia

Pengertian perubahan iklim menurut para ahli berikutnya ialah Pemerintah Victiria. Pemerintah Victoria mengemukakan bahwa perubahan iklim merupakan berubahnya iklim di bumi pada 1 abad ke belakang.

6.   Situs terkemuka, ecolife.com

Menurut situs ecolife.com, perubahan iklim merupakan perubahan pola iklim pada jangka waktu yang cenderung lama pada lingkup regional maupun global.

7.   UU No. 31 Tahun 2009

UU No. 31 Tahun 2009 menyatakan perubahan iklim sebagai berubahnya iklim yang disebabkan baik secara langsung maupun tidak oleh kegiatan manusia yang menyebabkan perubahan tatanan atmosfer secara global dan perubahan variabilitas iklim alamiah yang bisa diamati dalam jangka waktu yang bisa dibandingkan.

8.   IPPC, 2001

IPPC menyatakan perubahan iklim ialah perubahan yang mengacu pada variasi rata-rata keadaan iklim di tempat tertentu atau variabilitasnya yang ril secara statistik pada jangka waktu panjang, biasanya dekade atau bisa lebih.

9.   Badan Litbang, 2007

Badan Litbang menyatakan bahwa perubahan iklim yaitu perubahan sejumlah unsur iklim menuju tren tertentu dan menyimpang dari keadaan rata-rata dalam jangka panjang yang merupakan akibat dari terjadinya pemanasan global.

{|CATATAN| Kerena pembahasan ini saling berkaitan, jadi pastikan anda juga membaca artikel berikut:
1) 7 Lapisan Atmosfer Bumi dan Manfaatnya
2) Jenis-Jenis Cuaca dan Iklim
3) Unsur-Unsur Cuaca dan Iklim
4) Faktor dan Klasifikasi Iklim
5) 3 Macam Iklim di Indonesia
6) Pengaruh Iklim dan Perubahan Iklim Terhadap Kehidupan Manusia
7) 8 Dampak Perubahan Iklim
8) Faktor-Faktor Penyebab Perubahan Iklim
9) Cara untuk Mengatasi Perubahan Iklim}

Pengertian Perubahan Iklim Menurut Para Ahli

Mengapa penting mengetahui pengertian perubahan ilkim menurut para ahli?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa pengertian perubahan iklim menurut para ahli. Kita sudah mengetahui hal ini dan menarik sejumlah kesamaan dari beberapa pendapat yang dikemukakan oleh sejumlah ahli. Akan tetapi, mungkin masih ada sebagian dari kita yang menanyakan pentingnya mengetahui hal ini.

Jika masih ada di antara kita yang merasa penasaran dengan pentingnya mengetahui pengertian perubahan iklim menurut para ahli, ini dia beberapa alsan yang bisa dijadikan sebagai informasi dasar.

1.   Referensi Ilmiah

Dalam beberapa pembuatan karya tulis ilmiah seperti makalah, skripsi, penelitian, dan sebagainya dibutuhkan sejumlah pengertian perubahan iklim menurut para ahli. Beberapa pendapat ini sangat penting untuk dicantumkan, sehingga akan menjadi referensi ilmiah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.

2.   Mengenal Pemahaman yang Luas

Pemahaman yang luas mengenai pengertian perubahan iklim menurut para ahli bisa kita pahami. Hal ini akan sangat berbeda dengan pemahaman yang diambil hanya dari 1 sudut pandang ahli yang mendefinisikan apa itu perubahan iklim. Dengan demikian, kita pun bisa lebih memahami pemahaman topik ini lebih luas lagi.

3.   Memahami secara Lebih Mendalam

Pemahaman pengertian perubahan iklim menurut para ahli secara lebih mendalam sangat diperlukan untuk beberapa hal. Maka dari itu, sejumlah definisi yang berbeda ini pun bisa diketahui terlebih dulu untuk menumbuhkan pemahaman secara lebih mendalam, agar nantinya kita pun mampu menguasai hal ini secara lebih baik.

Beberapa alasan pentingnya memahami pengertian perubahan iklim menurut para ahli seperti di atas memang cenderung berlaku untuk dunia pendidikan. Akan tetapi, ada juga sejumlah pekerjaan yang membutuhkan pemahaman ini, bahkan untuk topik pembicaraan sehari-hari di kalangan tertentu.

Itulah beberapa hal tentang pengertian perubahan iklim menurut para ahli. Anda sudah mengetahui isi dari ulasan topik ini. maka, beberapa pengertian di atas pun bisa dijadikan sebagai rujukan untuk membantu Anda dalam mempermudah pemahaman tentang pengertian perubahan iklim tersebut.


Penulis: Kazou Media

0 komentar

Posting Komentar