Pengaruh Iklim dan Perubahan Iklim Terhadap Kehidupan Manusia

Pengaruh Iklim dan Perubahan Iklim Terhadap Kehidupan Manusia

Iklim dapat diartikan sebagai suatu keadaan di mana keadaan cuaca suatu daerah yang memiliki luas tertentu dan kemudian dihitung dalam waktu lama yakni kurang lebih 30 tahun sebagai suatu ketentuan. Pengaruh iklim terhadap aktivitas manusia sangat banyak baik terhadap faktor budaya, pertanian, tempat tinggal, maupun kesehatan.

Keberadaan iklim berkaitan dengan cuaca, walaupun keduanya memiliki perbedaan. Pengaruh iklim terhadap aktivitas manusia terjadi pada berbagai aktivitas di bidang kehidupan sehari-hari, terutama aktivitas yang pelaksanaannya di luar ruangan.

Iklim yang ada di Indonesia sendiri memiliki beberapa macam di antaranya yakni iklim tropis (iklim panas), iklim musim, dan juga iklim laut. Masing-masing iklim tersebut memiliki ciri-ciri yang berbeda. Adapun perbedaannya sebagai berikut :

a)    Iklim tropis atau yang biasa disebut iklim panas adalah iklim yang mengakibatkan suhu udara meningkat menjadi tinggi, begitu pula dengan curah hujan yang juga tinggi. Indonesia mengalami iklim tropis dikarenakan wilayahnya terletak pada zona tropis yakni pada 23,5º Lintang Utara – 23, 5º Lintang Selatan.

b)    Iklim musim adalah iklim yang biasa disebut dengan iklim muson. Hal ini dikarenakan adanya pengaruh dari angin muson yang terus berubah pada setiap waktu. Dampak yang ditimbulkannya akan menjadikan Indonesia mengalami musim hujan dan musim kemarau.

c)    Iklim laut terjadi di Indonesia karena dipengaruhi oleh kondisi laut di negara ini. Dampak yang ditimbulkannya adalah curah hujan menjadi tinggi karena laut yang begitu luas menjadikannya terjadinya penguapan yang banyak.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya berbagai iklim di atas masing-masing memberikan peranan yang besar dan menjadi faktor penting dalam kehidupan manusia. 

{|CATATAN| Kerena pembahasan ini saling berkaitan, jadi pastikan anda juga membaca artikel berikut:
1) 7 Lapisan Atmosfer Bumi dan Manfaatnya
2) Jenis-Jenis Cuaca dan Iklim
3) Unsur-Unsur Cuaca dan Iklim
4) Faktor dan Klasifikasi Iklim
5) 3 Macam Iklim di Indonesia
6) Pengertian Perubahan Iklim Menurut Para Ahli
7) 8 Dampak Perubahan Iklim
8) Faktor-Faktor Penyebab Perubahan Iklim
9) Cara untuk Mengatasi Perubahan Iklim}

Pengaruh Iklim dan Perubahan Iklim Terhadap Kehidupan Manusia

Pengaruh Iklim Terhadap Aktivitas Manusia dalam Berbagai Bidang Kehidupan

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa cuaca sering diartikan sama dengan iklim. Padahal jika dipahami dengan jelas, kondisi cuaca yang tetap dan bertahan lama dalam ketentuan perhitungan lama itulah yang disebut dengan iklim. Hal tersebut sangat memungkinkan terjadinya pengaruh iklim terhadap aktivitas manusia dalam kehidupan. Adapun pengaruh iklim terhadap aktivitas manusia antara lain sebagai berikut:

1.   Pengaruh Terhadap Bidang Pertanian

Kondisi negara Indonesia sangat berbeda dengan negara lain yang memiliki 4 musim, perbedaan yang dimaksud salah satunya terkait pengaruh iklim terhadap aktivitas manusia dalam bercocok tanam. Sinar matahari yang terus ada sepanjang tahun menjadikan tanaman-tanaman pertanian di Indonesia tumbuh dengan baik. Selain itu manfaat iklim yang sangat nyata untuk bidang pertanian yakni untuk menentukan tanaman pertanian dan waktu tanam yang sesuai.

2.   Pengaruh Terhadap Bidang Kebudayaan

Pengaruh iklim terhadap aktivitas manusia berikutnya adalah dalam bidang budaya. Budaya dalam hal ini adalah terkait dengan bentuk arsitektur rumah serta budaya berpakaian. Contoh sederhana dalam bidang ini adalah bentuk atap rumah prisma untuk daerah curah hujan tinggi sehingga tidak menampung air hujan.

3.   Pengaruh Terhadap Bidang Pariwisata

Selain dalam bidang pertanian dan kebudayaan, pengaruh iklim terhadap aktivitas manusia juga terjadi dalam bidang pariwisata. Faktor Iklim semisal cuaca cerah, udara sejuk, panas dan kering, kecepatan angin, dan banyak sinar matahari memberikan pengaruh terhadap pelaksanaan wisata baik yang ada di darat dan laut.

4.   Pengaruh Terhadap Bidang Telekomunikasi

Pengaruh iklim terhadap aktivitas manusia dalam bidang telekomunikasi sangat banyak, beberapa di antaranya adalah pemanfaatan arus angin untuk komunikasi antar suatu daerah ke daerah lain dengan menggunakan jenis alat komunikasi telepon angin.

Manfaat yang lainnya adalah ketika cuaca sedang dalam keadaan kurang baik, maka akan memberikan gangguan pada jaringan komunikasi semisal ketika hujan turun ataupun kondisi mendung maka sinyal HP akan mengalami error atau gangguan.

5.   Pengaruh Terhadap Bidang Transportasi

Cuaca, arah, kecepatan angin, kabut, suhu, maupun angin memberikan pengaruh besar terhadap pelaksanaan transportasi baik yang di udara maupun yang di laut. Selain beberapa hal di atas, hal yang turut menjadi pengaruh iklim terhadap aktivitas manusia adalah tinggi gelombang, kecepatan angin, badai dan arah angin.

6.   Pengaruh Terhadap Kesehatan Manusia

Pengaruh iklim terhadap aktivitas manusia yang lain dan tidak kalah penting adalah terkait kondisi kesehatan manusia. Di mana ketika iklim dan cuaca tertentu, banyak manusia terjangkit penyakit tertentu, misalnya ketika curah hujan tinggi maka banyak manusia yang terserang penyakit demam berdarah.

Penyakit yang juga dipengaruhi oleh iklim adalah ketika datang musim kemarau panjang yakni penyakit panas dalam, sakit tenggorokan dan beberapa jenis lain semisal penyakit alergi serta penyakit kulit yang banyak menyerang penduduk Afrika yang cuaca di sana sangat panas.

7.   Pengaruh Terhadap Kegiatan Perindustrian serta Perekonomian

Pengaruh iklim terhadap aktivitas manusia dalam hal industri bisa dilihat pada daerah dingin yang bisa kita temukan di sana industri-industri pembuatan pakaian yang tebal dan hangat, sebaliknya pada daerah yang panas maka banyak ditemukan di sana industri-industri pembuatan pakaian tipis semisal katun.

8.   Pengaruh Terhadap Kegiatan-Kegiatan Manusia di Luar Ruangan

Hal yang tidak bisa terhindar dari pengaruh iklim terhadap aktivitas manusia adalah kelangsungan rutinitas atau pekerjaan manusia yang outdoor. Hal ini dikarenakan berbagai aktivitas manusia yang berlangsung di luar ruangan akan menjadikan para aktivis akan langsung berhubungan dengan kondisi alam.

Selain hal di atas, terdapat pengaruh yang lain yakni terhadap bidang peternakan, perikanan, dan yang lain. Demikian, beberapa pengaruh iklim terhadap aktivitas  manusia sangat memberikan peranan dan pengaruh besar terhadap keberlangsungan hidup manusia.


Penulis: Kazou Media

0 komentar

Posting Komentar