Faktor-Faktor Penyebab Perubahan Iklim

Faktor-Faktor Penyebab Perubahan Iklim

Perubahan iklim menjadi salah satu isu yang marak sekali dibicarakan di Indonesia dan juga dunia Internasional. Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa perubahan iklim merupakan salah satu hal yang tergolong sangat beresiko untuk kehidupan bumi ini. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa faktor penyebab perubahan iklim yang bisa menyebabkan iklim di dunia ini berubah?

Perubahan iklim secara drastis tentunya membuat keseimbangan dari alam ini menjadi sangat terganggu. Tidak hanya alam saja akan tetapi juga kehidupan makhluk hidup mulai dari manusia, hewan, dan juga tumbuhan. Maka dari itu, mengetahui penyebab perubahan iklim merupakan suatu hal yang penting, dan berikut ini merupakan ulasannya untuk Anda.

Penyebab Perubahan Iklim Dunia yang Perlu untuk Diketahui

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa penyebab perubahan iklim ini menjadi suatu isu yang menjadi banyak buah bibir baik dari dalam Indonesia ataupun dunia internasional. Dan ada beberapa hal yang menyebabkan iklim tersebut bisa berubah.

Perubahan iklim atau climate change memang sangat penting untuk diperhatikan karena menyangkut kehidupan seluruh makhluk yang ada di dunia ini. Dan berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa menjadi penyebab perubahan iklim tersebut:

1.   Efek Rumah Kaca

Penyebab perubahan iklim yang pertama adalah efek rumah kaca. Efek rumah kaca atau yang dalam bahasa asing lebih populer dengan sebutan Green House Effects merupakan suatu keadaan dimana keadaan panas yang berasal dari radiasai matahari menjadi terperangkap di dalam atmosfer tepatnya di lapisan troposfer.

Terperangkapnya panas matahari di dalam lapisan troposfer tersebut disebabkan karena adanya gas rumah kaca yang dihasilkan dari kegiatan atau aktivitas sehari-hari manusia. Gas rumah kaca tersebut seringkali dihasilkan dari kegiatan manusia atau aktivitas manusia terutama yang tidak ramah lingkungan, dan ketika gas rumah kaca tersebut menjadi berlebihan, akan membuat bumi menjadi lebih panas atau hangat.

Aktivitas-aktivitas yang menyebabkan naiknya gas rumah kaca diantaranya adalah pembakaran bahan bakar fosil, deforestasi, pertanian dan peternakan, penggunaan CFC untuk kulkas, dan juga limbah industri.

2.   Pemanasan Global

Kemudian, penyebab perubahan iklim kedua adalah terjadinya pemanasan global. Pemanasan global ini menjadi salah satu penyebab yang dapat dikatakan paling berpengaruh terhadap perubahan iklim yang semakin drastis setiap harinya dan mengancam kelangsungan makhluk hidup di muka bumi ini.

Pemanasan global dapat diartikan sebagai sebuah aktivitas dimana suhu bumi mengalami suatu kenaikan atau lonjakkan dibandingkan sebelumnya. Sama seperti efek rumah kaca, pemanasan global ini juga berasal dari kegiatan atau aktivitas manusia sehari-hari.

Hal-hal yang bisa memicu terjadinya pemanasan global diantaranya adalah dari peningkatan emisi gas karbon dioksida dan juga termasuk gas rumah kaca pada efek rumah kaca. Pemanasan global sebagai salah satu penyebab perubahan iklim memiliki beberapa bahaya yang terbilang sangat penting untuk diperhatikan.

Bahaya tersebut diantaranya adalah meningkatnya suhu di laut, meningkatkan resiko terjadinya badai, menaikkan permukaan air laut, memicu terjadinya banjir, memicu kepunahan berbagai spesies baik flora ataupun fauna, merebaknya wabah penyakit, memicu terjadinya krisis air bersih, dan kemudian bisa menyebabkan meleleh atau mencairnya es di kutub utara ataupun selatan.

3.   Rusaknya Lapisan Ozon (O3)

Penyebab perubahan iklim yang ketiga ini adalah rusaknya lapisan ozon atau lapisan O3. Lapisan ozon ini merupakan suatu lapisan yang terletak di lapisan atmosfer bagian stratosfer. Pada dasarnya, lapisan ozon ini akan berfungsi sebagai perisai atau penghalau radiasi sinar ultraviolet (UV-B) dari matahari yang memiliki beberapa bahaya bagi tubuh manusia jika terpapar langsung dengan sinar tersebut.

Sinar ultraviolet tersebut bisa menyebabkan timbulnya penyakit kanker kulit dan juga penyakit mata katarak yang terbilang berbahaya bagi manusia. Tidak hanya itu, bagi makhluk hidup lainnya, sinar ultraviolet juga sangat berbahaya karena bisa mengganggu ekosistem dan juga keseimbangan alam. Penyebab dari rusaknya lapisan ozon ini adalah efek rumah kaca yang mengandung CFC. 

{|CATATAN| Kerena pembahasan ini saling berkaitan, jadi pastikan anda juga membaca artikel berikut:
1) 7 Lapisan Atmosfer Bumi dan Manfaatnya
2) Jenis-Jenis Cuaca dan Iklim
3) Unsur-Unsur Cuaca dan Iklim
4) Faktor dan Klasifikasi Iklim
5) 3 Macam Iklim di Indonesia
6) Pengaruh Iklim dan Perubahan Iklim Terhadap Kehidupan Manusia
7) Pengertian Perubahan Iklim Menurut Para Ahli
8) Dampak-Dampak Perubahan Iklim
9) Cara untuk Mengatasi Perubahan Iklim}

Faktor-Faktor Penyebab Perubahan Iklim

Pentingnya Menjaga Keseimbangan Iklim Bumi

Setelah mengetahui hal-hal apa yang bisa menjadi penyebab perubahan iklim, maka yang harus dilakukan adalah sebisa mungkin untuk menjaga kesehatan, keseimbangan, dan kestabilan dari bumi ini. Apalagi jika hal-hal yang menyebabkn perubahan iklim tersebut justru sebagian besar berasal dari aktivitas manusia sehari-hari.

Jadi sebagai salah satu makhluk hidup yang sangat berperan dalam kestabilan bumi ini, harus sebisa mungkin mengurangi segala aktivitas atau kegiatan yang bisa meningkatkan resiko terjadinya perubahan iklim di bumi. Menjaga kestabilan dan keseimbangan alam bisa dimulai dari hal-hal kecil yang sederhana tapi berdampak cukup besar bagi alam ini.

Seperti contohnya adalah dengan berupaya untuk menerapkan gaya hidup yang ramah lingkungan mulai dari hari ini dan untuk hari-hari berikutnya. Seperti misalnya menggunakan transportasi umum yang digunakan untuk mengurangi emisi gas kendaraan bermotor yang bisa menyebabkan pemanasan global dan bisa menjadi penyebab perubahan iklim.

Selain dengan mengurangi intensitas menggunakan kendaraan pribadi yang berpotensi menambah jumlah emisi gas kendaraan, Kita juga bisa mengurangi resiko terjadinya perubahan iklim dengan berusaha untuk mengurangi intensitas penggunaan air conditioner atau AC ketika cuaca tidak terlalu panas dan ketika tidak terlalu diperlukan sehingga efek CFC bisa lebih berkurang lagi, yang menjadi salah satu penyebab perubahan iklim.

Selain berupaya untuk menjaga bumi, secara tidak langsung Kita juga telah memberikan perhatian yang tinggi kepada generasi di masa mendatang agar dimasa depan masih bisa merasakan bagaimana dunia ini dengan baik dan alami.


Penulis: Kazou Media

0 komentar

Posting Komentar