Jenis-Jenis Cuaca dan Iklim

Jenis-Jenis Cuaca dan Iklim

Cuaca dan iklim merupakan kondisi fisik alam yang saling berhubungan. Keduanya bisa diklasifikasikan melalui suatu perhitungan yang telah dilakukan oleh para ilmuwan. Hal tersebut terlihat karena iklim dilihat dari rata-rata cuaca yang ada di suatu daerah. Karena itu mari di simak pengertian cuaca dan iklim di suatu daerah.

Pengertian Jenis-Jenis Cuaca

Dalam pembahas pengertian cuaca dan iklim, Cuaca adalah kondisi atau keadaan suatu udara dalam periode atau jangka waktu tertentu di suatu daerah. Terjadinya cuaca dipengaruhi oleh banyak hal seperti temperature suhu, kelembapan suatu udara yang disingkat menjadi tingkat kebasahan udara, corona (plasma yang mengelilingi matahari dan bintang di angkasa, dan garis lintang bumi (garis lintang bumi member pengaruh berupa sudut pemanasan matahari ke bumi).

Suatu ilmu yang mempelajari cuaca disebut meteorologi. Badan meteorology dan geofisika atau disingkat BMKG bertugas mencatat serta menyelidiki setiap perubahan cuaca beserta aktivitas udara yang ada di berbagai wilayah.

Setelah mengetahui pengertian cuaca dan iklim, akan dijabarkan cuaca yang dibedakan lagi menjadi beberapa akibat terbentuknya bumi. Berikut penjabarannya:

1.   Cuaca Cerah

Cuaca ini mempunyai ciri-ciri matahari bersinar cerah, udara terasa sejuk tidak begitu terasa panas. Awan terlihat sangat putih disertai warna langit yang begitu kebiruan. Pada saat terbit dan tenggelam, matahari akan terlihat sangat jelas hingga semburat cahaya jingganya menyorot ke berbagai arah.

2.   Cuaca Panas

Pada saat cuaca ini tepat pada siang hari kurang lebih jam 12.00. Pada saat itu panas matahari akan terasa sangat menyengat tubuh. Terlihat matahari berada tepat di atas kepala, sehingga suhu sangat terasa panas. Awan berwarna putih dengan langit yang begitu jelas kebiruan.

3.   Cuaca Berawan

Pengertian cuaca dan iklim  dalam macam cuaca ini mempunyai ciri-ciri angin terasa berhembus lebih cepat, sinar matahari terasa lebih redup sehingga udara tidak terasa panas. Awan-awan yang ada akan bergerombol hingga membentuk awan yang besar hingga berubah menjadi mendung. Awan akan berwarna putih keabuan yang akan menandakan datangnya hujan jika kondisi sekelilingnya mendukung.

4.   Cuaca Hujan

Pada saat cuaca seperti ini semua kondisi yang ada akan berubah. Mulai dari awan yang berwarna gelap kehitaman, udara yang lebih dingin hingga udara yang berhembus lebih kencang dari biasanya. Selain itu sinar matahari seolah-olah akan tenggelam dalam kumpulan awan yang berwarna hitam tersebut. Terjadinya hujan merupakan hasil pengolahan yang disebut daur air mulai dari penguapan air akibat sinar matahari hingga turun menjadi sebuah hujan baik itu rintik-rintik maupun hujan deras.

5.   Cuaca Berangin

Pada cuaca ini angin bergerak lebih cepat dari biasanya. Ia akan menerjang dan membawa benda-benda lebih ringan yang ia lalui. Pepohonan akan bergerak ke sana kemari terkadang hingga ada yang roboh. Kecepatan angin ini bisa diukir menggunakan sebuah alat yang disebut anemometer. Pada saat berangin, cuaca juga akan terlihat mendun.

{|CATATAN| Kerena pembahasan ini saling berkaitan, jadi pastikan anda juga membaca artikel berikut:
1) 7 Lapisan Atmosfer Bumi dan Manfaatnya
2) Unsur-Unsur Cuaca dan Iklim
3) Faktor dan Klasifikasi Iklim
4) 3 Macam Iklim di Indonesia
5) Pengaruh Iklim dan Perubahan Iklim Terhadap Kehidupan Manusia
6) Pengertian Perubahan Iklim Menurut Para Ahli
7) 8 Dampak Perubahan Iklim
8) Faktor-Faktor Penyebab Perubahan Iklim
9) Cara untuk Mengatasi Perubahan Iklim}

Jenis-Jenis Cuaca dan Iklim

Berikut Merupakan Pengertian dan Jenis-Jenis Iklim

Dalam pembahas pengertian cuaca dan iklim, iklim adalah suatu rata-rata yang diambil dari cuaca di suatu daerah dengan periode atau jangka waktu yang lama. Iklim ditentukan melalui berbagai perhitungan dengan klasifikasi yang berbeda mulai dari klasifikasi klopen, Schmidt-Fergusson, oldeman, dan F.Junghuhn.

Semua klasifikasi tersebut menciptakan kriteria iklim yang bermacam mulai dari yang tropis atau curah hujan tinggi hingga yang rendah. Iklim dipengaruhi oleh factor dari dalam dan dari luar bumi. Faktor dari dalam itu meliputi temperature, topografi, bentuk muka bumi, letak geografis, garis khatulistiwa yang mengenai suatu daerah, dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui pengertian cuaca dan iklim, klasifikasi iklim dihitung berdasarkan curah hujan, temperature udara di suatu daerah serta endapan dari pelapukan suatu kelompok tanaman. Klasifikasi ini disebut klasifikasi Klopen dan inilah yang sering digunakan dalam menentukan suatu iklim di Indonesia. Ia membagi iklim menjadi beberapa kelompok. Seperti berikut ini:

1.   Iklim A

Iklim tropis yang memiliki temperature dingin kurang dari 180. Iklim ini terletak pada garis 00 – 2310 LU/LS. Pada iklim ini cuaca hujan cukup tinggi sehingga banyak tanaman yang mampu tumbuh dan berkembang secara subur. Pada iklim ini hanya terjadi 2 macam musim yaitu musim hujan dan kemarau. Iklim ini yang ada di Indonesia dan sekitarnya.

2.   Iklim B

Iklim gurun atau subtropics yang memiliki temperature panas yang berlebih. Ia terletak antara 2310 - 400 LU/LS. Iklim ini merupakan peralihan antara iklim tropis menuju iklim sedang. Pada iklim ini terjadi 4 musim yaitu musim panas, gugur, semi, dan hujan. 4 musim ini biasanya hanya ada di Negara luar Indonesia.

3.   Iklim C

Pengertian cuaca dan iklim menjabarkan iklim sedang dengan temperature antara -30 - 180. Ia teletak antara 400 - 6610 LU/LS. Pada iklim ini memiliki cuaca yang sering berubah-ubah dengan tekanan yang besar. Bahkan karena perubahan yang tiba-tiba bisa saja menimbulkan badai dengan skala kecil maupun besar.

4.   Iklim D

Iklim salju dengan temperature 100 dan Iklim E: iklim kutub dengan temperature di bawah -100. Kedua iklim ini bisa dijadikan satu menjadi iklim kutub. Ia terletak antara 66,50 - 900 LU/LS. Ciri iklim ini yaitu suhu udara yang sangat dingin dengan jangka waktu yang lama sedangkan musim panas berlangsung cukup singkat. Iklim ini berada di daerah yang dekat dengan kutub utara dan kutub selatan. Walaupun suhunya terlalu dingin, namun masih saja ada manusia dan hewan maupun tumbuhan yang bisa tinggal dan menetap menjadi sebuah perkampungan.

Pengertian cuaca dan iklim akan dibahas berbarengan dengan penjelasan macam-macam dari cuaca dan iklim tersebut. Untuk itu pahami benar cuaca dan iklim agar mengetahui bagaimana bersikap ketika mengatasi cuaca dan iklim yang beragam.


Penulis: Kazou Media

0 komentar

Posting Komentar