Cara Untuk Mengatasi Perubahan Iklim

Cara Untuk Mengatasi Perubahan Iklim

Sebagai salah satu makhluk hidup yang menggantungkan diri pada keseimbangan bumi, menjaga keseimbangan alam dari perubahan iklim menjadi suatu hal yang harus Kita lakukan dengan sungguh-sungguh. Hal ini dikarenakan keseimbangan alam akan sangat bergantung pada kondisi iklim, yang apabila iklim berubah maka akan menjadi sangat berbahaya. Maka untuk itulah upaya mengatasi perubahan iklim menjadi sangat penting untuk dilakukan.

Kesadaran untuk mengatasi perubahan iklim tersebut memang nampaknya mulai menjadi konsentrasi semua pihak baik dari dalam Indonesia ataupun dunia Internasional itu sendiri. Dan jika Anda belum mengetahui beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi dari perubahan iklim tersebut, maka informasi ini akan sangat berguna untuk Anda.

Mengenal Pengertian Perubahan Iklim

Sebelum membahas mengenai cara untuk mengatasi perubahan iklim, agaknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu perubahan iklim yang belakangan ini memang menjadi isu dan perhatian dari seluruh dunia.

Pada dasarnya, perubahan iklim atau yang dalam bahasa inggris dikenal sebagai climate change merupakan sebuah perubahan yang terjadi pada iklim yang diakibatkan oleh suhu rata-rata yang meningkat drastis, biasanya hal ini terjadi ditandai dengan berubahnya pola cuaca yang berubah jauh dari pada data statistik biasanya. Perubahan iklim juga bisa disebut sebagai pemanasan global.

Ada beberapa hal yang menyebabkan perubahan iklim tersebut bisa terjadi, yang pertama adalah adanya efek rumah kaca, menipisnya lapisan ozon (O3), dan juga pemanasan global yang terjadi akibat meingkatnya gas rumah kaca dan juga emisi gas kendaraaan yang semakin banyak setiap harinya.

Dikarenakan semakin hari iklim menjadi semakin tidak menentu, maka masyarakat dunia bersama-sama mulai menjadikan permasalahan perubahan iklim ini sebagai isu internasional yang harus dihadapi bersama. Untuk itulah upaya untuk mengatasi perubahan iklim menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. 

{|CATATAN| Kerena pembahasan ini saling berkaitan, jadi pastikan anda juga membaca artikel berikut:
1) 7 Lapisan Atmosfer Bumi dan Manfaatnya
2) Jenis-Jenis Cuaca dan Iklim
3) Unsur-Unsur Cuaca dan Iklim
4) Faktor dan Klasifikasi Iklim
5) 3 Macam Iklim di Indonesia
6) Pengaruh Iklim dan Perubahan Iklim Terhadap Kehidupan Manusia
7) Pengertian Perubahan Iklim Menurut Para Ahli
8) Dampak-Dampak Perubahan Iklim
9) Faktor-Faktor Penyebab Perubahan Iklim}

Cara Untuk Mengatasi Perubahan Iklim

Upaya untuk Mengatasi Perubahan Iklim

Ada banyak cara atau upaya yang bisa dilakukan oleh Kita semua dalam rangka untuk mengatasi perubahan iklim yang akan terjadi. Dan beberapa cara untuk mengatasi perubahan tersebut diantaranya adalah:

1.   Menghemat Penggunaan Air

Upaya pertama yang bisa Kita lakukan untuk mengatasi perubahan iklim adalah dengan menghemat penggunaan air. Dengan menghemat ataupun membatasi penggunaan air, maka volume air yang Kita gunakan bisa tetap terkendali dan terkontrol sehingga ketika tidak menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir karena ditambah dengan tingkat penguapan yang tinggi serta curah hujan yang tinggi.

2.   Melakukan 5R (Rethink, Reduce, Reuse, Recycle, Replace)

Kemudian yang kedua adalah upaya untuk mengatasi perubahan iklim dengan cara melakukan apa yang disebut sebagai 5R. Kegiatan ini merupakan satu kesatuan aktivitas manusia yang pada dasarnya bertujuan untuk mengurangi potensi adanya perubahan iklim yang disebabkan oleh aktivitas manusia itu sendiri.

3.   Memanfaatkan Energi Alam dengan Baik dan Maksimal

Upaya untuk mengatasi perubahan iklim juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan energi alam dengan baik dan juga maksimal. Hal ini bisa dilakukan melalui hal-hal yang sederhana seperti menerangi ruangan dengan cahaya matahari sehingga tidak menggunakan lampu, kemudian menggunakan jendela sebagai penyejuk udara dari pada menggunakan AC.

Dengan melakukan hal-hal sederhana seperti berikut maka hal tersebut bisa menurunkan resiko terjaidnya perubahan iklim yang bisa mengganggu keseimbangan alam.

4.   Menggunakan Peralatan yang Ramah Lingkungan

Selain hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya, mengatasi perubahan iklim bisa dilakukan dengan cara beralih menggunakan peralatan yang ramah lingkungan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara sederhana seperti misalnya mengganti penggunaan kantong plastik atau kresek dengan tas kain yang bisa dilakukan secara berulang kali.

Dengan hal sederhana semacam ini, secara tidak langung Anda sudah turut serta menjaga keseimbangan bumi dengan menggunakan peralatan yang ramah lingkungan. Selain itu peralatan ramah lingkungan bisa juga dimulai dari penggunaan energi ramah lingkungan seperti panel surya ataupun yang lainnya.

5.   Membatasi Penggunaan Kendaraan Bermotor

Perubahan iklim yang terjadi juga turut disumbangkan dari emisi gas kendaraan bermotor yang mengandung CFC dan berpotensi membuat tipis lapisan ozon. Ketika Kita menggunakan kendaraan bermotor dengan berlebihan, maka akan semakin banyak produksi gas kendaraan yang dihasilkan, dan mau tidak mau hal ini akan meningkatkan resiko menipisnya lapisan ozon di atmosfer.

Maka dari itu, untuk mencegah hal ini mengatasi perubahan iklim bisa dilakukan dengan cara membatasi penggunaan kendaraan bermotor pada aktivitas sehari-hari Kita. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara menggunakan kendaraan umum atau bisa dengan berjalan kaki menuju tempat tujuan Anda.

Ketika lapisan ozon menjadi tipis akibatgas kendaraan bermotor, maka sinar ultraviolet yang berbahaya bagi kesehatan kulit ataupun tubuh Kita bisa terganggu secara drastis dan bisa sangat berbahaya bagi kesehatan. Maka dari itu, upaya mengurangi kegiatan ini harus segera dilakukan.

Berikut itulah merupakan 5 hal atau upaya yang bisa dilakukan sebagai usaha untuk mengatasi perubahan iklim dunia. Perubahan iklim menjadi masalah Kita bersama tidak perduli berasal dari negara atau kewarganegaraan mana Anda berasal, selama Anda merupakan penduduk bumi dan menggantungkan dirinya pada kehidupan yang ada di dalam bumi ini, maka Anda memiliki kewajiban untuk menjaga, melindungi, dan melestarikan bumi.

Dan hal inilah yang harus Anda tanamkan dan lakukan sebagai salah satu bentuk mencintai bumi Kita sendiri atau tempat tinggal Kita sendiri. Mulai lakukan dari hal-hal kecil dan sederhana demi kondisi iklim yang lebih baik lagi setiap harinya.


Penulis: Kazou Media

0 komentar

Posting Komentar